Comscore Tracker

Ragam Fitur Terbaru di Shopee Pilih Lokal, UMKM Wajib Nyimak!

Ini sederet fitur baru Shopee Pilih Lokal

Jakarta, IDN Times - Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan mengeluarkan inisiatif baru untuk memudahkan dan memajukan UMKM lokal. Teranyar, Shopee menghadirkan fitur Shopee Pilih Lokal yang diklaim memberikan kemudahan bagi pengusaha lokal dalam memasarkan produk.

“Shopee mengakselerasi akses digitalisasi bagi para pengusaha lokal dengan menghadirkan rangkaian solusi agar pengusaha lokal, termasuk UMKM, dapat berdaya saing tinggi. Harapannya dengan adanya (pembaruan) ini, penjual dan pembeli bisa sama-sama mudah untuk bertemu,” kata Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Shopee Pilih Lokal Hadirkan Tampilan dan Fitur Baru, Akses Lebih Mudah

1. Fitur dan logo baru Shopee Pilih Lokal

Ragam Fitur Terbaru di Shopee Pilih Lokal, UMKM Wajib Nyimak!Kemudahan dari fitur baru Shopee Pilih Lokal (Dok. Shopee)

Sebagai bagian dari semangat baru ini, Shopee Pilih Lokal hadir dengan fitur dan logo terbaru, meliputi:

  • Tampilan di Laman Utama Aplikasi Shopee. Membawa platform Shopee Pilih Lokal ke laman utama aplikasi Shopee untuk akses lebih mudah.
  • Kanal Pencarian. Search bar dalam platform Shopee Pilih Lokal memudahkan pembeli mencari dan mendapatkan produk unggulan dari pengusaha lokal.
  • Laman Khusus Kampus UMKM Shopee. Ruang khusus bagi produk dari para pengusaha lokal yang telah mengikuti bimbingan di Kampus UMKM Shopee. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan di 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.
  • Laman Khusus Koleksi UMKM Binaan Shopee. Ruang khusus untuk menampilkan produk pengusaha lokal yang telah mengikuti program Bimbel Shopee dan Sobat UKM. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti kedua pelatihan yang bisa diikuti secara daring dari mana saja di Indonesia.
  • Laman Khusus Program Ekspor Shopee. Ruang khusus untuk menampilkan produk pengusaha lokal yang sudah Go Global bersama Program Ekspor Shopee. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mendaftarkan diri agar dapat menjual produk ke 7 negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.
  • Hari Belanja Produk Lokal. Mendedikasikan tanggal 17 setiap bulannya sebagai Hari Belanja Produk Lokal untuk mendorong transaksi produk pengusaha lokal.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Shopee Affiliates, Bisa Dapat Uang Tambahan! 

2. Makna dan filosofi logo baru

Ragam Fitur Terbaru di Shopee Pilih Lokal, UMKM Wajib Nyimak!Shopee menghadirkan semangat baru bagi pengusaha lokal melalui pembaruan logo, tampilan, dan fitur Shopee Pilih Lokal. (Dok. Shopee)

Logo Shopee Pilih Lokal merupakan kombinasi simbol gunungan wayang dan simbol hati yang berwarna merah-putih. Simbol gunungan memiliki filosofi yang menggambarkan awalan baru dari sebuah rangkaian cerita. Sementara hati berwarna merah putih merepresentasikan rasa cinta untuk produk pengusaha lokal.

“Dalam hal ini, Shopee menghadirkan semangat baru bagi para pengusaha lokal agar terus dicintai di dalam negeri dan bisa dihormati di luar negeri ,” kata Monica.

Baca Juga: Shopee Gelar Festival UMKM di HUT Jakarta, Ada Pelatihan Bisnis Gratis

3. Promo dan penawaran dalam Festival Pilih Lokal

Ragam Fitur Terbaru di Shopee Pilih Lokal, UMKM Wajib Nyimak!Promo dan penawaran Festival Pilih Lokal. (IDN Times/Kamila Sayara Avicena)

Komitmen Shopee Pilih Lokal tidak hanya terbatas pada penjual, melainkan juga menghadirkan rangkaian penawaran menarik bagi pembeli selama periode kampanye berlangsung. Dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia, Shopee menghadirkan Festival Pilih Lokal 17.8, sebagai bagian dari kampanye Shopee Pilih Lokal.

Adapun, beberapa penawaran yang ditujukan untuk pembeli, yaitu:

  • Pengguna dapat mengakses ragam pilihan produk lokal dan menikmati rangkaian penawaran spesial seperti Produk Lokal di Bawah Rp77 ribu, Gratis Ongkir se Indonesia, dan Brand Lokal Unggulan Diskon 50 persen .
  • Untuk mendorong pertumbuhan usaha kuliner lokal, ShopeeFood juga menghadirkan ‘Festival Kuliner Lokal 17.8’ pada 9-17 Agustus dengan penawaran menarik, seperti Promo Jumbo s/d Rp100 ribu, Gratis Ongkir Sepuasnya, dan Diskon Terus s/d 60 persen.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya