Comscore Tracker

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!

Baca ini supaya kamu tahu

Jakarta, IDN Times - Jika kamu ingin menjadi customer service, kamu harus mengetahui tugasnya terlebih dahulu. Setiap perusahaan pasti memiliki seorang customer service. Oleh karena itu, ada berbagai jenis customer service sesuai bidang perusahaan.

Seorang customer service merupakan benteng pertama bagi suatu perusahaan. Maka itu, perannya sangat penting bagi sebuah perusahaan. Jika kamu ingin menjalani profesi sebagai customer service atau yang biasa disebut CS, kamu harus mempelajari tugasnya sejak kini.

Berikut ini adalah tugas yang akan dijalani seorang CS operator telepon seluler, dirangkum dari berbagai sumber oleh IDN Times.

Baca Juga: Distributor Resmi Penyalur Telepon Seluler, Dukung Regulasi IMEI

1. Mengelola komunikasi yang masuk

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!Ilustrasi customer service (pexels.com/mart production)

Sebelum menutup telepon, proses komunikasi antara CS dengan pelanggan mulai terjadi. Semua harus CS kelola sampai pembeli paham benar dengan produk dan layanan dari operator seluler tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi CS untuk memiliki wawasan yang luas seputar layanan dari peusahaan seluler.

Baca Juga: 8 Cara Follow-up Customer yang Bisa Dongkrak Penjualan, Mau Buktiin? 

2. Menghasilkan prospek penjualan

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!Ilustrasi customer service (Shutterstock/Nattakorn_Maneerat)

Seorang CS harus memiliki pengetahuan yang luas terhadap layanan dan produk yang dimiliki oleh perusahaan seluler. Pada saat pelanggan mulai bertanya perihal layanan dan produk, maka seorang CS harus membuat customer lebih tertarik dan prospektif.

3. Memberikan informasi

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!Seorang customer service (Shutterstock/DW2630)

Sebagai seorang CS memiliki tugas untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan layanan ataupun tentang produk. Sebagai contoh, informasi terkait dengan promo ataupun program yang sedang berlangsung.

Fungsi adanya seorang CS adalah agar supaya konsumen menjadi lebih paham terkait dengan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan tidak akan bingung atau terjadi kesalahpahaman saat menggunakan produk.

4. Menangani keluhan dan memberikan solusi

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!ilustrasi customer service (pexels.com/Ron Lach)

Jika ada pelanggan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan dan menyampaikan keluhan, CS harus menanggapi dengan ramah. Meski pelanggan menyampaikannya dengan bertele-tele atau dengan nada tinggi bahkan kata-kata kasar, seorang CS harus tetap tenang.

Seorang CS tidak boleh menunjukkan rasa emosinya di hadapan seorang pelanggan. Hal itu dikarenakan tugas seorang CS adalah menerima aduan, keluhan, serta membereskan permasalahan.

5. Mencatat, merekam dan memperkenalkan produk

5 Tugas Customer Service Operator Seluler, Catat ya!orang berdiskusi (Freepik.com/pressmaster)

Customer service harus mencatat setiap informasi dan merekam segala proses interaksi dengan pelanggan. Memperkenalkan produk juga menjadi kewajiban dari CS operator seluler. Memperkenalkan produk yang dimiliki, membuat pelanggan akan lebih mengetahui apa saja produk yang ada pada operator seluler.

Baca Juga: 5 Perusahaan Buka Lowongan Kerja Posisi Customer Service, Siapkan CV!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Rendra Saputra
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya