Comscore Tracker

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom, Mana Lebih Efisien?

Jangan tertukar lagi, nih!

Iklan merupakan salah satu media yang bisa digunakan oleh perusahaan guna melakukan promosi terhadap produknya. Sehingga produk bisa lebih di lirik dan diminati oleh konsumen. Secara umum, iklan memiliki dua jenis, yakni iklan baris dan iklan kolom.

Iklan baris dan iklan kolom adalah jenis iklan yang lumrah ditemui di dalam majalah, koran, tabloid, dan lain sebagainya. Iklan baris dan iklan kolom merupakan jenis iklan yang dikelompokkan berdasarkan ruang iklan.

Keduanya juga memiliki tujuan yang sama yakni untuk menarik perhatian dari konsumen. Iklan baris merupakan jenis iklan yang cenderung memuat sangat sedikit kata ataupun kalimat. Atau bisa dibilang hanya dua sampai tiga kalimat penting saja, tanpa disertai dengan ilustrasi gambar.

Sedangkan, iklan kolom merupakan jenis iklan yang berisikan kata ataupun kalimat persuasif yang juga didukung dengan ilustrasi gambar yang mewadahi.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membuat Tagline Iklan agar Produkmu Nempel di Ingatan

1. Pengertian iklan baris

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom, Mana Lebih Efisien?unsplash.com/ AbsolutVision

Iklan baris adalah jenis iklan yang berbentuk baris yang dimuat menggunakan kata-kata yang singkat, yang terdiri dari 3-6 baris saja. Iklan ini merupakan jenis yang tidak menggunakan gambar ilustrasi, melainkan berbentuk kata-kata yang singkat yang lebih mengutamakan inti dari informasi pesan iklan.

Iklan baris ada banyak sekali jenis, namun biasanya dikelompokkan berdasarkan sub-sub kategori tertentu. Seperti iklan penawaran, iklan penjualan, iklan permintaan, iklan lowongan kerja. Biaya pembuatan iklan ini cukup murah dibandingkan dengan iklan kolom. Hal ini dikarenakan jenis iklan ini memiliki ukuran yang kecil dan sangat sederhana, serta tidak membutuhkan desain grafis.

Untuk mengetahui iklan baris, berikut ini adalah ciri-ciri iklan baris:

  • Berupa baris dan memakai kata-kata singkat
  • Tampilan iklan berwarna hitam putih
  • Tidak menggunakan gambar ilustrasi
  • Terdiri dari 3 sampai 6 baris
  • Ukuran kolom kurang lebih 

Baca Juga: Google Blokir Media Rusia Menghasilkan Uang dari Iklan

2. Pengertian iklan kolom

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom, Mana Lebih Efisien?ilustrasi brosur iklan headphone berbentuk stetoskop (newsroom.bt.com)

Iklan kolom adalah iklan yang dimuat di dalam iklan kolom. Iklan ini hampir sama dengan iklan baris, tetapi umumnya terdiri dari teks dan gambar ilustrasi yang berguna untuk memperjelas dan menarik perhatian khalayak umum. Ciri-ciri iklan kolom paling utama adalah terdapat gambar dan display.

Ukuran iklan kolom lebih besar daripada iklan baris, bahkan bisa satu halaman penuh di dalam sebuah koran, majalah, dan lain-lain. Selain gambar terdapat kata-kata penjelasan dan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Biaya pemasangan iklan kolom berdasarkan milimeter kolom, semakin besar ukuran kolom maka akan semakin tinggi biaya pemasangannya.

Berikut ini adalah ciri-ciri iklan kolom:

  • Berisi informasi singkat dan foto/gambar ilustrasi
  • Ukurannya lebih besar dari pada iklan baris, bahkan ada yang satu halaman penuh
  • Berisi tentang promosi/penawaran barang dan jasa, pengumuman pribadi/keluarga, serta ajakan/himbauan mengenai suatu hal

Baca Juga: 5 Contoh Headline Iklan buat Promosi Bisnis, Coba Terapkan!

3. Perbedaan iklan kolom dan iklan baris

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom, Mana Lebih Efisien?images.app.goo.gl

Berdasarkan penjelasan diatas secara singkat inilah perbedaan-perbedaan kedua jenis iklan tersebut. Berikut perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang IDN Times rangkum.

1. Berdasarkan tampilan

Perbedaan yang pertama dari iklan baris dan kolom tersebut terlihat dari tampilan iklan yang disajikan. Iklan baris jarang atau tidak memuat gambar ilustrasi dalam pembuatannya.

Sedangkan iklan kolom selalu disajikan menggunakan gambar atau display yang menjadikannya terlihat lebih menarik. Hal ini tentu dapat mengundang bayak perhatian.

2. Berdasarkan ukuran

Perbedaan yang kedua antara iklan baris dan iklan kolom terlihat pada ukuran penyajiannya. Iklan baris memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan iklan kolom.

Iklan baris hanya berisi kata-kata singkat yang terdiri sekitar 3 sampai 6 baris saja. Sedangkan ukuran iklan kolom lebih besar, bahkan ada yang ukurannya mencapai satu lembar halaman penuh pada koran.

3. Berdasarkan biaya pemasangan

Perbedaan yang ketiga dapat dilihat dari biaya pemasangannya. Iklan baris memiliki biaya pemasangan yang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan kolom.

Biaya pemasangan iklan baris ditentukan berdasarkan jumlah baris yang digunakan. Sedangkan biaya pemasangan iklan kolom dihitungkan berdasarkan ukuran per milimeter kolom.

4. Berdasarkan ketertarikan pembaca

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom selanjutnya dapat dilihat dari segi ketertarikan pembaca. Pembaca lebih tertarik melihat iklan kolom yang ada gambarnya daripada melihat iklan baris yang hanya berbentuk tulisan.

Namun, banyak juga yang melihat iklan baris karena terdapat beberapa sub-sub kategori yang lebih leluasa untuk mencari apa yang diinginkan. Perbedaan yang keempat ini tergantung dari keinginana pembaca.

5. Berdasarkan desain

Berdasarkan dengan desain, desain dari iklan baris adalah didominasi oleh warna putih dan hitam. Pada iklan ini tentu saja kurang menarik perhatian pembaca. Sehingga iklan baris tidak terlalu menarik untuk dilihat.

Sedangkan desain dari iklan kolom ditambah dengan ilustrasi gambar, tidak jarang iklan kolom lebih ditampilkan secara berwarna. Hal itu membuat daya tarik dari iklan kolom memiliki lebih daya tarik tertentu bagi para pembaca.

Begitulah perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom. Semoga kamu bisa lebih memahaminya, ya!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Rizna Hidayah
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya