Comscore Tracker

Batas Atas: Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Batas Atas?

Setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit selalu ada limit yang diterapkan. Pemegang kartu kredit seperti Visa atau MasterCard tidak bisa dengan leluasa membeli barang yang melebihi harga dari batas ini.

Kemudahan dalam penggunaan kartu kredit membuat banyak orang terkadang tidak menggunakannya dengan bijak. Bahkan sering kali malah terjerat utang, hingga sulit membayarkannya. Karena itu, kamu perlu tahu apa itu batas atas, dan juga bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Baca Juga: 9 Jenis Kartu Kredit Mandiri, Jangan Salah Pilih!

1. Pengertian batas atas

Batas Atas: Pengertian dan Fungsinya

Batas atas dalam hal kaitannya dengan penggunaan kartu kredit ini merupakan jumlah yang ditetapkan dalam satu transaksi. Batas atas ini akan membatasi pengeluaran dalam transaksi di menggunakan kartu kredit.

Jaringan kartu kredit seperti Visa atau MasterCard membatasi transaksi ini di outlet atau cabang merchant. Transaksi yang melebihi batas akan membutuhkan otorisasi lebih lanjut oleh penyedia layanan kartu kredit tersebut.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kartu Kredit Bank Permata, Apa Saja Ya? 

2. Fungsi batas atas

Batas Atas: Pengertian dan FungsinyaPexels.com/andreapiacquadio

Penggunaan kartu kredit dalam transaksi pembelian memang sangat efektif. Kemudahan yang ditawarkan seringkali membuat pengguna tidak memperhatikan jumlah yang dikeluarkannya dalam perbelanjaan tersebut. Adanya batas atas dalam kartu kartu kredit ini akan melindungi pengguna atau konsumen itu sendiri. Sehingga tidak terjadi over limit pada kartu kredit yang digunakan.

Penggunaan dana yang besar pada penggunaan kartu kredit itu sendiri dibebankan bunga yang cukup tinggi. Semakin jumlah pengeluaran, maka semakin besar nilai yang harus dibayarkan dari perhitungan bunga tersebut. Kartu kredit sendiri tidak disertai agunan dalam pinjamannya. Karena itulah suku bunga yang dibebankan terhadap kartu kredit sangat tinggi.

Dengan adanya batas ini pihak peminjam juga akan merasa aman. Bahwa beban yang ditanggung dalam membayarkan hutangnya tidak terlalu besar. Peminjam bisa membayarkan pinjamannya dengan aman dan membuat laporan kredit yang diterimanya akan aman. Sehingga di masa depan jika ingin melakukan pinjaman akan lebih aman dan bisa dengan mudah melakukan pinjaman tersebut.

Baca Juga: BI Perpanjang Penurunan Denda Kartu Kredit hingga 30 Juni 2022

3. Cara bijak menggunakan kartu kredit

Batas Atas: Pengertian dan FungsinyaIlustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Penggunaan kartu kredit yang sangat mudah, apalagi terdapat banyak promo yang diberikan membuat banyak orang terlena. Karena itu, harusnya penggunaan kartu kredit ini dilakukan dengan bijak. Nah, bagaimana cara bijak penggunaan kartu kredit ini?

  • Jangan gunakan kartu kredit untuk semua transaksi.
    Penggunaan kartu kredit yang terlalu sering pastinya akan sangat membebani pengeluaran. Akan sangat lebih bijak jika kamu membayar kebutuhan dengan cash, daripada harus menggunakan kartu ini. Barang yang mampu dibayar secara langsung, akan lebih baik tidak menggunakan kartu kredit. Sehingga beban bunga yang akan diterima tidak akan semakin besar.
  • Disiplin dalam pembayaran cicilan.
    Kedisiplinan dalam membayar hutang di kartu kredit akan membuat kamu terasa lebih ringan. Bayangkan saja, jika pembayaran kartu kredit selalu ditunda, maka akan secara berangsur-angsur membuat hutang terus menumpuk.
  • Bayar hutang kartu kredit secara penuh setiap bulan.
    Tanggung jawab dalam pembayaran hutang kartu kredit setiap bulannya akan menghindari adanya bunga yang terus meningkat. Dengan begitu hutang kamu di kartu kredit juga tidak akan terlalu besar.
  • Jangan sampai terjebak dengan hutang.
    Bahaya terjebak hutang bisa mengacaukan kondisi perekonomian. Ketahui apakah ada yang tidak berjalan dengan baik dengan kartu yang kamu miliki. Tanda-tanda yang tidak baik tersebut berupa kemampuan bayar hutang kamu semakin menurun setiap bulannya. Harus dilakukan evaluasi apakah kondisi tersebut disebabkan karena sistem kartu kredit, atau memang belanja yang tidak terkontrol.
  • Jangan menarik uang dengan kartu kredit.
    Fungsi dari kartu kredit adalah untuk berbelanja, bukan untuk menarik uang. Jika kamu memang ingin menarik uang, ambillah dari rekening sendiri. Karena penarikan uang melalui kartu kredit tentunya memiliki beban yang disertai dengan bunga. Berbeda dengan ketika menarik dari rekening tabungan, yang tidak ada beban sama sekali.
  • Jangan sekali-kali meminjamkan kartu kredit.
    Penggunaan kartu kredit yang sangat mudah akan membuat setiap orang terlena. Begitu juga ketika kamu meminjam kartu kredit, akan terjadi banyak resiko. Mulai dari tidak terkontrolnya belanja, hingga adanya bentuk tindakan yang tidak bertanggung jawab dari orang lain.
  • Pahami persyaratan kartu kredit.
    Banyak fitur yang diberikan oleh penyedia kartu kredit. Manfaatkan fitur yang memberikan keuntungan, seperti adanya cashback, diskon, dan lain sebagainya.
  • Jangan membuat kartu kredit dengan jumlah yang banyak.
    Kartu kredit berisi pinjaman yang bisa digunakan untuk berbelanja. Sebagian besar mungkin berpikir akan mendapatkan banyak ketika memiliki banyak kartu kredit, padahal sebenarnya malah akan memberikan banyak beban. 

Karena itu, miliki kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kamu bisa memanajemen pengeluaran dengan lebih baik.

4. Penutup

Itulah apa itu batas atas dari penggunaan kartu kredit. Penggunaan kredit secara bijak akan membuat rasa aman, namun jika sebaliknya malah akan membuat terlilit hutang. Jadi gunakanlah kartu kredit dengan mengetahui berbagai hal terkait dengannya.

Topic:

  • Kiki Amalia

Berita Terkini Lainnya