Comscore Tracker

4 Tugas Customer Service Bank, Gak cuma Asal Telepon lho!

Kamu yang mau kerja jadi CS bank, wajib baca ini!

Jika kamu ingin menjadi customer service, kamu harus mengetahui tugas customer service terlebih dahulu. Setiap perusahaan pasti memiliki customer service alias CS, maka dari itu menjadi CS adalah posisi yang banyak diincar oleh calon pekerja.

CS adalah menjadi benteng pertama bagi suatu perusahaan, termasuk bank. Maka dari itu, CS memiliki peran penting. Customer service memiliki tugas melayani pelanggan yang akan bertanya terkait dengan produk atau berminat membeli produk yang ditawarkan. Dengan adanya CS, pelanggan akan menjadi lebih mudah untuk memperoleh berbagai layanan dan produk.

Pada zaman sekarang, seorang CS sudah bisa menggunakan lebih banyak media dalam memberikan layanannya. Media yang digunakan mulai dari sosial media, email, maupun chatbot. Tentu saja ini akan mempermudah konsumen untuk menghubungi CS.

Berikut ini adalah tugas seorang CS di bank yang sudah IDN Times rangkum. Simak yuk!

Baca Juga: 8 Cara Follow-up Customer yang Bisa Dongkrak Penjualan, Mau Buktiin? 

1. Memberikan layanan

4 Tugas Customer Service Bank, Gak cuma Asal Telepon lho!customer service (pexels.com/Mikhail Nilov)

Layanan yang akan diberikan dari customer service sebuah bank kepada nasabah dapat disesuaikan dengan perusahaan atau instansi. Alasannya adalah pada instansi bank adalah memberikan layanan dari tabungan, rekening, deposito, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Customer Service yang Andal, Komunikasi Kuncinya!

2. Memberikan solusi

4 Tugas Customer Service Bank, Gak cuma Asal Telepon lho!ilustrasi customer service (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Jika berhadapan dengan nasabah yang memiliki masalah, maka CS harus memberikan solusi yang terbaik. Seorang CS tidak hanya harus paham dengan suatu produk secara mendetail, namun juga harus memberikan solusi yang terbaik perihal permasalahan yang sedang dialami oleh nasabah.

3. Membuat berbagai jenis administrasi

4 Tugas Customer Service Bank, Gak cuma Asal Telepon lho!customer service (pexels.com/Yan Krukov)

Ada banyak sekali jenis administrasi pada sebuah bank, misalnya mencetak buku tabungan, mencetak produk lain, giro, deposito, dan lain sebagainya. Segala administrasi tersebut berhubungan dengan produk dapat dilakukan oleh CS.

Baca Juga: 5 Tugas Costumer Service Online Shop 

4. Memberikan penawaran

4 Tugas Customer Service Bank, Gak cuma Asal Telepon lho!ilutrasi customer service (pexels.com/Mart Production)

Menjadi sebuah keharusan bagi seorang CS untuk memperkenalkan produk dan memberikan penawaran yang ada kepada nasabah. Selain itu, CS juga harus memberikan informasi kepada nasabah perihal layanan yang dimiliki.

Dengan demikian, nasabah tidak akan merasa kesulitan, bahkan memperoleh informasi yang banyak terkait layanan yang dibutuhkan.

Itulah tugas-tugas customer service yang berperan penting bagi bank. Kualitas seorang CS, akan mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga berdampak langsung pada kemajuan bisnis bank tersebut. So, bagi kamu yang ingin jadi customer service, selamat menerapkannya ya!

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Jadi Customer Service Profesional, Gak Mudah!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Rendra Saputra
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya