Comscore Tracker

Gandeng Anak Muda Kembangkan Ekowisata, Kemenparekraf Luncurkan BERANI

Bersama Plataran Indonesia, program ini utamakan prinsip 3P

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan konsep ekowisata di tengah pandemik COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia. Melalui gerakan Bersama Generasi Kini (BERANI), Kemenparekraf bersama Plataran Indonesia menggandeng anak muda Indonesia memajukan ekowisata.

"Komoditas yang ingin terus kita sampaikan kepada masyarakat di tengah begitu besar dahsyatnya dampak pandemi covid 19 ini adalah harapan, hope," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam diskusi daring, Jumat (20/8/2021).

"Dan hope itu represented by optimism. Dan siapa yang punya optimism itu biasanya generasi muda," sambung dia.

Baca Juga: Ekowisata ‘Serba Ada’, Desa Wisata Tajur Jadi Pilihan Destinasi Tepat

1. Ekowisata dikembangkan dengan 3P

Gandeng Anak Muda Kembangkan Ekowisata, Kemenparekraf Luncurkan BERANIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pengembangan ekowisata dilaksanakan Kemenparekraf dengan konsep 3P yaitu planned, people, dan prosperity. "Saya yakin ini saat yang tepat di tengah pandemi untuk refocus dan re-allign our effort," ujar Sandiaga Uno.

Semua pihak, menurut Sandi diperlukan peranannya dalam kegiatan ini. Mulai dari pemerintah, NGO, sektor publik atau swasta, hingga komunitas. "Dan Plataran Indonesia ini represent dari private sector dan juga communities untuk program BERANI nya," ujar Sandiaga.

2. BERANI episode pertama angkat cerita 4 perempuan tangguh

Gandeng Anak Muda Kembangkan Ekowisata, Kemenparekraf Luncurkan BERANIinstagram.com/swieteniapuspa

Episode pertama BERANI mengangkat tema "Wanita Merah Putih: Bukan Wanita Biasa." Dalam tema ini, panggung diberikan untuk empat perempuan hebat yang berpresatasi di bidang pelestarian ekowisata, teknologi, dan bela negara.

Letnan dua Laut Salma Amalia Zakaria menjadi salah satu sosok yang diangkat. Perempuan tangguh berusia 22 tahun ini dikenal juga sebagai Superwomen TNI Angkatan Laut

Tiga perempuan hebat lainnya yang juga jadi sosok yang diangkat kisahnya adalah Letnan dua Penerbangan Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, Putri Indonesia Riau 2019 yang juga Founder dari Kultara dan Natuno Lab Sabrina Anggraini, dan juga Founders Divers Clean Action, Swietenia Puspa Lestari.

Baca Juga: 5 Fakta Revitalisasi Situ Bagendit, Calon Ekowisata Unggulan Jabar

3. Harapan Sandiaga untuk ekowisata Indonesia

Gandeng Anak Muda Kembangkan Ekowisata, Kemenparekraf Luncurkan BERANIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sandiaga mengaku senang dapat melihat anak muda menyuarakan suara dan semangatya dengan lantang. "Dan saya harap ini passion akan translated ke Wonderful Indonesia," kata dia.

Semangat itu, kata Sandi, dapat diwujudkan dengan berbagai rupa dari aktivitas mulai dari yang aktif di media sosial hingga aktif langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Kita bermimpi bahwa Indonesia akan menjadi episentrum, menjadi kawasan chandradimuka sekaligus referensi pusat ecotourism dunia dan saatnya sekarang kita untuk bangkit dan kita menang melawan covid," paparnya.

Baca Juga: Dicari Investor untuk Pasar Kreatif Cikutra hingga Ekowisata Rancabali

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya