Comscore Tracker

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah Menikah

Berbisnis bareng pasangan seru lho

Jakarta, IDN Times - Setelah menikah, setiap pasangan tentu ingin memiliki kondisi finansial yang baik. Terlebih lagi, kebutuhan hidup dan pengeluaran setelah menikah pasti akan lebih banyak dari sebelumnya.

Jika hanya mengandalkan pendapatan dari satu pihak saja, tentu tak akan cukup. Untuk mengakalinya, kamu harus memikirkan rencana keuangan yang matang, misalnya dengan membuka bisnis sampingan bersama pasangan. Ada banyak pasangan di luar sana yang membuka bisnis bersama untuk menambah penghasilan.

IDN Times, telah merangkum beberapa ide usaha untuk pengantin baru yang dikutip dari tokotalk. Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Daftar Izin Usaha yang Perlu Diurus sebelum Buka Usaha, Wajib Punya!

1. Bisnis kuliner

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustrasi festival kuliner. (IDN Times)

Makanan merupakan kebutuhan pokok semua orang, sehingga ide usaha dalam bidang ini akan selalu populer kapan pun dan dimana pun.

Kamu dan pasangan bisa memulai bisnis dengan membuka warung makan sederhana, jual makanan ala kaki lima, kuliner kekinian, jual makanan sehat, jual jajanan 1000-an, dan lainnya.

2. Produk kerajinan tangan atau handmade

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustasi kerajinan tangan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Bila kamu dan pasangan senang berkreasi, kalian bisa mencoba membuka usaha barang kerajinan tangan atau handmade. Beberapa ide usaha produk kerajinan yang bisa dibuat, yaitu lilin aromaterapi, kerajinan sabun, kreasi rajutan, aksesoris buatan tangan, t-shirt dan merchandise cetak, dan kerajinan tangan lainnya. 

3. Bisnis minuman kekinian

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustrasi Minuman Bubble (IDN Times/Besse Fadhilah)

Belakangan ini, bisnis minuman kekinian sedang ramai digandrungi masyarakat, terutama generasi muda. Harganya yang terjangkau dan aneka pilihan rasa menjadi daya tarik tersendiri dari minuman kekinian.

Rekomendasi bisnis minuman kekinian, misalnya minuman boba, minuman coklat, kopi susu kekinian, cheese tea, thai tea, es jelly buah, dan cappucino cincau.

4. Usaha katering

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustrasi katering makanan sehat (Shutterstock/FOTOFILIA Maciej Pazera)

Ide usaha selanjutnya adalah katering. Jika kamu ataupun pasangan punya keahlian memasak dan memiliki menu andalan, peluang bisnis ini juga sangat menjanjikan lho.

Bila kalian berminat membuka bisnis ini, sebagai permulaan kalian bisa membuka katering untuk acara ulang tahun, acara selamatan di rumah, katering makan siang kantor, hingga katering makanan sehat atau makanan diet.

5. Membuka coffee shop

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIDN Times/Sidratul Muntaha

Membangun sebuah bisnis atau usaha bisa bermula dari kegemaran atau kesukaan mu terhadap suatu hal, misalnya kopi. Kegemaran tersebut bisa kamu realisasikan dengan membuka bisnis coffee shop mu sendiri. Apalagi, kamu pasti sudah merasakan beragam jenis kopi sehingga memudahkan mu membuat menu kopi yang enak. 

Baca Juga: 14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!

6. Content creator

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah Menikahunsplash.com/Sonniehiles

Ada banyak sekali content creator yang kita lihat di sosial media merupakan pasangan yang sudah menikah. Konten-konten yang dibagikan sangat bervariasi, mulai dari daily vlog, tips and trik, review produk atau makanan, story telling, atau yang lainnya. 

7. Bisnis retail

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustrasi Toko Kelontong (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Mungkin saat mendengar bisnis ritel yang terlintas di benak mu adalah bisnis besar seperti mall atau supermarket. Namun, ternyata pengertian ritel tak hanya seputar transaksi penjualan barang atau jasa oleh bisnis besar saja.

Contoh bisnis ritel adalah warung sembako, toko kelontong, agen makanan, minimarket, warehouse, ritel internet, atau jenis jualan eceran lainnya.

Baca Juga: 5 Hambatan Bikin Rencana Usaha Gak Jalan, Selalu dari Diri Sendiri

8. Usaha pakaian

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahUnsplash.com/BurgessMilner

Usaha pakaian juga merupakan ide usaha yang tidak pernah mati. Sama seperti makanan, pakaian merupakan salah satu kebutuhan setiap makhluk hidup.

Kamu bisa menjual beragam jenis pakaian bersama pasangan, misalnya pakaian muslim, pakaian bekas (thrift shop), pakaian tidur, dan pakaian anak.

9. Bisnis tanaman

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahTanaman hias daun bercorak cerah cukup diminati warga PPU (IDN Times/Istimewa)

Selama pandemik COVID-19, banyak orang mulai tertarik dengan tanaman hias. Kesempatan ini bisa kamu jadikan peluang untuk menambah penghasilan bersama pasangan.

Selain tanaman hias, kamu juga bisa menekuni bisnis tanaman lain, seperti tanaman herbal, tanaman hidroponik, sayuran, tanaman buah, hingga tanaman terrarium. Tanaman terrarium adalah tanaman hias yang ditanam di wadah kaca, mika, atau plastik transparan.

10. Bisnis produk white label

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahFoto oleh Laura James dari Pexels

Produk white label adalah produk yang sengaja diproduksi tanpa merek atau label putih. Sehingga, pihak lain bisa menjualnya lagi dengan memberikan mereknya sendiri.

Bagi pengantin baru yang mungkin tidak punya waktu untuk memproduksi produk dari awal, bisa memanfaatkan produk white label ini. Pilihlah jenis produk yang ingin dijual, disesuaikan dengan target pasar yang dituju.

11. Bisnis daur ulang

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahKomunitas Runtah Tegal Laka-laka (Rutela) melombakan daur ulang sampah di Taman Poci Kota Tegal, Minggu (15/12) pagi. IDN times/Haikal Adithya

Bila kamu dan pasangan ingin menyebarkan kampanye cinta lingkungan dan di saat yang sama juga ingin punya penghasilan sampingan, bisnis daur ulang adalah solusi yang tepat.

Kamu bisa mendaur ulang sampah-sampah yang ada di sekitar mu menjadi barang bermanfaat yang bisa digunakan kembali. Misalnya mendaur ulang botol plastik menjadi pot tanaman gantung atau tempat pensil, mendaur ulang ban bekas menjadi kursi atau meja, dan mendaur ulang kardus menjadi kotak tisu atau pigura foto.

12. Jual produk fashion

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahPelaku UMKM di bidang fashion menunjukkan produk busana melalui acara fashion show secara virtual di Pertamina SMEXPO 2020. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Tren fashion di seluruh dunia cepat berubah setiap waktunya. Hal itu yang membuat industri fashion selalu banyak peminatnya dan tak pernah sepi. Beberapa produk fashion yang sering laku di pasaran, yaitu tas, sepatu, aneka macam aksesoris seperti jam, gelang, hiasan rambut, dan sebagainya. 

13. Bisnis peralatan rumah tungga

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahPerusahaan retailer Home Depot menyalurkan barang-barang perlengkapan rumah tangga. Ilustrasi (unsplash.com/Sven Mieke)

Sebagai pengantin baru, rasa-rasanya bisnis satu ini sangat cocok dijalankan bersama. Peralatan rumah tangga selalu dibutuhkan setiap hari dan banyak supplier murah dengan berbagai pilihan produk sehingga modalnya terjangkau.

Produk perlatan rumah tangga yang bisa kamu jual, diantaranya sapu, pengki, alat pel, ember, tempat sampah, kabinet kamar mandi, rak sepatu, bantal dan guling, bedcover, seprai, karpet, dan masih banyak yang lainnya.

14. Bisnis perlengkapan bayi

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahFreepik/user12952888

Bisnis perlengkapan bayi mulai dari pakaian bayi, alat makan, perlengkapan popok bayi, peralatan mandi, dan produk perawatan bayi ramai diburu oleh para ibu yang akan atau telah melahirkan.

Produk kebutuhan ibu juga cukup tinggi pasarnya, seperti gendongan bayi, stroler, kain, tas, hingga alat pompa ASI.

Baca Juga: 14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besar

15. Bisnis dropship

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah Menikahilustrasi berjualan online (pexels.com/Cottonbro)

Bila kamu dan pasangan termasuk orang yang menghabiskan banyak waktu di ponsel, lebih baik kalian berdua membuka bisnis dropship daripada waktu kalian terbuang sia-sia. Apalagi, bisnis dropship ini merupakan bisnis tanpa modal, sehingga cocok dijalani oleh pengantin baru yang belum memiliki banyak modal.

Kamu dan pasangan hanya perlu mempromosikan produk dari sebuah brand secara online. Jika ada calon konsumen yang tertarik membeli, maka proses jual beli, termasuk pengiriman akan dilakukan oleh brand. Nantinya, kamu akan mendapat komisi dari produk yang berhasil dipromosikan.

16. Bisnis online

Pasutri Baru Merapat, 17 Ide Usaha Ini Bisa Dicoba Setelah MenikahIlustrasi toko online (Pexels/PhotoMIX Company)

Di zaman yang serba digital ini, bisnis online memang menjadi alternatif pilihan bisnis yang mudah dijalankan.

Berbagai ide usaha yang telah dijabarkan sebelumnya bisa kamu jual secara online. Selain mudah di lakukan karena hanya melalui ponsel, kamu juga tidak membutuhkan modal lebih untuk membuka toko fisik.

Baca Juga: 6 Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaingnya

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya