Comscore Tracker

Bumi Bulk Store, UMKM Asal Bali yang Terapkan Bisnis Ramah Lingkungan

Ada lebih dari 200 produk yang berbahan dasar alami

Jakarta, IDN Times - Bumi Bulk Store & Refillery merupakan sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Kerobokan, Bali, yang menjual berbagai macam produk rumah tangga ramah lingkungan, sejak 2021. Produk yang dijual yaitu mulai dari bahan makanan, rempah-rempah, teh, sabun, sampo, hingga deodoran, dan produk perawatan kulit lainnya.

Founder Bumi Bulk Store dan STEAM Academy, Dominique Ivonne, menjelaskan bahwa Bumi Bulk Store saat ini sudah memiliki lebih dari 200 produk ramah lingkungan. “Kami bekerja dengan petani dan pengrajin di seluruh Indonesia dan semua produk kami alami, bebas plastik, dan tidak menyakiti bumi,” katanya.

Kepedulian terhadap produk-produk ramah lingkungan kini jauh lebih meningkat. Berdasarkan survei Katadata Insight Center pada tahun 2021, sebanyak 60,5 persen masyarakat kini tertarik membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan dengan alasan ingin melestarikan bumi.

Baca Juga: Begini Cara Bizhare Dukung UMKM Bali Sambut Presidensi G20

1. Melakukan berbagai inisiatif untuk lingkungan

Bumi Bulk Store, UMKM Asal Bali yang Terapkan Bisnis Ramah LingkunganIlustrasi Produk Ramah Lingkungan (dok.BUMI Bulk Store & Refillery)

Bumi Bulk Store & Refillery telah melakukan berbagai inisiatif yang mendukung kelestarian lingkungan, seperti mengajak pelanggan untuk membawa wadah sendiri ketika melakukan pengisian ulang (refill).

“Kami mendukung gerakan 4R (reduce, reuse, recycle, repair) dengan menerapkan sistem isi ulang yang jauh lebih murah dari supermarket, serta mengedukasi konsumen kami untuk membawa packaging mereka sendiri,” ujarnya.

Menurut Dominique, para pelanggan sangat tertarik dan mendukung aksi ini. Dukungan tersebut dilakukan dalam bentuk donasi wadah yang mereka punya dan sudah tak terpakai supaya dapat dipinjam oleh pelanggan lain yang tidak membawa atau belum mempunyai wadah.

Kata ‘zero waste’ atau nol sampah terkesan sangat berat sehingga banyak orang mungkin jadi ragu-ragu untuk menerapkannya. Namun lewat aksi-aksi kecil seperti ini ia yakin dampaknya akan lebih positif untuk masa depan.

Baca Juga: BUMN Beli Produk UMKM, Realisasi Capai Rp20 Triliun

2. Biaya operasional diklaim lebih murah

Bumi Bulk Store, UMKM Asal Bali yang Terapkan Bisnis Ramah LingkunganIlustrasi Produk Ramah Lingkungan (dok.BUMI Bulk Store & Refillery)

Lebih lanjut, Dominique menjelaskan bahwa praktik bisnis ramah lingkungan memiliki kelebihan karena bisa mengurangi beban biaya operasional.

“Banyak yang mengatakan bahwa untuk menjadi ramah lingkungan pasti memerlukan biaya yang lebih mahal, dan aku sangat mengerti itu. Ketika kami memulai (Bumi Bulk Store), lebih dari satu tahun aku melakukan pencarian (sourcing) produk, bahkan sampai ke petani langsung. Hasilnya, tidak hanya dapat mendukung petani langsung, produk kami juga lebih fresh, dengan harga akhir yang lebih murah untuk pelanggan.”

Penerapan praktek bisnis ramah lingkungan, selain bermanfaat untuk mengurangi limbah  dan menjaga bumi, juga dirasa memiliki prospek untuk berkembang yang jauh lebih tinggi bagi dunia bisnis. Banyak pelanggan Bumi Bulk Store  awalnya hanya penasaran, namun kini malah jadi pelanggan setia.

Baca Juga: 5 Kesalahan Finansial Para Pelaku UMKM, Bikin Bisnis Gak Berkembang

3. Pentingnya kolaborasi lintas industri

Bumi Bulk Store, UMKM Asal Bali yang Terapkan Bisnis Ramah LingkunganIlustrasi kerjasama antar karyawan. (Unsplash.com/Mimi Thian)

Kolaborasi antarindustri yang berbeda atau lintas sektor sangat diperlukan untuk membuat lebih banyak pelaku usaha turut serta menjalankan bisnis ramah lingkungan. Hal ini bertujuan agar dampak yang ingin dihadirkan bagi lingkungan, masyarakat, sosial, dan ekonomi bisa lebih meluas.

Bumi Bulk Store & Refillery sendiri menggunakan kasir digital Moka dan website toko online GoStore yang merupakan hasil kolabarasi Gojek X GoTo Finansial untuk memfasilitasi pertumbuhan para pelaku usaha. Pilihan ini diambil untuk memastikan operasional usaha Bumi Bulk Store & Refillery senantiasa efisien.

“Berdasarkan pengalaman saya sendiri, kita harus sering resourcing, yaitu melakukan eksplorasi berbagai macam pilihan, dan juga melakukan eksperimen. Tak lupa untuk berkolaborasi dengan pihak lain, saling mendukung bisnis satu sama lainnya. Tak hanya dapat menekan dari segi biaya, kolaborasi juga dapat mendukung pemasaran produk
menjadi semakin baik lagi,” tutup Dominique.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya