Comscore Tracker

Daftar Produk Makanan Paling Laris di Q2 2022

Minyak goreng jadi salah satu produk paling laku

Jakarta, IDN Times - Kategori makanan dan minuman menjadi salah satu kategori produk di Tokopedia yang paling laris selama kuartal II (Q2) 2022. Selain produk makanan dan minuman, produk lain seperti peralatan rumah tangga, perawatan tubuh, otomotif, dan produk kesehatan juga menjadi kategori paling laris di Q2.

“Produk-produk tersebut merupakan beberapa kategori yang paling dicari masyarakat Indonesia pada kuartal II 2022. Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Contohnya, Tokopedia mencatat pengiriman terjauh di Tokopedia pada kuartal II 2022 adalah dari Karawang ke Ternate,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan pers yang dikutip pada Senin (11/7/2022).

Baca Juga: 38 Persen Konsumen E-Commerce Gunakan Paylater dalam Setahun Terakhir

1. Produk paling laris di Q2 2022

Daftar Produk Makanan Paling Laris di Q2 2022ilustrasi buah tinggi serat yang cocok dikonsumsi saat puasa (Freepik.com/lifeforstock)

Pada kategori Kesehatan, produk yang paling laris, antara lain tisu, masker kesehatan, dan obat herbal. Sedangkan pada kategori Makanan dan minuman, buah-buahan, susu bubuk, serta minyak goreng merupakan beberapa produk yang paling laku. Produk benih bibit tanaman, seprai dan bed cover serta gantungan baju menjadi produk-produk yang paling dicari untuk kategori rumah tangga.

Adapun di kategori Perawatan Tubuh, parfum dan cologne, body lotion, vitamin serta serum rambut menjadi beberapa produk yang banyak diburu masyarakat. Di sisi lain, produk lampu motor dan mobil, aksesori body motor, serta radiator dan komponen mobil merupakan beberapa produk paling laris di kategori Otomotif.

Baca Juga: Survei: Tokopedia Ungguli Shopee dalam Layanan Pengiriman E-Commerce

2. Bekerja sama dengan banyak mitra untuk dorong berbagai inisiatif

Daftar Produk Makanan Paling Laris di Q2 2022Ilustrasi Tokopedia (Dok.Tokopedia)

Tren belanja ini didorong oleh berbagai inisiatif, seperti Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan. Lalu ada Tokopedia NOW! Yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Juga Tokopedia Nyam! Yang menyediakan aneka produk makanan dan minuman dari UMKM lokal.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional dan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP),” tambah Ekhel.

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online dari Amazara, UMKM Sukses Asal Yogyakarta

3. Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli tertinggi

Daftar Produk Makanan Paling Laris di Q2 2022ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Di samping peningkatan tren pada produk-produk yang dijual, Tokopedia juga mencatat wilayah yang mengalami peningkatan dalam beberapa kategori, seperti jumlah penjual, jumlah pembeli, dan jumlah transaksi.

  • Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi, yaitu Manado, Balikpapan, dan Denpasar.
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, yaitu Padang, Palu, dan Brebes.
  • Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi, yaitu Balikpapan, Palu, dan Manado.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya