Comscore Tracker

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!

Baca ini supaya kamu tahu cara terbaik melayani konsumenmu

Sebagai seorang yang bergelut dalam dunia bisnis dan langsung melayani konsumen, selain memberikan pelayanan yang terbaik kamu juga harus tahu tipe-tipe konsumen. Hal ini akan berhubungan dengan koneksi jangka panjang dengan konsumen termasuk akan melakukan transaksi atau tidak.

Tipe-tipe konsumen semakin hari semakin bervariasi dengan menjamurnya berbagai jenis platform belanja maupun jasa yang tersedia. Supaya tidak salah melayani mereka, cek tipe yang paling banyak muncul di dunia bisnis.

Berikut ini adalah tipe-tipe konsumen yang harus kamu ketahui dalam dunia bisnis.

Baca Juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen, yuk Pelajari!

1. Tipe konsumen baru

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!Pengunjung menenteng tas belanja saat mengunjungi Mall Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (1/7/2020) (ANTARA FOTO/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Tipe konsumen ini baru pertama kali mencoba pelayanan di tempat kamu. Tipe ini akan sangat penasaran dengan produk-produk yang kamu sediakan. Maklum saja, mereka belum paham tentang produk yang kamu tawarkan dan seperti apa pelayanan bisnis kamu.

Maka dari itu untuk melayani konsumen tipe ini kamu perlu memberikan informasi sedetail mungkin tentang bisnismu. Mereka juga akan mencari produk dan layanan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Kemudian, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi konsumen yang setia di masa depan.

2. Tipe konsumen hemat

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!Ilustrasi orang belanja (boundless.co.uk)

Orang yang suka berhemat akan menghitung dengan detail apa yang mereka beli. Mulai dari harga, ukuran, hingga manfaat apa yang didapat jika membeli produk tersebut. Tipe ini tidak bisa kamu hindari karena pada dasarnya orang akan mencari pilihan terhemat.

Kamu harus mempersiapkan hitung-hitungan dan juga wawasan dari produk apa yang mereka beli. Ini penting agar bisa menjelaskan secara maksimal semua seluk beluk tentang produk terutama manfaatnya.

Baca Juga: OJK Siapkan Sanksi bagi Pelanggar Aturan Perlindungan Konsumen

3. Tipe konsumen observer

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!potret dua tipikal manusia (reddit.com/user/regan9109)

Tipe konsumen yang seperti ini mereka akan tak banyak bicara dalam memilih suatu produk. Mereka tidak akan melakukan banyak komunikasi, namun mereka akan memperhatikan dengan detail produk-produk yang akan mereka beli sesuai dengan kebutuhan.

Tipe yang satu ini, sebenarnya akan sangat menguntungkan sebagai orang yang tertutup dan tidak mudah mempercayai orang baru. Namun ketika mereka sudah tahu, mereka akan menjadi konsumen yang loyal dan setia pada produk tersebut.

Baca Juga: 6 Tipe Orang yang Suka Menunda Pekerjaan, Kamu Tipe Mana?

4. Tipe konsumen cerewet

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!Ilustrasi berbelanja. (pixabay.com/borevina)

Tipe ini akan sangat bertolak belakang dengan karakter konsumen yang tidak banyak bicara. Mereka akan lebih banyak mendominasi pembicaraan bahkan ketika kamu baru bertemu dengan mereka.

Pembicaraan tidak hanya sebatas topik mengenai produk, bisa saja mereka akan bercerita tentang berbagai hal. Maka dari itu dibutuhkan kesabaran dan trik khusus dalam menanggapi konsumen jenis ini.

Pada intinya konsumen tipe ini sangat suka didengarkan dan mendapat informasi sedetail mungkin. Ketika mereka merasa puas dengan pelayanan, mereka tidak akan segan melakukan transaksi dengan jumlah yang banyak.

5. Tipe konsumen arogan

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!orang arogan (pixabay.com/SamWilliamsPhoto)

Tipe konsumen jenis ini mereka akan selalu merasa paling banyak tahu tentang banyak hal. Sehingga, ketika mereka adu argumen dengan orang lain, mereka akan memposisikan diri sebagai orang yang tidak mau mengalah.

Bahkan ketika ingin membeli suatu produk, mereka akan cenderung merasa produk yang mereka pilih adalah yang terbaik. Tanpa harus bertanya terlebih dahulu kepada pelayan atau customer service. 

Meski demikian, jangan lupa untuk tetap memberikan informasi lengkap sejalas-jelasnya. Ini untuk menghindari ada kesalahpahaman di kemudian hari pascatransaksi.

6. Tipe konsumen pembanding

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!Ilustrasi menimbang-nimbang pilihan (https://www.pexels.com/Vanessa Garcia)

Menghadapi konsumen dengan tipe ini membutuhkan wawasan yang luas, tidak hanya dengan produk yang kamu miliki namun juga produk dari kompetitor. Konsumen tipe ini memiliki kepandaian dengan membandingkan dua produk sejenis dengan produsen yang berbeda.

Kalau kamu tidak paham dengan keunggulan produk sendiri, bisa-bisa kamu akan menghancurkan kesempatan untuk melakukan promosi produk. Sebab, untuk tipe konsumen seperti ini, kamu tidak punya celah membanggakan produk sendiri tanpa ada pembanding dengan produk lain.

7. Konsumen tipe sombong

7 Tipe Konsumen yang Wajib Pebisnis Tahu, Beda Cara Pendekatannya lho!ilustrasi sombong (freepik.com/8photo)

Kalau kamu bertemu dengan konsumen tipe ini akan banyak drama yang terjadi dan mereka akan merasa selalu paling benar. Biasanya konsumen tipe ini sudah terlihat dari cara bicara dan bagaimana mereka membanggakan diri sendiri.

Lagi-lagi, kesabaran kamu akan diuji untuk menghadapi tipe konsumen seperti ini. Usahakan mereka tetap mencoba produkmu dan merasakan kualitasnya.

Itulah beberapa tipe pelanggan yang akan kamu temui dalam menjalankan suatu bisnis. Oleh karena itu kamu perlu melakukan riset dan juga mempelajari setiap tipe pelanggan yang datang. Semoga artikel ini dapat membantu.

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya