Comscore Tracker

Pendiri Bukalapak Beri Suntikkan Modal ke Powerbrain 

Perusahaan akan perkuat teknologi untuk kurangi emisi karbon

Jakarta, IDN Times - Powerbrain Automasi Energi (Powerbrain), perusahaan pengembang efisiensi energi pertama di Indonesia yang memanfaatkan smart technology mendapatkan pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, organisasi non-profit milik Co-Founder Bukalapak, Achmad Zaky.

Founder dan Chief Executive Officer Powerbrain, Irvan Farasatha, mengatakan pendanaan ini menjadi momentum untuk memperkuat fondasi bisnis dan memperluas layanan di market Indonesia dalam bidang Smart Energy.

“Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation juga menandakan bahwa bisnis yang dijalankan Powerbrain memiliki potensi yang besar dan berkelanjutan,” kata Irvan dalam keterangan pada Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Flip Raih Pendanaan Seri B Putaran Kedua Senilai US$55 Juta

1. Langkah percepatan realisasi sustainable energy transition

Pendiri Bukalapak Beri Suntikkan Modal ke Powerbrain Powerbrain raih pendanaan dari Achmad Zaky Foundation (Dok.Powerbrain)

Powerbrain mengusung misi hadirkan layanan efisiensi energi berbasis teknologi. Guna mewujudkan misi tersebut, Powerbrain menghadirkan empat produk unggulan, yakni manajemen energi, energi terbarukan, manajemen aset, dan solusi pengisian kendaraan listrik.

Dengan misi dan produk-produk yang dihadirkan serta pendanaan yang didapat, diharapkan semakin mempercepat realisasi Sustainable Energy Transition atau transisi energi yang berkelanjutan. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah Indonesia dalam menurunkan Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang, melalui efiensi energi dengan menggunakan teknologi yang dimiliki perusahaan.

“Kami akan terus melakukan inovasi terkait solusi akan efisiensi energi agar memberikan dampak yang positif bagi mitra, masyarakat, dan lingkungan,” jelas Irvan.

Baca Juga: Menang PKPU, Garuda Indonesia Bakal Dapat Suntikkan Rp7,5 Triliun

2. Bertujuan membantu masyarakat mengelola konsumsi energi

Pendiri Bukalapak Beri Suntikkan Modal ke Powerbrain ilustrasi panel surya (unsplash.com/ American Public Power Association)

Founder Achmad Zaky Foundation, Achmad Zaky, mengungkapkan Powerbrain memiliki keselarasan visi misi dengan Achmad Zaky Foundation. Keduanya bertujuan untuk membantu masyarakat mengelola konsumsi energi.

Tingginya konsumsi energi merupakan kontributor terhadap perubahan iklim paling dominan yang menyumbang hampir 90 persen dari emisi karbon secara global. Sustainable Energy Transition menjadi isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia 2022, yang fokus pada smart and clean energy technology. Teknologi yang dihadirkan Powerbrain dapat menjadi solusi untuk mendukung efisiensi konsumsi energi di Indonesia.

“Pemerintah mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan. Dengan kesepakatan investasi ini kami berharap dapat mendukung kemajuan bisnis Powerbrain sehingga memberikan dampak yang lebih besar,” tuturnya.

3. Melakukan pengembangan teknologi

Pendiri Bukalapak Beri Suntikkan Modal ke Powerbrain Seorang pekerja wanita sedang melakukan programming pasa mesin (unsplash.com/ ThisisEngineering RAEng)

Powerbrain terus melakukan pengembangan teknologi dengan menghadirkan produk dan layanan yang lebih inovatif agar semakin memudahkan efisiensi energi dan efisiensi finansial bagi para mitra. Ada 3 manfaat utama yang akan didapatkan para mitra lewat teknologi yang dihadirkan Powerbrain, yaitu menurunkan biaya operasional, meningkatkan nilai bangunan, dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

“Secara keseluruhan, Powerbrain membuat pemakaian listrik di tempat usaha mitra menjadi lebih efisien, bahkan mampu mengurangi tagihan listrik hingga 20-30 persen. Pendanaan dari Ahmad Zaky Foundation akan menciptakan ruang gerak bagi Powerbrain untuk menghadirkan beragam inovasi sehingga efisiensi konsumsi energi bisa semakin ditingkatkan dan memperkuat finansial para mitra serta menjaga lingkungan yang berkelanjutan,” ucap Co-Founder dan Chief Marketing Officer Powerbrain, Rilwanu Lukman Amrullah.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya