Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalap

Sebentar lagi harbolnas 11.11

Harbolnas atau Hari Belanja Nasional merupakan event yang diadakan para platform atau penjual online untuk memberikan potongan harga, bonus, dan lain sebagainya kepada pelanggan. Event ini berlangsung pada tanggal-tanggal tertentu, seperti yang akan berlangsung pada awal November nanti, tepatnya tanggal 11 November 2021.

Biasanya, penjual akan memberikan potongan harga yang cukup besar kepada pelanggan dan bebas biaya kirim. Bahkan, sering juga mengadakan undian berhadiah besar atau bonus dengan minimal pembelian tertentu. Hal ini tentunya menarik para pelanggan untuk bersiap mendapatkan barang keinginannya dengan harga termurah. Siapapun pasti akan tertarik dengan event ini.

Eits...tunggu dulu, Kalian perlu memperhatikan hal ini sebelum Harbolnas tiba. Yuk, simak di bawah ini!

1. List kebutuhan yang ingin dibeli

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalapilustrasi membuat wishlist (pexels.com/Pixabay)

Potongan harga besar dan bonus memang menggiurkan siapa saja yang mendengarnya atau melihatnya. Terkadang hal ini membuat kita lupa akan kebutuhan apa yang diperlukan. Bahkan, lupa pada tujuan awal ingin membeli apa.

Untuk itu, kalian perlu menyiapkan list barang atau kebutuhan sebelum berbelanja. Dengan membuat checklist ini, kalian dapat lebih mengontrol kebutuhan apa yang diperlukan. Selain itu, ini juga dapat menghindari dari salah membeli barang, lho!

2. Membeli barang secukupnya

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalapilustrasi sedang berbelanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Untuk menghindari pemborosan uang, kalian perlu memperhatikan barang belanjaan yang diperlukan. Beli barang sesuai kebutuhan dan porsi kalian. Jangan terlalu banyak berbelanja yang bukan kebutuhan kalian. 

Dengan membeli barang atau keperluan secukupnya, dapat menghemat pengeluaran untuk kebutuhan yang lain. Selain itu, barang yang kalian beli tidak menjadi mubazir karena tidak terpakai atau tidak digunakan. 

3. Jangan tergoda dengan diskon besar

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalapilustrasi menentukan prioritas (pexels.com/Karolina Grabowska)

Diskon besar memang menggoda siapa saja yang melihatnya. Terkadang bisa membuat seseorang khilaf karena diskon yang menggiurkan tersebut. Biasanya juga si penjual atau toko akan memberikan diskon besar, tetapi dalam kuota yang terbatas. Siapa cepat dia dapat.

Jangan tergoda dulu dengan diskon besar! Bisa saja ini strategi marketing dari si penjual agar barang jualannya laris. Bisa jadi sebelumnya si penjual sudah menaikkan harga barang lalu diberi label diskon untuk menarik minat pembeli. Jadi, jatuhnya sama saja seperti membeli harga normal. Hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harbolnas Selalu Bisa Bikin Kalap, Valid!

4. Perhatikan budget yang dimiliki

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalapilustrasi menentukan budget (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jangan karena banyak diskon dan bonus, kalian jadi lupa dengan budget yang telah disiapkan. Sebelum berbelanja, pastikan budget yang kalian telah disiapkan berapa dan untuk apa saja. Hal ini penting karena dengan memperhatikan budget, kalian dapat mengontrol keuangan untuk keperluan apa saja.

Apabila kalian tidak memperhatikan budget sebelum berbelanja, dikhawatirkan akan terjadi pengeluaran yang cukup besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada keuangan kalian. Niat awal menyiapkan uang berapa, eh, ternyata habisnya lebih banyak dari yang telah disiapkan.

5. Kendalikan diri dan ego saat berbelanja

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Harbolnas, Biar Gak Kalapilustrasi sedang belanja online (pexels.com/Julia M Cameron)

Mengendalikan diri dan ego perlu dilakukan apalagi dalam hal berbelanja. Tanpa disadari, ketika sedang berbelanja ego kalian ikut berperan. Mengapa penting mengendalikan ego saat berbelanja? Karena ini sebagai bentuk menghindari pembelian barang atau keperluan yang tidak penting atau bahkan sama sekali tidak dibutuhkan.

Biasanya, ini terjadi ketika sedang melihat barang dengan warna yang menarik atau lucu tanpa memperhatikan apakah barang tersebut diperlukan atau tidak. Hal itu perlu dihindari karena akan menjadi hal yang sia-sia apabila terus mengikuti ego kalian.

Memenuhi keinginan dan kebutuhan itu perlu dilakukan oleh setiap individu. Tetapi, kalian tetap harus memperhatikan hal-hal tersebut. Jangan karena tergiur dengan diskon dan bonus besar kalian jadi lupa mana yang harus diprioritaskan. Pilih kebutuhan utama atau primer yang benar-benar diperlukan.

Jika sudah terpenuhi, barulah kalian boleh membeli hal lain sebagai penunjang kebutuhan utama tadi. Jangan sampai terjadi besar pengeluaran daripada pemasukan, ya! Semoga tips di atas dapat membantu! Selamat berbelanja!

LUKMAN RIZKI MUHTADIN Photo Writer LUKMAN RIZKI MUHTADIN

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya