Comscore Tracker

Sandiaga Uno Larang Masyarakat Berwisata ke Luar Kota Sementara Waktu

Berlaku selama kebijakan pelarangan mudik

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa masyarakat tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata yang berada di luar kota selama larangan mudik berlangsung. Namun demikian, tempat wisata akan tetap dibuka selama pelarangan mudik.

Menurut Menparekraf, kebijakan untuk tetap membuka destinasi wisata tetap sejalan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang tetap berlaku.

"Yang diperbolehkan adalah berkegiatan dalam lingkup PPKM skala mikro," kata Sandiaga Uno dalam tayangan Mata Najwa di Trans 7 pada Rabu (14/4/2021) malam.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Bali Bakal Dibuka, Luhut Klaim Kasus COVID-19 Turun 

1. Kemenparekraf berjalan beriringan dengan Kementerian lainnya

Sandiaga Uno Larang Masyarakat Berwisata ke Luar Kota Sementara WaktuMenparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Hutaginjang, Tapanuli Utara, Rabu (30/12/2020). (Fit Hartoyo for IDN Times)

Menurut Sandiaga, Kemenparekraf dalam membuka destinasi wisata tetap akan beriringan dengan keputusan Kementerian lainnya. Termasuk keputusan Kementerian Perhubungan yang sudah mengeluarkan panduan terkait dengan larangan mudik saat lebaran.

"Kami di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ranah kami tugas dan fungsi Kami adalah memastikan destinasi destinasi wisata tersebut patuh terhadap protokol kesehatan, patuh terhadap pembatasan-pembatasan yang sudah dilakukan dalam bingkai PPKM skala mikro," ujar Sandi.

Baca Juga: Kritik Larangan Mudik tapi Wisata Dibuka, PKS: Pemerintah Aneh

2. Protokol kesehatan akan ketat berlaku di destinasi wisata

Sandiaga Uno Larang Masyarakat Berwisata ke Luar Kota Sementara WaktuMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menunjukkan dokumen persyaratan kesehatan kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar saat tiba di area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (27/12/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pihaknya akan memastikan protokol kesehatan yang ketata dan disiplin akan terus berlaku selama PPKM mikro berjalan.

"Sebisa mungkin kita dorong vaksinasi untuk para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dan yang terpenting bagaimana menjaga kapasitas agar tidak berkerumun dan tidak melebihi yang ditentukan oleh pemerintah yaitu sekitar 50 persen kapasitas di setiap destinasi wisata," Sandi menjelaskan.

"Kita punya panduan CHSE yaitu Cleanliness, Help, Safety dan Environmental sustainability itu kita lakukan secara ketat dan disiplin," sambung dia.

3. Menhub larang masyarakat mudik di masa lebaran

Sandiaga Uno Larang Masyarakat Berwisata ke Luar Kota Sementara WaktuMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah tegas melarang masyarakat untuk mudik. Dia mengatakan, selama larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, akan ada 300 lokasi yang dijaga ketat petugas keamanan.

"Kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik, dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi," kata Budi dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 7 April 2021.

"Sehingga kami menyarankan agar bapak, ibu, tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah," lanjut Menhub.

Baca Juga: Nekat Mudik Meski Dilarang, Pemudik Berangkat Lebih Awal

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya