Comscore Tracker

Dear Konsumen Setia, McD Sarinah Masih Ada Harapan Buka Kembali

McD Sarinah yang sudah tiga dekade, punya niat tetap sewa

Jakarta, IDN Times - Massa berkerumun di sekitar McDonald's atau McD Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat pada Minggu (10/5) malam. Itulah hari penutupan gerai McD pertama di Indonesia yang sudah beroperasi kurang lebih 30 tahun ini.

Masyarakat yang telah menjadi konsumen dan pengunjung setia McD Sarinah dikejutkan dengan kabar bahwa resto ini akan ditutup seiring renovasi total gedung Sarinah. Apalagi, sempat tersiar kabar penutupan ini bukan sementara karena Sarinah nantinya akan direnovasi dengan konsep yang baru.

Menanggapi reaksi publik tersebut, Direktur Utama Sarinah, Gusti Ngurah Putu Saputra Yasa mengatakan bahwa sebenarnya ada potensi bahwa McD Sarinah akan dibuka kembali.

“Kita tentu berbangga hati punya mitra seperti McD, kita juga tidak pungkiri mereka akan berminat lagi setelah kita renovasi, tentu kita akan buka peluang,” Kata dia melalui wawancara daring di media sosial MNCTRijaya, Senin (11/5).

1. Bukan kali pertama McD Sarinah tutup

Dear Konsumen Setia, McD Sarinah Masih Ada Harapan Buka KembaliSuasana McDonald's Sarinah jelang tutup (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Menurut dia, ini bukanlah kali pertama McD Sarinah memutuskan untuk menutup gerainya. Pada 2009, gerai makanan cepat saji ini juga pernah tutup dan kembali buka.

Dia menyebut, Sarinah dan McD memiliki hubungan baik yang dijalin panjang. Sebagai salah satu anchor tenant (penyewa utama), McD Sarinah sudah berdiri selama tiga dekade.

"Terkait dengan apa yang terjadi, yang ditampilkan oleh masyarakat, salah satu kenangan kita yakni McD, memang kita tahu McD adalah salah satu anchor tenant utama kita saat ini," katanya.

Baca Juga: McD Sarinah Ditutup Hari Ini, Erick Thohir Tak Ingin Sejarah Dilupakan

2. Renovasi Sarinah bagian dari strategi bisnis

Dear Konsumen Setia, McD Sarinah Masih Ada Harapan Buka KembaliMcDonald’s Sarinah Thamrin Jakarta resmi ditutup | mcdonalds.co.id

PT Sarinah berencana melakukan renovasi gedung untuk mengubah strategi bisnis. Renovasi yang dilakukan ini berdampak pada tenant-tenant yang ada di dalamnya, salah satunya adalah McD Sarinah yang menjadi gerai McD pertama di Indonesia.

“Ini kan dalam konteks kita akan melakukan tranformasi Sarinah," ujarnya. Dia mengatakan renovasi gedung salah satu perusahaan BUMN ini bertujuan mengembalikan kejayaan dan desain aslinya kembali, namun dengan menggunakan kemasan modern.

"Ke depan, kita berharap Sarinah itu betul-betul bisa jadi tempat berusaha, tempat berkumpul, orang mencari informasi, tempat orang belajar dan menjadikan trending location bagi perkumpulan Indonesia. Kurang lebih nanti tampilan Sarinah akan seperti itu," paparnya.

3. Renovasi Sarinah akan berkonsep Nusantara kekinian

Dear Konsumen Setia, McD Sarinah Masih Ada Harapan Buka Kembali(Publik berkumpul di depan McDonald Sarinah di Minggu malam) www.twitter.com/@ya_texmsh

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Ngurah menjelaskan, renovasi gedung Sarinah akan mengusung konsep Nusantara dan kekinian. Ia menyebut akan ada perpaduaan antara budaya Indonesia dengan teknologi.

"Karena ini bagaimana ke depan akan digital platform. Sarinah akan menjadi smart green building dan warna budaya bangsa secara eksterior dan interior dan local content harus muncul," papar Ngurah.

Renovasi ini ditargetkan dimulai pada Juni 2020 hingga paling lama 1,5 tahun ke depan. Biaya renovasi diperkirakan mencapai Rp700 miliar. "Anggaran lagi didetailkan dengan konsultan. Setelah Lebaran akan ada angka pasti," imbuh Ngurah.

Baca Juga: Ratusan Orang Berkumpul di Depan McD Sarinah saat Pandemik COVID-19

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya