Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangan

Lebih baik dipikirkan secara matang sebelum kamu menyesal

Urusan keuangan seperti bagian hidup dan mati yang gak bisa disepelekan. Apa-apa serba harus dengan uang. Uang memegang peran penting dalam kehidupan seseorang. Karena itu saat ingin mengambil keputusan keuangan kita gak boleh gegabah.

Menentukan bagaimana kita berinvestasi, berutang pada bank, beli ini itu, semua harus dipikirkan minimal dengan 5 pertimbangan seperti ini!

1. Ketahui prioritas sebelum membeli barang

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangandramabeans.com

Membeli banyak barang selagi kita mampu untuk membayar bukan jadi masalah. Tapi yang paling parah adalah ketika ternyata barang yang dibeli itu tidak sesuai kebutuhan alias gak ada dalam daftar prioritas.

Keuanganmu gak akan stabil dan malah berantakan jika terus membiarkan hal ini terjadi. Bentuk yang lucu, menggemaskan, langka, unik dan lain-lain gak berarti apa-apa jika itu cuma membuatmu membuang uang dengan percuma.

2. Pikirkan keuangan jangka panjang sebelum meminjamkan uang ke orang lain

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangandramabeans.com

Meminjamkan uang kepada teman jangan hanya menggunakan pertimbangan tenggang rasa saja. Pikirkan keuangan jangka panjang yang terjadi dalam hidup kalian. Jika kondisimu juga sedang pas-pasan berarti biarkan temanmu mencari bantuan pada orang lain. Hilangkan perasaan bersalah dan gak enak hati karena gak bisa menolongnya. Sebab kamu pun ada di kondisi yang gak memungkinkan. 

Baca Juga: 5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan Terkontrol

3. Cari jalan keluar lain sebelum mengambil pinjaman ke bank

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangandramabeans.com

Praktis untuk meminjam uang di bank atau tempat lain saat gak punya simpanan. Tapi coba pertimbangkan ulang, yakin kamu gak akan keteteran dengan bunga pinjaman yang meroket? Jika kamu mengambil kerja tambahan mungkin hasilnya akan sama tapi lebih baik ketimbang membayar utang menggunung. 

4. Gunakan perhitungan matang sebelum mengambil risiko keluar pekerjaan

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangandramabeans.com

Pemasukan setiap bulan dari pekerjaan harus bisa dikendalikan dengan benar. Apalagi jika kamu berniat untuk keluar dari pekerjaan. Jangan menyulitkan diri sendiri dengan mengambil sembarang keputusan untuk resign. Temukan dulu alternatif dan rencana cadangan yang pasti biar keuangan dan hidupmu gak berantakan. 

Jika kamu berpikir bisa mengandalkan uang tabungan tapi bila terus digunakan tanpa ada pemasukan, lama-kelamaan uang itu pun akan habis. Kecuali jika kamu mengelolanya menjadi modal untuk membuat bisnis atau usaha lainnya. 

5. Jangan ambil sembarang investasi sebelum melakukan riset

5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangandramabeans.com

Generasi zaman sekarang semakin melek investasi. Banyak instrumen investasi yang bisa dimiliki dari harga mulai ratusan ribu saja. Tapi berkembangnya investasi yang lebih mudah dipahami ini juga beriringan dengan banyaknya pihak curang yang memanfaatkan keadaan. Jika riset dan wawasan yang kamu miliki masih terlalu dasar, nantinya kamu berpeluang besar terperosok dalam investasi bodong. 

Persoalan keuangan harus dipikirkan dengan baik dan tepat. Uang menjadi salah satu hal terpenting yang sangat sensitif dan menimbulkan banyak masalah. So, pastikan kamu mengikuti 5  tips di atas tadi ya sebelum mengambil keputusan mengenai keuangan!

Baca Juga: 5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmur

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya