Comscore Tracker

Chairman Hyundai Bilang ke Jokowi Mau Ekspansi Mobil Listrik di RI

Hyundai juga akan ikut investasi di IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Executive Chairman Hyundai Motor Group, Chung Eui-sun. Pertemuan itu dilakukan hari ini, Kamis (28/7/2022), di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, mengatakan dalam pertemuan itu, Chairman Hyundai menyampaikan keinginannya untuk ekspansi mobil listrik di Indonesia.

"Chairman dari Hyundai, kebetulan tadi menyampaikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi untuk mobil listrik dan RND-nya di Indonesia, ini masih dalam perencanaan," ujar Bahlil dalam keterangannya dari Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Ajak CEO Korsel Investasi di Indonesia, Jokowi: Ada Kendala Lapor Saya

1. Hyundai juga akan jadi berinvestasi di IKN

Chairman Hyundai Bilang ke Jokowi Mau Ekspansi Mobil Listrik di RIPresiden Jokowi bertemu Executive Chairman Hyundai Motor Group, Chung Eui-sun (dok. Sekretariat Presiden)

Bahlil mengatakan, sejumlah investasi lain juga akan dilakukan Hyundai di Indonesia. Termasuk investasi dalam pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

"(Hyundai) juga akan ikut mengambil bagian dalam investasi di IKN, ini sesuatu hal yang positif," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden China Xi Jinping, Hasilkan 7 Kesepakatan Ini!

2. Jokowi juga bertemu dengan CEO Korea Selatan

Chairman Hyundai Bilang ke Jokowi Mau Ekspansi Mobil Listrik di RIPresiden Jokowi bertemu dengan sejumlah CEO Korea Selatan (dok. Sekretariat Presiden)

Selama di Korea Selatan, Jokowi juga melakukan pertemuan dengan CEO Korea Selatan. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengajak CEO Korea Selatan untuk berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, iklim investasi di Indonesia dalam keadaan kondusif.

"Saya tadi tidak mendengarkan keluhan-keluhan yang berat yang mungkin terjadi di lapangan. Tetapi apabila ada masalah-masalah tolong disampaikan kepada Menteri Investasi Pak Bahlil atau kepada Pak Menko Maritim dan Investasi, kalau ada masalah. Kalau mentok berdua ini tidak bisa menyelesaikan bisa ke saya, baik yang berkaitan dengan izin-izin, baik yang mungkin berkaitan dengan imigrasi dan lain-lainnya," ucap Jokowi

Adapun para CEO yang hadir yaitu CEO of POSCO Kim Hag-dong, Vice Chairman/CEO of Lotte Chemical Kim Gyo-hyun, Vice Chairman/CEO of LG Corp Brian Kwon, Chairman of CJ Group Sohn Kyung-Sik, Chairman of LS Group Koo Ja-Eun, Vice Chairman/CEO of GS E&C Lim Byeong-yong, CEO of Samsung Electronics Roh Tae-moon, CEO of LX Holdings Roh Jin-seo, Chairman of Taekwang Park Joo-hwan, dan Chairman of KCC Glass Mong-ik Chung.

Selain itu, hadir pula Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia Park Tae-sung.

Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Hyundai di Indonesia, Ada Bikinan Cikarang

3. Jokowi sampaikan Indonesia terus sederhanakan regulasi

Chairman Hyundai Bilang ke Jokowi Mau Ekspansi Mobil Listrik di RIPresiden Jokowi bertemu dengan sejumlah CEO Korea Selatan (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan kepada CEO Korea Selatan, Indonesia sedang menyederhanakan dan mempermudah regulasi. Salah satunya dengan adanya omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja.

"Ini adalah sebuah reformasi struktural yang dilakukan Indonesia dalam rangka memberikan peluang investasi yang sebesar-besarnya," kata dia.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan kalau Korea Selatan menjadi negara keenam yang nilai investasinya terbesar di Indonesia. Jokowi pun menyampaikan terima kasih.

"Sekarang Korea Selatan adalah investor terbesar keenam di Indonesia, ini sebuah capaian yang sangat bagus dan harapan kita semuanya Korea Selatan bisa masuk ke nantinya tiga besar, top 3 di Indonesia," ucap dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya