Comscore Tracker

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa Itu Advis Debit?

Advis debit adalah pemberitahuan pihak bank kepada nasabah mengenai pengurangan jumlah saldo yang terjadi di rekening nasabah.

Dalam kamus besar bahasa indonesia. Advis debit merupakan surat pemberitahuan bank mengenai adanya pengurangan dana pada rekening nasabah beserta penyebabnya.

Penjelasan Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan ContohnyaUnsplash.com/Rupixen.com

Advis debit merupakan bagian dari advis yaitu pemberitahuan pihak bank kepada nasabah tentang transaksi - transaksi yang telah terjadi pada rekening nasabah. Advis debit terdiri dari dua kata advis dan debit. Debit memiliki makna pengurangan jumlah saldo pada buku rekening nasabah.

Sehingga dapat diartikan, advis debit adalah pemberitahuan pihak bank kepada nasabah tentang pengurangan jumlah saldo pada buku rekening, berupa surat pemberitahuan.

Baca Juga: Apa Benar Semua Kartu Debit Sama Saja? Coba Cek 11 Hal Ini

Konsep Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan ContohnyaGoogle

Konsep debit dan kredit merupakan inti dari perbankan modern. Hal ini membantu perbankan menjalankan bisnis mereka lebih efisien, dan memastikan bahwa rekening nasabah mencerminkan saldo yang akurat.

Tingkat akurasi advis debit membantu perbankan mempertahankan nasabah dan meningkatkan reputasi dan nama baik di pasar. Selalu ada hubungannya antara “advis debit” dan “advis kredit” karen pemberitahuan debit di satu rekening nasabah mewakili catatan kredit di rekening nasabah lain.

Baca Juga: Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Ini

Perbedaan Advis Debit Dan Advis Kredit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan ContohnyaQuiken.com

Perbedaan adalah mengenai isi pemberitahuan dari pihak bank yang diberikan kepada nasabah bank. Advis debit adalah pemberitahuan isi saldo nasabah bank yang berkurang.

Sedangkan advis kredit merupakan pemberitahuan dari pihak bank kepada nasabah tentang saldo rekening nasabah yang bertambah.

Baca Juga: Ini Perbandingan Biaya Transaksi Kartu Debit BRI di ATM

Perangkat yang Digunakan Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyawww.nontunai.com

Bank mengandalkan teknologi dan software atau pemrograman khusus untuk memastikan para karyawan mereka mencatat debit dan kredit yang akurat untuk nantinya dibuatkan advis debit atau advis kredit.

Perangkat lunak atau pemrograman khusus ini menghubungkan manajemen bank dengan pelanggan, melalui operasional sistem yang berbasis data dan aplikasi sistem operasi.

Perangkat-perangkat tersebut seperti komputer mainframe, software perbankan, software analisis keuangan, software administrasi perbankan dan software ajudikasi kredit.

Penerapan Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyailustrasi kartu kredit dan debit (Unsplash/Stephen Phillips-Hostreviews.co.uk)

Sejalan dengan kemajuan internet advis debit dapat dilakukan dengan cara real-time atau saat itu juga melalui advis elektronik. Salah satu penerapan yang biasanya dilakukan adalah nasabah dapat meminta pihak bank untuk memberitahu tagihan bulanan yang nantinya akan dipotong otomatis.

Setelah pemotongan otomatis tersebut, advis debit akan muncul sesuai transaksi yang telah terjadi. Perkembangan dalam dunia perbankan ini tentunya semakin mempermudah untuk segera mendapatkan advis.

Fungsi Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyawww.ayobandung.com
  • Advis Debit digunakan untuk memberitahu nasabah bank tentang penarikan rekening dengan lembaga keuangan.
  • Sebuah Advis Debit menginformasikan pelanggan tentang transaksi debet terhadap rekening, termasuk rincian tanggal, jumlah, biaya, dll.
  • Advis Debit juga berisi informasi yang memungkinkan rekonsiliasi otomatis pengiriman yang dikirim perintah pembayaran.
  • Advis Debit Ganda memungkinkan untuk memberikan informasi tentang beberapa
    debet tersebut transaksi dalam pesan yang sama.

Contoh Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyatechnokrata.hu

Contoh umum dari advis debit adalah laporan bulanan yang tercetak dan mencantumkan semua transaksi selama satu bulan tersebut. Jika advis debit dilakukan secara online kamu dapat melihat laporan transaksi untuk periode khusus.

Contoh lainnya adalah saat kamu melakukan pembayaran telepon melalui sistem perbankan kamu akan mendapatkan teks pesan dari pihak bank mengenai informasi tentang transaksi tersebut yang telah berhasil dilakukan.

Cara Kerja Advis Debit Pada Transaksi Bisnis

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyacatatanmini.com

Advis debit dalam bertransaksi bisnis dapat dijelaskan dengan dokumen yang mengacu pada penggunaan, fungsi, struktur, implementasi, dan sistem pembayaran. Akan tetapi hal tersebut tidak menggambarkan advis debit digunakan dalam transaksi debit langsung. Cara kerja advis debit pada transaksi bisnis sebagai berikut :

● Nasabah melakukan pesanan pembayaran

● Nasabah bank mengirimkan perintah pembayaran ke bank

● Bank memproses pembayaran pemesanan dan melakukan advis debit untuk nasabah

● Advis debit diberikan kepada nasabah untuk mengkonfirmasi mengenai transaksi yang sudah terjadi

Informasi di Advis Debit

Advis Debit: Pengertian, Jenis dan Contohnyapexels.com/Erick Mclan

Beberapa advis debit mencakup satu atau lebih transaksi debit, yang masing-masing mencakup satu atau lebih pesanan individu. Advis Debit dapat mencakup informasi mengenai :

• Rekening debet dan pemegang rekening

• Jumlah dan tanggal transaksi yang diposting

• Tipe transaksi

• Total biaya

Transaksi debit adalah hasil dari satu atau lebih pesanan individu (pembayaran individu). Pesanan Perorangan dapat mencakup informasi tentang :

• Jumlah, tanggal dan mata uang

• Rekening kredit dan/atau rekening yang melayani lembaga keuangan

• Penerima, penerima pembayaran (pemegang rekening kredit), pelanggan pemesanan, pembayar (debit pemilik akun)

Penutup

Setelah kamu membaca artikel ini secara lengkap tanpa terlewat kini kamu jauh lebih memahami lagi apa itu advis debit. Walaupun terlihat sangat sederhana ternyata advis debit merupakan kebutuhan dan kewajiban vital pada transaksi bank.

Tanpa adanya advis debit maka nasabah akan kesulitan mengetahui berapa saldo akhir yang mereka punya. Jika advis debit tidak diterbitkan oleh pihak bank maka akan mengurangi standarisasi dari lembaga bank itu sendiri.

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya