Comscore Tracker

4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia

Tak perlu berpendidikan tinggi untuk jadi pegawai Elon Musk

Jakarta, IDN Times - Pegawai atau staf menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan. Biasanya, pemilik perusahaan akan mencari pegawai yang kompeten dengan latar pendidikan yang jelas untuk membantunya menjalankan perusahaan.

Namun, ada sedikit hal yang berbeda dari orang terkaya nomor 1 di dunia, Elon Musk, dalam merekrut pegawainya. Bos Tesla yang juga CEO Twitter ini memiliki empat kriteria unik yang harus dimiliki calon pegawainya.

Bila saat ini kamu sedang membutuhkan pegawai baru, mungkin tips merekrut pegawai dari Elon Musk ini bisa kamu coba. Yuk, simak ulasannya!

Baca Juga: Kesepakatan dengan Elon Musk Tak Jelas, Twitter Gelar RUPS

1. Memiliki etos kerja yang kuat

4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di DuniaElon Musk, CEO Tesla sekaligus SpaceX. (instagram.com/elonrmuskk)

Dikutip dari trakstar.com, Ellon Musk tidak terlalu berpaku pada latar belakang pendidikan yang dimiliki ketika ingin merekrutnya calon pegawainya. 

“Tidak perlu memiliki gelar sarjana. Jika anda melihat orang-orang seperti Bill Gates, Larry Ellison, atau Steve Jobs, orang-orang ini bahkan tidak lulus dari perguruan tinggi,” kata Musk dalam sebuah wawancara.

Hal terpenting, katanya, calon pegawai yang ia rekrut harus memiliki etos kerja yang kuat. Mereka harus bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sebab, menurutnya, tujuan dari proses perekrutan adalah untuk menemukan orang-orang yang akan bekerja keras dan memberikan hasil sesuai tujuan bersama perusahaan.

Baca Juga: 4 PR buat Pemerintah yang Ajak Elon Musk buat Investasi di RI 

2. Memiliki bakat membangun sesuatu

4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di DuniaPresiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Space X dan bertemu dengan Elon Musk. (Dok. Sekretariat Presiden)

Sebagai seorang pengusaha, membangun sesuatu berarti menciptakan banyak hal, termasuk produk yang menjadi salah satu bagian terpenting perusahaan.

Maka dari itu, untuk menghasilkan sesuatu secara optimal, perusahaan kamu perlu dikelilingi dan diisi oleh orang-orang berbakat agar dapat melipatgandakan usaha kamu. Tipe orang seperti itu, kata Musk, kemungkinan besar akan berkontribusi terhadap peran apa pun di perusahaan.

3. Berakal sehat dan berkelakuan baik

4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di Duniapixabay.com/Tumisu

Memiliki akal yang sehat dan berkelakuan baik menjadi salah satu poin penting bagi Musk ketika akan merekrut karyawan. Sebab, tidak semua orang yang memiliki akal berkelakuan baik.

“Umumnya, saya mencari sikap positif. Sangat penting untuk menyukai orang-orang yang bekerja dengan anda. Jika tidak (berkelakuan baik) pekerjaan anda akan sangat menyedihkan,” jelas Musk.

Orang yang berakal sehat memiliki kemampuan untuk memahami suatu situasi dan membuat penilaian serta langkah yang tepat untuk mengatasi situasi tersebut. Meskipun biasanya seorang manajer yang membuat sebuah keputusan, namun, terkadang manajer akan menanyakan pendapat karyawannya mengenai keputusan yang harus dibuat.

Baca Juga: 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter

4. Dapat dipercaya

4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di DuniaElon Musk, orang terkaya di dunia. instagram.com/elonrmuskk

Dilansir dari inc.com, Musk berkata bahwa mempekerjakan seseorang yang tidak dapat dipercaya hanya karena gelar yang dimiliki merupakan sebuah kesalahan besar.

Hal itu karena, orang tersebut tidak akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Bahkan yang terburuk, pegawai tersebut bisa merugikan perusahaan dan membuat perusahaan bangkrut. 

Tips terakhir dari Musk dalam merekrut pegawai adalah pelatihan. Ia berkata bahwa jika perusahaan telah menemukan orang-orang sesuai kriteria yang ditetapkan. Maka calon pegawai tersebut bisa dilatih untuk lebih maksimal dalam mengerjakan tugas yang diberikan perusahaan. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya