Comscore Tracker

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!

Baca ini supaya kamu dapat pengetahuan baru dalam marketing

Pada zaman sekarang, marketing bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Pengusaha berskala kecil atau rumahan yang ingin memasarkan atau mengiklankan produknya, tidak perlu repot-repot untuk merogoh saku lebih dalam. Di era digital dan media sosial, semua bisa mengiklankan produk secara terjangkau bahkan gratis.

Salah satu media promosi yang efektif dan bisa dicoba adalah video marketing. Ini merupakan suatu metode pemasaran bisnis yang menggunakan konten video. Video marketing menjadi strategi pemasaran yang paling efektif untuk memikat calon pelanggan menggunakan atau membeli produk yang kamu buat.

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran bisnis terbaik bagi brand di zaman yang sudah serba digital. Konten video marketing sudah terkonsep sejak awal sehingga hasilnya bisa sesuai dengan target market. Video mampu menampilkan gambar dan audio secara bersamaan sehingga mudah dimengerti oleh audiens sekaligus mampu mengubah audiens menjadi pelanggan.

Berikut ini adalah cara membuat video marketing yang efektif yang sudah IDN Times rangkum.

1. Evaluasi konten yang kamu butuhkan

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!Freepik.com/pressmaster

Sebelum membuat video marketing, kamu perlu melakukan evaluasi konten terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya video yang kamu buat relevan dengan bisnis kamu dan lebih ter target. Dalam mengevaluasi konten, ada dua tahap yang harus kamu lakukan.

  • Pertama, Tentukan jenis konten yang sesuai dengan bisnis mu. Dalam menentukan sebuah jenis konten yang akan kamu buat, kamu harus memperhatikan nilai dari konten yang akan kamu berikan kepada audiens.
  • Kedua, Cari tahu tentang target bisnis kamu. Dengan mengetahui target bisnis yang cocok, maka kamu akan lebih mudah untuk membuat konten video marketing yang pas.

Baca Juga: 12 Strategi Marketing di YouTube, Bikin Bisnis Kamu semakin Lancar

2. Buat rancangan video

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!Perekaman video pada seri Iphone 13 dirumorkan akan mendapatkan upgrade berupa portrait video (techadvisor.com)

Setelah menentukan jenis konten apa yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat rancangan video. Membuat rancangan video memiliki tujuan agar video konten yang akan dibuat menjadi lebih maksimal

Untuk membuat rancangan video, kamu memerlukan storyboard dan script. Storyboard yaitu adalah rancangan gambar-gambar thumbnail yang menggambarkan isi video kamu. Sedangkan script, adalah naskah yang berisi tulisan mengenai isi apa yang akan kamu sampaikan. 

Baca Juga: 15 Tools WhatsApp Marketing untuk Bantu Tingkatkan Bisnismu 

3. Rekam dan sunting video

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!unsplash.com/cowomen

Agar proses rekaman berjalan dengan lancar dan menghasilkan video berkualitas, ada beberapa perangkat yang kamu butuhkan, seperti kamera, mic, dan stand kamera.

Setelah melakukan rekaman video, sunting video tersebut agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk mempermudah dalam pembuatan video seperti Adobe Premier Pro, Filmora, dan masih banyak lagi

Baca Juga: 12 Jenis Usaha Berdasarkan Shio, yang Mau Berbisnis Wajib Simak!

4. Lakukan SEO video

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!ilustrasi editing video (clideo.com/Sofya Lepekhina)

SEO video sangat penting agar video kamu dapat dilihat oleh banyak orang melalui website, YouTube, dan media sosial lainnya. Percuma juga jika video kamu sudah membuat video yang bagus namun tidak diketahui oleh para orang.

Oleh karena itu SEO video sangat perlu untuk dilakukan. Untuk melakukan SEO video kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut

  • Buat nama file video sebelum diunggah.

Pastikan kamu membuat video sesuai dengan kata kunci akan dicari oleh banyak orang, selain itu kamu juga perlu mengubah format video kamu menjadi ‘MP4’.

  • Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat.

Video keyword adalah salah satu kunci yang tidak hanya dicari melalui YouTube, namun juga, muncul dalam mesin pencarian seperti Google. Cari keyword yang berhubungan dengan channel YouTube kamu, lalu coba cari di Google. Jika ada video yang muncul pada laman pertama pencarian Google berarti keyword tersebut sangat berguna untuk kamu gunakan

  • Tentukan judul video

Judul video akan membuat orang yang akan mencari video tersebut dan akan mencari tahu. Untuk mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencarian maka judul video yang kamu buat harus sesuai dengan isinya.

  • Buat closed caption

Closed caption adalah berupa teks deskripsi yang menjelaskan isi dari video kamu. Closed caption juga membantu penonton dalam memahami isi dari video

5. Pilih tempat pemasaran video yang tepat

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!pixabay.com/sanuas

Langkah selanjutnya adalah menentukan tempat untuk upload video yang pas. Kamu bisa memilih, YouTube, Instagram, Website, Facebook, dan lainnya. Gunakanlah platfrom yang cocok agar video marketing kamu dapat dilihat oleh banyak orang dan bekerja maksimal.

Salah satu hal yang penting adalah dalam memasarkan video marketing kamu adalah menentukan platform yang pas dan sering dikunjungi oleh target pelanggan bisnismu.

Pemasaran video akan semakin baik jika ditunjang dengan iklan berbayar, di YouTube maupun Facebook. Sebab dengan mengiklankannya, video kamu maka akan semakin mudah menjangkau audiens lebih banyak.

6. Buat singkat dan sederhana

6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!Ilustrasi orang-orang sedang berdiskusi. (pexels.com/fauxels)

Sesuatu yang bertele-tele sangatlah menyebalkan bukan? Sebagai content-creator, kamu harus mengetahui perilaku penonton. Penonton memiliki masa perhatian yang singkat. Jadi, Sebaiknya anda membuat konten video marketing yang singkat dan semenarik mungkin.

Itulah enam tips membuat video marketing. Semoga bisa membantu memasarkan produk usaha kamu agar bisa dilihat orang banyak. Jangan lupa untuk membuat video semenarik mungkin, agar orang banyak tertarik membeli atau menggunakan produk kamu.

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya