Comscore Tracker

Akun Kompensasi: Pengertian, Jenis dan Contohnya 

Apa itu akun kompensasi?

Istilah akun kompensasi mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Untuk memahami artinya, pertama-tama kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu kompensasi? 

Definisi kompensasi

Kompensasi adalah nilai yang harus ditahan dan disimpan di rekening pinjaman. Jumlah harga yang disimpan melalui proses kesepakatan antara kedua belah pihak, peminjam dan yang meminjamkan dana.

Persyaratan terjadinya keseimbangan kompensasi yang biasa terjadi pada pinjaman korporasi dibanding pinjaman perseorangan. Ketika melakukan pinjaman, si peminjam tidak dapat memakai uang yang telah disepakati untuk disimpan di rekening tersebut, melainkan harus diungkapkan dalam catatan pinjaman yang terlampir pada laporan keuangan.

1. Akun kompensasi

Akun Kompensasi: Pengertian, Jenis dan Contohnya Pexels/bruce mars

Akun kompensasi merupakan rekening bank dengan saldo minimum yang disepakati akan dipertahankan oleh peminjam agar dapat dipantau oleh pemberi pinjaman. Tujuan dari saldo ini adalah untuk memangkas biaya pinjaman untuk si pemberi pinjaman, karena pemberi pinjaman dapat menginvestasikan uang tunai di rekening bank akun kompensasi dan menyimpan seluruh atau sebagian hasil.

Akun kompensasi diwajibkan secara terpisah dengan saldo kas pada saat dilaporkan pada laporan keuangan peminjam. Akun kompensasi biasanya dilaporkan sebagai laporan keuangan sebagai kas terbatas, dimana uang yang dimiliki perusahaan untuk tujuan tertentu dan tidak bersedia menggunakan langsung atau untuk bisnis umum.

2. Contoh akun kompensasi

Sebuah perusahan D memiliki pinjaman dana sebanyak Rp10 miliar di suatu jenis bank tertentu. Di dalam surat perjanjian pinjaman, dinyatakan bahwa perusahaan tersebut akan mempertahankan saldo kompensasi (compensating balance) dalam rekening minimal Rp1,2 miliar. Ketika perjanjian disepakati, pinjaman sebenarnya adalah Rp8,8 miliar.

Contoh lainnya, misal sebuah restoran membutuhkan dana pinjaman sebesar Rp1 miliar untuk mengelola aliran kas operasional restoran setiap bulan.

Kemudian pihak restoran dan bank akan membuat kesepakatan dalam surat perjanjian pinjaman bahwa restoran tersebut wajib menyetorkan dana sebesar Rp300 juta sebagai saldo kompensasi atau compensating balance. Sehingga restoran hanya memperoleh pinjaman senilai Rp700 juta.

Pihak bank kemudian meminjam saldo kompensasi (compensating balance) restoran kepada peminjam lain untuk mengambil untung dari selisih antara bunga yang didapatkan dan tingkat bunga yang lebih rendah yang dibayarkan oleh restoran.

3. Cara kerja saldo kompensasi (compensating balance)

Akun Kompensasi: Pengertian, Jenis dan Contohnya unsplash.com

Bagaimana saldo pada akun kompensasi atau compensating balance dapat bekerja?

Berikut penjelasannya mengenai saldo kompensasi. Sebuah perusahaan yang melakukan pinjaman kepada pihak peminjam sepakat untuk memiliki saldo kompensasi (compensating balance) dan berjanji kepada bank untuk mempertahankan saldo minimum yang telah disetujui kedua belah pihak dalam akun kompensasi.

Bank bebas memakai saldo kompensasi (compensating balance) tersebut dalam pinjaman yang diberikan kepada peminjam lainnya. Saldo kompensasi (compensating balance) secara umum biasanya berupa persentase dari total pinjaman.

Dana atau saldo tersebut disimpan dalam akun simpanan seperti tabungan atau rekening giro, sertifikat deposito, atau rekening penyimpanan lainnya. Bagi perusahaan yang melakukan pinjaman, saldo pada akun kompensasi merupakan berkas campuran.

Pinjaman tersebut biasanya memiliki bunga dengan tingkat yang lebih rendah, tapi peminjam wajib membayar bunga dari jumlah pinjaman secara penuh termasuk saldo yang kemungkinan tidak dibelanjakan.

Pemohon berupa perusahaan dengan peringkat kredit yang buruk ketika melakukan pinjaman dengan saldo kompensasi (compensating balance), mungkin dikenakan bunga yang lebih tinggi atau bahkan ditolak untuk melakukan pinjaman. Saldo kompensasi (compensating balance) akan mengurangi risiko pemberi pinjaman dengan melakukan pemulihan sebagian pinjaman apabila terjadi gagal bayar.

Baca Juga: Jokowi Serahkan Kompensasi Rp39,2 Miliar kepada Korban Terorisme

4. Aturan tentang saldo kompensasi dalam dunia akuntansi

Akun Kompensasi: Pengertian, Jenis dan Contohnya Ilustrasi akuntansi (Pixabay.com/200degrees)

Aturan untuk laporan keuangan dalam akuntansi mensyaratkan bahwa saldo kompensasi (compensating balance) untuk dilaporkan secara terpisah dari saldo kas dalam laporan keuangannya.

Saldo kompensasi (compensating balance) biasanya dilaporkan di dalam laporan keuangan sebagai kas terbatas akau kas yang dibatasi penggunaannya. Kas terbatas ini merupakan dana yang dialokasikan untuk tujuan tertentu dan tidak digunakan untuk kepentingan bisnis langsung atau umum.

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Timses Jokowi Jadi Komisaris, Pengamat: Kompensasi

Demikianlah pengertian serta contoh akun kompensasi. Dari artikel ini dapat ditarik kesimpulan bahwa akun kompensasi adalah rekening yang berisi saldo yang ditahan dalam akun kompensasi peminjam.

Saldo tersebut sudah disepakati oleh kedua belah pihak peminjam dan pemberi pinjaman melalui surat perjanjian pinjaman. Pihak bank atau peminjam memiliki kewenangan secara bebas terhadap saldo kompensasi atau compensating balance untuk dipinjamkan kembali kepada peminjam lainnya.

Baca Juga: 3 Jenis Kompensasi, Imbalan yang Diterima Karyawan

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya