Comscore Tracker

Profil Larry Page, si Jenius Pendiri Google Terkaya ke-6 versi Forbes

Larry Page memiliki harta Rp1.380 triliun

Jakarta, IDN Times - Lawrence Edward Page atau yang lebih dikenal dengan nama Larry Page merupakan salah satu dari dua pendiri mesin pencari terkemuka di dunia yaitu Google.

Google adalah anak perusahaan dari Alphabet Inc., yang merupakan perusahaan induk konglomerat teknologi multinasional Amerika yang berlokasi di Mountain View, California.

Pria berkebangsaan Amerika ini berada di peringkat 6 daftar orang terkaya di dunia. Bersama sahabatnya, Sergey Brin, Page berhasil membangun Google yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Baca Juga: Larry Page Mundur dari CEO Google dan Dirikan Perusahaan Baru

1. Latar belakang keluarga dan pendidikan

Profil Larry Page, si Jenius Pendiri Google Terkaya ke-6 versi Forbesbusinessinsider.com

Page lahir di Lansing, Michigan, Amerika Serikat, pada 26 Maret 1973. Ayahnya bernama Carl Victor Page sedangkan ibunya bernama Gloria Page. Ayah dan ibunya merupakan lulusan sarjana teknik komputer.

Sejak duduk dibangku sekolah dasar, anak kedua dari tiga bersaudara ini gemar menekuni komputer dan membaca berbagai jurnal ilmiah. Page juga menjadi siswa pertama di sekolahnya yang berhasil menulis makalah menggunakan perangkat pengolah kata.

Setelah lulus SMA, Page menyelesaikan pendidikan sekolah tingginya di Universitas of Michigan dan mendapat gelar Sarjana Sains di bidang teknik komputer seperti orang tuanya.

Ia lalu melanjutkan pendidikan pascasarjana di Stanford University dan meraih gelar Magister Sains dan Doktor. 

Baca Juga: Pendiri Google Larry Page Resmi Jadi Warga Selandia Baru

2. Awal terbentuknya Google

Profil Larry Page, si Jenius Pendiri Google Terkaya ke-6 versi ForbesThe Verge

Saat menjalani pendidikan pascasarjana di Stanford University, ia bertemu dengan Sergey Brin yang juga sedang menjalani pendidikan disana. Proyek pertama yang mereka kerjakan adalah menganalisis pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web.

Dilansir dari American Academy of Achievement, Page dan Brin kemudian menulis sebuah makalah berjudul “Dynamic Data Mining: A New Architecture for Data with High Dimensionality,” dan diikuti dengan “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine.”

Setelahnya, Page dan Brin membuat sebuah mesin pencari yang menerapkan prinsip halaman individu di World Wide Web yang diberi nama ‘BackRub'. Mereka kemudian mengubah nama ‘BackRub’ menjadi 'Google'.

Pada 1997, nama Google akhirnya didaftarkan ke dalam situs World Wide Web dan menjadi situs Google.com. Pada 1998, Page dan Brin membangun Google sebagai sebuah perusahaan swasta.

Misi mereka adalah “To organize the world’s information and make it universally accessible and useful” atau mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses serta berguna secara universal. Hingga kini, Google telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia yang juga menjadi salah satu kebutuhan pokok banyak orang untuk mendapatkan informasi.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya Dunia 2022 versi Forbes, Elon Musk Nomer 1

3. Karier dan pencapaian

Profil Larry Page, si Jenius Pendiri Google Terkaya ke-6 versi Forbesdiariodesevilla.es

Sejak awal dibentuk pada 1998, Larry Page telah menjabat sebagai CEO Google dan Sergey Brin sebagai Presiden. Namun pada 2001, saat sebagian besar perusahaan rintisan internet gulung tikar, Page dan Brin merekrut Eric Schmidt sebagai CEO baru Googel.

Page kemudian menjabat sebagai presiden untuk produk Google dan Brin mengambil peran sebagai presiden untuk teknologi.

Dikutip dari Business Insider, pada 2011, Page menjabat sebagai CEO Alphabet inc., yaitu induk perusahaan Google. Lalu pada 2019, ia mengundurkan diri dari jabatan CEO dan digantikan oleh Sundar Pichai. Meski begitu, ia masih menduduki jabatan sebagai anggota dewan perusahaan dan memiliki saham pengendali di perusahaan bersama Brin.

Larry Page bersama Sergey Brin menciptakan 'PageRank', yaitu algoritma peringkat pencarian untuk Google dan menerima Marconi Prize pada 2004.

Dikutip dari The Famous People, beberapa penghargaan lain yang pernah diterima Page seperti Technical Excellence Award (1999), Webby Award & A People’s Voice Award (2000), dan Outstanding Search Service (2001), serta beberapa penghargaan lainnya.

4. Kekayaan Larry Page

Profil Larry Page, si Jenius Pendiri Google Terkaya ke-6 versi ForbesGoogle via achievement-org

Melansir dari daftar Real-Time Billionaires Forbes, harta kekayaan Larry Page tercatat sebesar 94,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1.380 triliun (kurs Rp14.672).

Larry Page menempati posisi nomor 6 daftar orang terkaya dunia versi majalah Forbes diikuti dengan sahabatnya, Sergey Brin yang berada di posisi ke-7.

Saat ini, page sedang mendanai startup mobil terbang bernama Kitty Hawk and Opener. Ia juga menjadi investor sebuah perusahaan eksplorasi luar angkasa bernama Planetary Resources.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya