Comscore Tracker

CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Pengaruhnya Diakui Dunia

Masuk daftar 100 pebisnis inovatif versi Business Insider

Jakarta, IDN Times - Sektor bisnis harus menjalani sejumlah tantangan di masa pandemik COVID-19. Diperlukan inovasi karena perubahan terus terjadi. Butuh sosok yang tangguh dengan strategi ampuh yang bekerja di belakangnya.

Business Insider Australia merilis 100 People Transforming Business Series  pada Rabu 9 September 2020. Orang-orang yang masuk dalam daftar ini adalah sosok yang dinilai inovatif dan mampu memberikan perubahan terhadap perusahaan-perusahaan yang bersinggungan dengan mereka. 

Salah satu orang yang berpengaruh adalah Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. William dianggap orang yang inovatif dan membawa perubahan di bidang retail.

1. Menjalankan bisnisnya sejak 2009

CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Pengaruhnya Diakui DuniaIDN Times/Hana Adi Perdana

Baca Juga: GroupM dan Tokopedia Umumkan Kerja Sama Pertama di Pasar E-Commerce

William memulai perjalanan usahanya sejak 2009. Dia meluncurkan Tokopedia ke pasar Indonesia. Idenya adalah menyamakan kedudukan bagi semua stakeholders.

Stakeholder yang dimaksud William dimulai dari pedagang, pelanggan, dan semua pihak yang ingin mendirikan bisnis mereka sendiri.

Ide tersebut tampak berjalan dengan baik. Hingga kini, di Tokopedia ada jutaan UMKM yang tergabung di dalamnya.

2. Konsisten menjalankan visi dan misi Tokopedia

CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Pengaruhnya Diakui Duniatokopedia.com

Visi dan Misi Tokopedia terus dijalankan William sejak merintis usahanya pada 2009 lalu.

"Hari ini kami sedang berkembang menjadi ekosistem super untuk mencapai misi kami dalam mendemokratisasi perdagangan melalui teknologi di Indonesia," kata William seperti dikutip dari Business Insider.

"Visi ini menghubungkan pembeli, penjual, dan mitra di platform, membantu mereka menciptakan peluang dan meraih lebih banyak,"  William menambahkan lagi.

Kesuksesan William juga ditunjang dengan pemahaman apik timnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

3. William menjadi tokoh panutan anak muda

CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Pengaruhnya Diakui DuniaWilliam Tanuwijaya (Instagram.com/liamtanu)

Tak hanya bisnisnya yang menjadi contoh bagi bisnis lain yang tengah berkembang dan berupaya maju, namun William juga menjadi panutan bagi anak muda. Kisah perjuangannya sebelum menjadi orang kenamaan seperti sekarang cukup dikenal.

William muda, merupakan mahasiswa Bina Nusantara Jakarta. Tinggal di perantauan, William merasakan susah senangnya jadi anak kos.

Selain disiplin dalam mengatur waktunya sendiri, William juga apik melihat peluang dan pantang menyerah sejak merintis usahanya.

Masuk dalam daftar 100 orang yang paling sukses mentransformasi bisnisnya, nama William mewakili Indonesia bersanding dengan sejumlah nama besar lainnya seperti Presiden Alibaba Pictures, Zhang Wei, bos East Ventures Willson Cuaca dan CEO GoPay Aldi Haryopratomo.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-11, Tokopedia Ceritakan Bagaimana Awal Perkembangannya

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya