Comscore Tracker

20 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesia

Mana perusahaan incaranmu?

Perusahaan multinasional sering disebut dengan multi-national corporation (MNC). Ini merujuk pada sebuah institusi yang memiliki fasilitas di luar negara asalnya. Biasanya perusahan multinasional ini memiliki kantor dan pabrik di banyak negara. Mereka biasanya memiliki cabang utama untuk mengoordinasikan manajemennya secara global. 

Di Indonesia terdapat beberapa sejumlah perusahaan multinasional yang hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri. Jika kamu berminat untuk bekerja di perusahaan multinasional di Indonesia, kenali terlebih dahulu daftar perusahaan multinasional yang ada.

Berikut adalah beberapa perusahaan multinasional di Indonesia, sebagian mungkin telah dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga: 7 Perusahaan Swasta Nasional Jadi Sponsor Formula E Jakarta

1. Adidas

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaAdidas (https://unsplash.com/photos/qSiu4qckcHk)

Adidas adalah perusahaan yang berasal dari Jerman. Merek dagang ini memproduksi barang olahraga seperti sepatu, pakaian olahraga dan alat olahraga.

Beberapa Adidas toko Indonesia terletak di Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali dan beberapa wilayah di luar Jawa. Kota-kota tersebut adalah kota metropolitan yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat daerah sekitarnya

2. Nike

20 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesiabrand nike (https://unsplash.com/@takeshi2)

Perusahaan satu ini berasal dari Amerika Serikat dan bergerak di bidang olahraga. Produksi sepatu Nike telah beroperasi sejak 1988. Hampir sepertiga dari produk yang dibuat oleh Nike di produksi di Indonesia.

Hingga saat ini, basis dari produksi sepatu Nike tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Beberapa lokasi yang menjadi pusat produksi ada di Tangerang dan Serang di mana lokasinya tak jauh dari Ibu Kota.

Baca Juga: Daftar 47 Perusahaan yang Dapat Proper Emas dari KLHK

3. Asus

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaBrand ASUS (https://unsplash.com/@sjcbrn)

Perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang teknologi ini memiliki usat di Taiwan. Perusahaan ini aktif memproduksi produk seperti laptop, PC, HP, LCD, monitor, dan lainnya

Selain ada di Indonesia, Asus juga memiliki kantor cabang dan fasilitas di beberapa negara contohnya di Australia, India, Hongkong, China (RRC), Singapura, Malaysia, Vietnam, Bangladesh, Thailand, Srilanka, Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Prancis, Italia, Inggris, Swedia, dan lainnya.

4. Google

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaIlustrasi Google. unsplash.com/Pawel Czerwinski

Siapa tidak kenal Google. Berawal sebagai mesin pencari yang sudah sangat terkenal di dunia, Google juga merupakan salah satu perusahaan multinasional yang terdaftar di AS.

Google kini menawarkan layanan internet, seperti komputasi web, mesin pencari, iklan, dan perangkat lunak yang digunakan dengan sukses di seluruh bagian di dunia, termasuk di dalamnya negara Indonesia.

5. Honda

20 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesiailustrasi logo honda (https://unsplash.com/@chrisliverani)

Di bidang manufaktur sepeda motor, Honda merupakan salah satu perusahaan multinasional yang cukup terkenal dan besar di Indonesia. Melalui PT Astra Honda Motor (AHM), Agen Tugal Pemegang Merk (ATPM) Honda di Indonesia saat ini jadi pasar terbesar Honda di seluruh dunia.

Indonesia memang merupakan salah satu negara penggila otomotif terutama sepeda motor. Indonesia rating 5 besar menurut polulasi atau jumlah pengguna otomotif. Indonesia menempati posisi ke-3 konsumen motor terbanyak setelah China dan India jika dihitung untuk semua brand. Namun, untuk brand Honda sendiri pasar Indonesia posisi pertama.

Baca Juga: 5 Perusahaan Minyak Terbesar di Dunia, Ada dari Indonesia?

6. Toyota

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaInterior Toyota C-HR GR Sport (Toyota.co.th)

Toyota menjadi perusahaan multinasional di industri otomotif yang terus berkembang di Indonesia sampai saat ini. Toyota Motor Corporation adalah pabrikan otomotif multinasional Jepang yang berkantor pusat di Toyota, Aichi, Jepang.

Toyota adalah produsen mobil terbesar kedua di dunia, di belakang Volkswagen. Toyota adalah produsen mobil pertama di dunia yang memproduksi lebih dari 10 juta kendaraan per tahun.

7. LG

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaLOGO LG (https://icon-icons.com/id/icon/lg-logo/170264)

LG merupakan sebuah perusahaan asal Korea yang bergerak di bidang industri petrokimia. Namun, pada perkembangannya justru lebih serius mengembangkan bisnis elektronik dan berbagai barang peralatan rumah tangga seperti televisi, lemari pendingin dan pendingin ruangan.

PT LG Electronics Indonesia berdiri di Indonesia pada 1990 dan masih menjadi salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada 1985.

8. Samsung

20 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesiasamsung logo (https://unsplash.com/@kotecinho)

Salah satu perusahaan raksasa berbasis tekonologi yang berasal dari Korea Selatan adalah Samsung. Samsung menjadi salah satu perusahaan multinasional yang ada di Indonesia.

Sekarang ini, Samsung beroperasi di enam bidang bisnis, yaitu telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital, media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor.

9. Epson

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaEpson (https://unsplash.com/@mufidpwt)

Produsen alat-alat percetakan asal Jepang ini mulai jadi favorit warga Indonesia di awal 2000-an. Seiko Epson Corporation mendirikan anak usahanya PT Indonesia Epson Industry. produk penjualan dari PT Epson terdiri dari dua jenis yaitu untuk individu dan grup (perusahaan).

Indonesia Epson Industry memenuhi permintaan pasar Indonesia akan produk digital imaging solution yang meliputi peralatan input dan output. Cabangnya di Indonesia sudah tersebar di berbagai daerah yakni tiga di Jakarta, dua di Surabaya, dan masing-masing satu di beberapa daerah seperti Bandung, Bogor, Cikarang, Serang, Yogyakarta, Palembang, Palu, dan lain sebagainya.

10. Danone

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaDanone Logo (https://www.danone.com/)

Perusahaan multinasional yang bergerak di industri makanan ini telah membuka cabang di 160 negara dan membangun bisnisnya di atas empat lini usaha: produk segar berbasis susu, nutrisi awal kehidupan, air, dan nutrisi medis.

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama, yaitu air minum dalam kemasan dan minuman nonkarbonasi, nutrisi untuk awal kehidupan dan nutrisi medis. Di Indonesia, Danone memiliki 24 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15 ribu orang.

11. Nestle

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaNestle logo (https://logowik.com/nestle-vector-logo-1-679/download-options.html)

Perusahaan yang selanjutnya adalah Nestle yang bergerak dalam industri makanan dan minuman. Perusahaan asal Swiss ini memproduksi susu, kopi instan, camilan, hingga makanan bayi.

Nestle Indonesia kini memperkerjakan kurang lebih 3.700 orang karyawan yang mengoperasikan tiga pabrik yaitu di Jawa Timur, Lampung, dan Jawa Barat

12. KFC

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaIlustrasi Restoran Cepat Saji (IDN Times/Besse Fadhilah)

Perusahaan yang selanjutnya adalah KFC yang berasal dari Amerika Serikat. Di Indonesia KFC berada di bawah naungan PT Fastfood Indonesia Tbk selaku pihak pertama yang memperoleh waralabanya di Indonesia.

Perusahaan ini  mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh kesuksesan. Hingga sekarang kesuksesan KFC diiringi dengan pembukaan outlet-outlet nya yang tersebar di hampir diseluruh kota besar di Indonesia mulai dari Bandung, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, dan lain sebagainya.

13. McDonald’s

20 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesia(Ilustrasi McDonald Sarinah) ANTARA News

Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang makanan selanjutnya adalah McDonald’s. McDonald’s atau yang biasa disebut dengan McD ini sendiri hadir di Indonesia sejak 1991. Indonesia merupakan negara ke-70 dari McD membuka cabang outlet di luar negaranya.

Rachmadi, M.Sc, MBA adalah warga negara indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak franchise dari McD corporation. Dia membuka gerai pertama McD di Indonesia di Sarinah, Jakarta. Kini, McD sudah membuka gerainya di berbagai kota di Indonesia dan akan terus berkembang.

14. HSBC

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaIlustrasi logo HSBC (www.hsbc.com.sg)

Perusahaan yang bergerak di industri finansial yang termasuk dalam salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia adalah HSBC yang berasal dari London, Inggris. Di indonesia sendiri, HSBC sudah mulai beroperasi sejak 1884 dan menjadi salah satu bank tertua yang ada di Indonesia.

15. Allianz

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaAllianz Indonesia mendukung Vaksinasi Industri Keuangan Non-Bank bersama OJK. (dok. Allianz Indonesia)

Pada industri keuangan, ada Allianz yang menjadi perusahaan multinasional paling berkembang di Indonesia. Perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman ini mulai melebarkan sayap ke Indonesia pada 1981.

Pada 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di 1996. Di 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

16. Semen Indonesia

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaLogo Semen Indonesia (ekatamagroup.com)

Perusahaan multinasional yang selanjutnya adalah berasal dari negeri kita tercinta di Indonesia, perusahaan tersebut adalah Semen Indonesia. Perusahaan BUMN Semen Indonesia menjadi salah satu perusahaan asal Indonesia di luar negeri yang berhasil masuk ke pasar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Lokasi Semen Indonesia kini tidak hanya ada di Indonesia. Semen Indonesia berhasil membuat pabrik yang berada di Vietnam dengan nama Thang Long Cement Company.  Selain memiliki pabrik di luar negeri, semen Indonesia juga mengekspor produknya ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, dan lain sebagainya

17. Garuda Food

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaLogo Garuda Food (https://garudafood.com/sejarah-garudafood)

Perusahaan multinasional selanjutnya juga berasal dari Indonesia yaitu adalah GarudaFood. Produknya yang biasa kita konsumsi ini juga merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia.

GarudaFood berhasil melakukan ekspansi ke Jepang. GarudaFood berhasil mengakuisisi perusahaan gula Fuhua Jinjiang Yonghe. 

18. Gojek

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaIlustrasi Logo Gojek (Website/gojek.com)

Perusahaan yang selanjutnya yang menjadi salah satu decacorn di Indonesia adalah Gojek. Perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ini berhasil mengembangkan sayapnya keluar negeri.

Gojek berhasil melebarkan sayaonya ke negara Vietnam, Singapura, dan Thailand. Perusahaan ini melebarkan sayapnya dengan kebijakan dari masing-masing negara.

19. Indofood

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaPabrik Indomie di Ethiopia (IDN Times/Uni Lubis)

Perusahaan multinasilnal di Indonesia berikutnya yaitu Indofood. Indofood mampu mengikat konsumen dari berbagai negara. Hingga kini, Indofood memiliki cabang di luar negeri seperti Nigeria, Mesir dan sebagainya.

20. Unilever

20 Daftar Perusahaan Multinasional di IndonesiaLogo Unilever (citywire.co.uk)

Unilever merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Rotterdam, Belanda yang memiliki nama Unilever N.V. dan London, Inggris yang bernama Unilever plc. Unilever adalah salah satu perusahaan yang mampu memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh.

Unilever juga sebagai produsen barang rumah tangga terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Unilever merupakan produsen olesan makanan (seperti margarin) terbesar di dunia. Tak heran jika Unilever adalah salah satu perusahaan paling tua di dunia yang masih beroperasi, dan saat ini telah menjual produknya ke lebih dari 190 negara.

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya