Comscore Tracker

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu Tiru

Kamu akan kaya dengan menabung

Kakeibo merupakan seni mengatur uang dalam rumah tangga yang berasal dari Jepang. Mereka sudah mempraktikkannya  semenjak tahun 1904, setelah seorang jurnalis wanita bernama Hani Matoko mengenalkannya kepada ibu-ibu rumah tangga. Mereka dengan cermat mencatat dan mengatur keuangan dalam keluarga sedemikian rupa supaya bisa berhemat.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Kakeibo agar lebih mudah diterapkan, yuk kamu simak apa saja yang unik darinya.

1. Tidak menggunakan aplikasi digital di smartphone dan komputer

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu TiruPexels/Jeshoots.com

Meskipun saat ini terdapat banyak aplikasi keuangan yang menawarkan banyak kemudahan serta fitur yang lengkap, Kakeibo menghindari hal digital semacam ini. Jadi kamu harus melakukannya secara manual hanya menggunakan buku dan pena. Kemudian mencatatnya dengan detail jenis pengeluaran pada bulan itu. Dengan tanpa bantuan aplikasi maka pikiran kamu langsung bisa menganalisis tujuan, budget dan bagaimana cara meraihnya saat ketika sedang menuliskannya. Sehingga proses ini dipercaya bisa membuat ingatan kamu menjadi lebih baik.

2. Sangat cocok untuk orang yang menggunakan uang tunai

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu TiruPexels/ Artem Beliaikin

Memang zaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan pembayaran cashless dari penyedia dompet digital. Karena mereka mendapatkan diskon menarik dari setiap transaksi yang mereka lakukan. Namun, dengan cara praktis ini seseorang akan sangat mudah untuk mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya, karena tergiur dengan iming-iming berbagai macam reward.

Berbeda jika kamu masih menggunakan uang tunai. Kamu akan terbebas dengan godaan-godaan semacam itu. Dengan uang fisik, kamu sangat mudah memisahkannya untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, uang kembalian itu punya peranan penting dalam penyimpanan uang.

Baca Juga: 5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal Bulan

3. Menggunakan sistem amplop untuk memilah pengeluaran dan tabungan

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu TiruPexels/Pixabay

Setelah kamu mendapatkan uang. Kamu harus membaginya ke berbagai kategori kebutuhan. Uang ini bisa kamu masukkan ke dalam amplop-amplop yang terpisah sesuai dengan tujuan pengeluarannya. Kamu bisa menuliskan penggunaannya di depan amplop. Jadi tidak akan bercampur dengan budget yang lain.

Misalkan biaya makan, survival, hiburan dan lain-lain. Setelah satu amplop habis, kamu tidak boleh membuka amplop yang lain untuk menambahkan kebutuhanmu. Dengan metode sederhana ini kamu tidak akan tergoda untuk menghabiskan uang yang bukan menjadi prioritasmu. Sederhana tapi sangat efektif untuk menahan pengeluaran yang tidak perlu.

4. Penghematan terbesar adalah makanan

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu TiruPexels/Andrea Piacquadio

Dengan makin menjamurnya café dan restoran yang apik menarik, maka hal itu juga dapat menggoda kamu untuk menghabiskan uang di sana hanya untuk sekadar makan dan minum yang sebenarnya bisa kamu lakukan di rumah. Sebenarnya, tidak akan terjadi apa-apa denganmu jika tidak mengunjunginya. Kamu juga tidak akan mati atau kehilangan tren. Kamu masih bisa makan kenyang dengan makanan yang lebih murah harganya.

5. Kamu harus merencanakan di awal bulan kemudian menganalisis pada akhir bulan

Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu TiruPexels/Bongkarn Thanyakij

Tujuan utama dari Kakeibo adalah berhemat sebanyak mungkin. Jadi setiap awal bulan ketika mendapatkan penghasilan, kamu harus menghitung uang sesungguhnya yang tersedia. Uang itu adalah sisa dari yang sudah kamu belanjakan untuk kebutuhan dasar seperti listrik, makan, internet, kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan uang sisa itu, kamu bisa merencanakan sebanyak apa uang yang ingin kamu simpan.

Pada akhir bulan kamu bisa menganalisis keuanganmu untuk melakukan evaluasi. Atau jika ini terlalu lama, kamu bisa memeriksanya setiap akhir pekan. Sehingga anggaran masih sesuai dengan rencana semula.

Itulah 5 hal menarik dari metode Kakeibo yang mudah kamu tiru dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kamu dapat menghemat uang lebih banyak tanpa harus mengorbankan kebutuhan yang lain. 

Baca Juga: 9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Layang Seta Photo Verified Writer Layang Seta

Saya seorang blogger yang mempunyai hobi jalan-jalan ke tempat yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Tidak menyukai pantai, daging dan semua hal yang berbau amis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya