Comscore Tracker

Menteri KKP: Dengungkan Terus Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Bangga berwisata di Indonesia juga harus didengungkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia mengajak masyarakat untuk terlibat dalam gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak semua pihak untuk terus mendengungkan gerakan tersebut.

"Pandemik COVID-19 saat ini masih ada di tengah kita, gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja, harus terus didengungkan menuju Indonesia baru melawan pandemik COVID-19," ujar Sakti dalam sambutannya di acara Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 secara virtual, yang disiarkan dalam kanal YouTube Bank Indonesia, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Prabowo: Saya Bangga Jadi Bagian dari Pemerintahan Ini

1. KKP buat program kampung budi daya dan kampung nelayan maju

Menteri KKP: Dengungkan Terus Gerakan Bangga Buatan Indonesiahttps://www.setneg.go.id

Dalam sambutannya, Sakti mengapresiasi Bank Indonesia yang telah menggelar Karya Kreatif Indonesia 2021. Dalam kegiatan itu, juga dilakukan sejumlah pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku UMKM.

"Berbagai pelatihan kewirausahaan dan bisnis coaching produk UMKM yang dilaksanakan, turut meningkatkan jumlah dan nilai produk UMKM, artistik," katanya.

Sakti mengaku, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mendukung upaya pemerintah dalam gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan program kampung budi daya dan kampung nelayan maju, mendukung bangga buatan Indonesia yang disinergikan program desa wisata bahari yang mendukung bangga berwisata di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Sederet Jurus BI Genjot Ekonomi Syariah dan Pulihkan Ekonomi RI

2. Ibu Negara Iriana Jokowi bicara peluang UMKM

Menteri KKP: Dengungkan Terus Gerakan Bangga Buatan IndonesiaTwitter/@KSPgoid

Dalam kesempatan itu, hadir juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Iriana mengatakan, ada banyak kesempatan yang bisa dilakukan pelaku UMKM di Indonesia.

"Peluang UMKM kita untuk tumbuh besar dan maju terbuka sangat luas. Pasar domestik kita sangat besar, ada 270 juta penduduk Indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM Indonesia," kata Iriana dalam sambutannya.

3. Manfaatkan teknologi digital untuk promosi

Menteri KKP: Dengungkan Terus Gerakan Bangga Buatan IndonesiaIlustrasi layanan digital (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Iriana juga meminta kepada para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital sebagai tempat promosi. Melalui teknologi digital, kata Iriana, produk yang dipasarkan menjadi tidak terbatas ruang dan waktu.

"Pemanfaatan ruang ruang virtual untuk promosikan dan memasarkan produk, dapat memperluas jangkauan pengenalan produk-produk UMKM kita," ucapnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya