Comscore Tracker

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfunding

Siapkan presentasimu dengan baik

Sekarang ini modal bukan lagi hambatan untuk memulai bisnis. Banyak pebisnis baru yang memulai pendanaannya melalui crowdfunding. Artinya, pendanaan beberapa orang terhadap sebuah proyek. Cakupannya luas. Orang-orang ini bisa berasal dari teman kerja hingga tetangga kita lho.

Apalagi kamu gak perlu pinjam ke bank, persyaratannya pun jelas lebih mudah. Tapi, hal yang terberat di sini adalah memperoleh kepercayaan dari para pihak pemberi crowdfunding ini. Yuk, pelajari bagaimana cara memulai bisnis dan agar mendapatkan modal dari crowdfunding yang bisa berjalan dengan lancar!

1. Kamu wajib punya produk yang unggul dan berbeda untuk mendapatkan kepercayaan

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingpixabay.com/rawpixel

Umumnya, orang akan bersedia memberikan pinjaman dana jika produk memiliki prospek yang bagus. Sehingga, pastikan produkmu benar-benar sudah siap dan berikan presentasi sebaik-baiknya ya.

2. Mudah untuk memulai, tanpa perlu ada jaminan yang besar

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingbusinesstown.com

Dibandingkan meminjam di bank, tentu saja lebih enak melalui metode crowdfunding. Namun, kamu menjadi punya tanggung jawab besar terhadap seluruh uang yang kamu pinjam itu. Jadi, kerja kerasmu bertambah dua kali lipat, ya!

3. Terbuka untuk siapa saja yang tertarik

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingbplans.com

Tidak perlu memiliki sebuah perusahaan besar atau pun dari golongan tertentu untuk mulai crowdfunding, kok! Sekecil apa pun usahamu, siapa pun kamu, semua bisa mencoba memulai cara ini.

4. Kamu harus menunjukkan produkmu ke masyarakat luas

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingdmarge.com

Agar bisa menawarkan orang lain untuk membantu pendanaan proyekmu, maka kamu pun harus memperkenalkan produk secara luas. Buat presentasi dan komunikasi sebaik mungkin supaya mereka yakin kepadamu.

Baca juga: 5 Bisnis Ini Dijamin Laris Manis saat Valentine, Untung Banyak!

5. Para pemberi dana benar-benar mengerti produkmu

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingworldfinance.com

Jelaskan secara detail mengenai produk tersebut. Dari situ pula, kamu bisa membangun kepercayaan dengan pihak pemberi dana. Apabila mereka mengetahui prospek bisnismu ke depan dengan baik, tentu mereka tak akan ragu lagi untuk berinvestasi.

6. Saat proses crowdfunding, secara tidak langsung, kamu berpromosi gratis 

6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfundingentrepreneur.com

Lumayan, lho! Meski mungkin pada akhirnya targetmu tak berminat untuk memberikan dananya. Setidaknya, kamu berhasil mempromosikan produkmu terhadap orang tersebut. Secara tidak langsung, kamu sambil menjalankan praktek marketing. Dari situ, akan banyak orang tak terduga yang akan membantumu.

Sekarang sudah tahu kan cara memulai bisnis yang baik dan agar mudah mendapatkan modal dari investor? Asalkan kamu punya niat dan benar-benar mau berusaha, semuanya akan terlalui dengan baik.

Perlahan-lahan kamu bisa membesarkan usahamu lewat bantuan banyak orang. Selain itu, kamu juga memberikan keuntungan berupa bunga terhadap para investormu. Win-win solution!

Baca juga: Be a Changi Millionaire, Tiga WNI Berpeluang Menang Puluhan Miliar

Topic:

Berita Terkini Lainnya