Comscore Tracker

Ini Lima Lokasi Penjualan Daging Sapi Beku yang Disediakan Pemprov DKI

Daging sapi dijual sekitar Rp70.000 - Rp90.000 per kilogram

Jakarta, IDN Times - Kenaikan harga daging dan sapi hidup dari Australia turut berimbas pada kenaikan harga di Indonesia, khususnya JakartaPara pedagang daging se-Jabodetabek juga tengah melakukan aksi mogok berjualan sejak 20-22 Januari 2021

Menanggapi aksi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk mengantisipasi kebutuhan daging sapi dengan menyediakan stok daging sapi beku.

"Dinas KPKP berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC)/ Pasar Mitra Tani menyediakan stok daging sapi beku di lima tempat," kata Plt Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (21/1/2021).

1. Daging sapi beku dijual mulai dari Rp70.000 di lima lokasi ini

Ini Lima Lokasi Penjualan Daging Sapi Beku yang Disediakan Pemprov DKIANTARA FOTO/Rahmad

Baca Juga: Stok Daging Sapi Nasional Aman, Tapi Harganya Naik

Adapun lima tempat menyediakan stok daging sapi beku, yakni:

1. TTIC Pasar Minggu
2. TTIC Rawa Sari
3. TTIC Pangkalan Jati
4. TTIC Kalideres
5. TTIC Klender

Suharini mengatakan, masyarakat Jakarta yang memerlukan daging sapi dapat membelinya di lima TTIC di atas debgan harga jual daging sapi berkisar Rp70.000 - Rp90.000 per kilogram sesuai spesifikasi daging.

2. Daging sapi beku bisa dibeli secara online

Ini Lima Lokasi Penjualan Daging Sapi Beku yang Disediakan Pemprov DKIIlustrasi penjual daging sapi. IDN Times/Holy Kartika

Dia juga menjelaskan bahwa, selain penjualan langsung daging sapi beku di tempat, TTIC juga melayani penjualan online dalam rangka memudahkan masyarakat mendapatkan daging beku yang berkualitas dan terjangkau.

"Masyarakat dapat mengaksesnya di Pasar Mitra Tani Gofood pada aplikasi Gojek," ujarnya.

3. Kemendag tengah berkoordinasi dengan asosiasi pedagang

Ini Lima Lokasi Penjualan Daging Sapi Beku yang Disediakan Pemprov DKIANTARA FOTO/Arnas Padda

Dia juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya mencarikan solusi agar para pedagang daging di pasar tradisional mengakhiri aksi mogok berjualan.

Suharini menuturkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah mengadakan koordinasi dengan Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Provinsi DKI Jakarta.

"Pantauan petugas kami di pasar tradisional dan informasi dari Perumda Pasar Jaya hari ini dibeberapa pasar, pedagang daging sapi sudah ada yang berjualan. Namun daging yang dijual merupakan stok daging sebelum aksi mogok," ujarnya.

Baca Juga: Pedagang Sebut Naiknya Daging Sapi Gara-gara Masalah Impor

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya