Comscore Tracker

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!

Daftar aplikasi untuk mencatat keuangan kamu atau bisnismu

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, kamu harus mencatat alur keuangan yang masuk dan keluar. Untuk mempermudah pencatatan keuangan tersebut, kamu membutuhkan bantuan aplikasi pembukuan.

 Sebenarnya kamu bisa saja mencatat pembukuan keuangan secara manual. Namun, hal itu akan membuat kamu kerepotan, mengingat banyak sekali hal yang harus diurus oleh pebisnis online.

Aplikasi pembukuan dibutuhkan oleh seorang pebisnis untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan keuangan secara rinci dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Ada banyak sekali aplikasi pembekuan yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Sudah pasti ada perbedaan fitur yang sangat mencolok antara aplikasi yang berbayar dan gratis. Berikut ini adalah aplikasi apa saja yang dapat kamu gunakan dalam mengatur pembukuan.

Baca Juga: 9 Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!

1. Zahir accounting

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!Zahir Online (go.zahironline.com)

Zahir Accounting adalah software akuntansi yang sudah akrab di kalangan pebisnis sejak 1996. Zahir banyak sekali membantu pebisnis dan pengusaha untuk menunjang pencatatan keuangan bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat.

Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30 ribu perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50 ribuan pengguna (user/lisensi) di Indonesia serta mancanegara.

Zahir tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris mengingat banyaknya pengguna dari berbagai negara. Zahir sendiri memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengusaha untuk mengontrol bisnisnya secara realtime mulai dari sales & invoices, purchase, inventory.

2. Moota

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!logo moota (https://moota.co/?utm_source=logo_header&utm_medium=mootaco)

Moota adalah aplikasi untuk pengecekkan mutasi dan saldo rekening, dimana mutasi rekening didapatkan dari akun iBanking kamu. Moota membantu sekali pebisnis yang ingin mengecek mutasi dana tanpa harus login berbagai macam e-banking.

Berbagai fitur yang disediakan oleh moota adalah cek transaksi, notifikasi transfe uang yang masuk, eksport data transaksi, unlimited akun bank, dan sebagainya. Moota juga memiliki fitur API yang dapat menghubungkan Moota dengan sistem website agar pengecekan data transaksi menjadi lebih mudah dan otomatis.

3. BukuWarung

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!logo BukuWarung (https://bukuwarung.com/)

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi yang memudahkan pebisnis mulai dari utang piutang, kelola stok barang, pembukuan usaha.

Aplikasi ini akan sangat berguna bagi UMKM dan juga usaha mikro. Selain itu, aplikasi ini juga mudah untuk digunakan selain itu, aplikasi ini juga gratis sehingga dapat menghemat budget yang ada.

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen 

4. Teman Bisnis

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!logo teman bisnis (http://temanbisnisapp.com/)

Teman Bisnis adalah aplikasi yang dirancang bagi pebisnis Indonesia untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja keuangan. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan sekalipun kamu masih awam dalam mengelola keuangan.

Teman Bisnis memiliki berbagai fitur seperti catatan transaksi, laporan keuangan, utang piutang dan pengelola persediaan barang.

5. Freshbooks

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!logo FreshBooks (https://www.freshbooks.com/)

Freshbooks adalah software akuntansi yang berpusat di Toronto, Kanada. Freshbooks dioperasikan oleh 2ndSite Inc. yang menyasar bisnis UMKM atau skala kecil dan menengah. Aplikasi ini juga menyediakan sebuah fitur otomatis pengingat invoice untuk mengumpulkan pembayaran.

6. Akuntansi Kauangan

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!Aplikasi Akuntansi Keuangan (Google Playstore)

Akuntansi Keuangan akan mencatat dengan metode pembukuan akuntansi. Itu berarti, terdapat fitur laporan jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca, laba-rugi, dan sebagainya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus tahu mengetahui ilmu dasar akuntansi terlebih dahulu. Aplikasi ini juga dapat digunakan di smartphone kamu!

7. Paper.id

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!Paper.id logo (https://web.facebook.com/paperinvoice?_rdc=1&_rdr)

Paper.id adalah platform yang mempermudah kamu dalam mengurus kebutuhan invoicing. Kamu tak perlu lagi dalam ribet mengurus dokumen invoice. Tak hanya invoice, platform ini juga mengelola pembayaran dan pendanaan usaha kamu.

Paper.id telah dipercaya lebih dari 250 ribu pengusaha dan perusahaan besar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 4 Tips Keuangan dari Financial Planner untuk Profesional Muda

8. BukuKas

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!BukuKas bikin bisnis jadi mudah (Dok. BukuKas)

BukuKas telah digunakan lebih dari 5 juta pengguna mulai dari pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. BukuKas membantu pengusaha untuk memonitoring dan mengatur kas.

BukuKas memiliki fitur yang membantu untuk aktivitas mencatat semua transaksi, membuat laporan keuangan dan juga mencatat dan menagih hutang. Kamu juga bisa menerima dan mengirim uang tanpa dibebani biaya admin bank.

9. Money Lover

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!amzmodapk.com

Money lover merupakan aplikasi manajemen keuangan, anggaran dan budget. Money Lover dapat melakukan kegiatan sinkronisasi semuanya antara perangkat-perangkat kamu secara otomatis.

Aplikasi ini akan sangat berguna bagi UMKM dan juga usaha mikro. Selain itu, aplikasi ini juga mudah untuk digunakan selain itu, aplikasi ini juga gratis sehingga dapat menghemat budget yang ada.

10. Expense Manager

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!Expense Manager (Google Playstore)

Expanse Manager merupakan aplikasi manajemen keuangan yang telah digunakan oleh pebisnis untuk membayar, memproses, dan mengaudit pengeluaran yang kamu lakukan. Aplikasi ini tak hanya terbatas pada mencatat pengeluaran lain yang telah dilakukan oleh karyawan seperti pengeluaran perjalanan dinas, liburan, dan sebagainya.

11. Finansialku

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!https://www.finansialku.com/

Finansialku adalah aplikasi keuangan yang akan membantu kamu dalam mengatur dan membuat perencanaan keuangan. Kamu dapat mengontrol keuangan dan mencapai tujuan keuangan dari perusahaan kamu.

12. Si Apik

12 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis, yuk Rapikan Keuangan!ilustrasi Si Apik (Google Playstore)

Si Apik adalah aplikasi pembukuan yang membantu mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan maupun usaha kecil. Aplikasi pencatat keuangan UMKM ini dapat digunakan oleh usaha mikro dan pelaku usaha kecil di sektor jasa, perdagangan, pertanian, maupun manufaktur.

Itulah jenis aplikasi pembukuan untuk bisnis  kamu. Bisa dikatakan adanya aplikasi ini merupakan hal penting bagi bisnis kamu. Dengan memanfaatkan aplikasi ini dapat membantu baik dari ketepatan data dan juga efisiensi waktu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas.

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya