Comscore Tracker

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepat

Pastikan THR kamu untuk hal yang berguna

THR merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya, sebagian dari kamu, pasti masih bingung bagaimana cara menggunakan uang THR agar tidak terbuang sia-sia. 

Pada saat menjelang hingga perayaan hari raya pasti membutuhkan dana lebih yang tidak memungkinkan untuk dipenuhi dengan gaji bulanan. Oleh karena itu, dengan adanya THR dapat memenuhi berbagai kebutuhan di hari raya.

Namun, seringkali dana THR sudah habis tanpa kamu sadari. Mungkin ada beberapa pengelolaan keuangan yang kurang tepat sehingga tidak terasa dana THR kamu habis sebelum lebaran. Agar terkontrol dan tidak terbuang sia-sia, beberapa tips dibawah ini akan membantu kamu dalam mengelola uang THR.

1. Buat rencana pengeluaran

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatunsplash.com/@helloquence

Sebelum kamu menerima uang THR, buatlah beberapa pengelompokan kebutuhan menjelang dan pada saat hari raya. Mulai dari uang Zakat, biaya untuk mudik, perlengkapan lebaran dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

2. Sisihkan sebagian uang dalam tabungan

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatpixabay.com/absolutvision

Sebelum kamu tergiur untuk menggunakan uang THR, tabung sebagian uang THR yang kamu di rekening berbeda. Hitung berbagai rencana kebutuhan, lalu sisanya dapat kamu taruh pada rekening selain rekening utama, jika kamu memiliki rekening lebih dari satu. Hal ini akan memudahkanmu untuk tidak berperilaku konsumtif sebelum lebaran tiba.

3. Belanja pakaian seperlunya

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatunsplash.com/@belart84

Jangan tergiur dengan harga diskon yang akan ditawarkan selama waktu menjelang lebaran. Pilih pakaian yang menurut kamu perlu untuk diganti dengan yang baru. Lebaran tidak mengharuskan kamu untuk berpenampilan baru dari atas hingga bawah. Jika dirasa masih dapat digunakan secara layak, lebih gunakan uang tersebut dalam kebutuhan yang lainnya.

Baca Juga: Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini Deh

4. Persiapkan mudik dari jauh hari

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatunsplash.com/@odiin

Bagi kamu yang akan mudik tahun ini, lebih baik segerakan untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari. Hal ini akan menyelamatkan kamu dari naiknya harga tiket selama menjelang hari raya. Pemesanan dari jauh hari juga mengamankan kamu dari tidak kebagian tiket.

5. Lunaskan tagihan bulanan

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatunsplash.com/@northfolk

Pastikan pada saat menjelang lebaran semua tagihan bulanan sudah terpenuhi. Jadi, tagihan-tagihan itu tidak menghantui kamu pada saat berkumpul bersama keluarga. Pelunasan lebih cepat akan membuat kondisi finansial kamu semakin membaik lebih cepat pula.

6. Persiapkan uang pecahan

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatpixabay.com/emaji

Saat lebaran, pasti banyak anak-anak kecil atau keponakan akan menagih amplop. Namun isi dompet berisikan pecahan Rp.100.000 saja, ditambah banyaknya anak kecil yang antri untuk kamu beri. Oleh karena itu, persiapkan uang pecahan Rp.10.000 dan Rp.20.000 untuk diberikan pada mereka. Mereka akan tetap senang menerimanya meski jumblahnya hanya sedikit.

7. Jangan lupa bersedekah dan zakat fitrah

7 Tips Cerdas Kelola Uang THR dengan Tepatunplash.com/bayu

Meski pengeluaran sudah banyak, kita tetap perlu membayar kewajiban kita dalam membayar zakat fitrah. Untuk zakat fitrah ada beberapa tata cara dan waktu untuk membayarnya. Untuk bersedekah, kamu dapat sesuka hati untuk memberikannya kapan pun dan berapa pun.

Beberapa tips diatas dapat membantu kamu dalam mengendalikan dana THR yang kamu miliki. Pada intinya uang tersebut harus digunakan semaksimal mungkin dan dahulukan kebutuhan yang bersifat mendesak. Jika setelah lebaran ada sisa uang, maka tidak ada salahnya jika investasikan atau ditabung untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Baca Juga: 7 Cara Unik untuk Berbagi THR ke Saudara, Anti Tekor Buat Kamu 

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD with your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:45:07

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You