Comscore Tracker

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  

Ayo pulihkan ekonomi Indonesia bersama UMKM

Jika kamu pernah melihat banyak barcode yang sering ada di meja kasir suatu toko atau restoran, bisa jadi itu adalah layanan dari e-wallet. Layanan jasa transaksi elektronik atau yang sering dikenal dengan e-wallet menawarkan berbagai kemudahan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan scan QR code atau melalui nomor HP.

E-wallet atau dompet digital merupakan alat pembayaran elektronik yang memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi secara online. Dengan e-wallet para pedagang dan pembeli dapat bertransaksi dengan uang elektronik yang ada pada aplikasi e-wallet maka tidak perlu menggunakan uang fisik.

Pada e-wallet atau dompet digital ini akan memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, mengatur, dan menelusuri riwayat transaksi. 

Di Indonesia ada beberapa jasa pembayaran berbasis aplikasi e-wallet atau dompet digital ini. Contohnya, OVO, ShopeePay, Dana,  Paytren, GoPay, LinkAja, dan e-wallet lainnya. Diharapkan dengan adanya e-wallet ini dapat memajukan UMKM dan banyak tercipta UMKM go online.

Hal ini selaras dengan tujuan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang mendukung program ekonomi nasional dengan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku UMKM di mana UMKM menjadi tonggak penting untuk pemulihan ekonomi nasional.

Berikut manfaat penggunaan e-wallet untuk pelaku UMKM. Kamu bisa memanfaatkannya juga lho.

1. Terdapat banyak promosi dan diskon yang menarik konsumen

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi discount (unsplash.com/Tamanna Rumee)

Di zaman yang serba elektronik ini, semakin banyak toko dan restoran yang dapat menerima pembayaran menggunakan e-wallet atau dompet digital. Hal itu dikarenakan terdapat banyak keuntungan yang didapat salah satunya adalah banyaknya diskon dan promo khusus pembayaran non-tunai.

Diskon ataupun promo yang disediakan oleh layanan e-wallet selalu menjadi magnet bagi para konsumen untuk tidak melewatkan diskon dan promo yang ada. Bahkan sampai ada istilah "modis" yaitu singkatan dari modal diskon yang sering diucapkan kepada para discount hunter. Sehingga dengan banyaknya diskon dan promo, membuat banyak konsumen akan tertarik dengan produk UMKM kamu dan membayarnya dengan e-wallet.

2. Lebih efisien 

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi pembayaran non tunai (unsplash.com/CardMapr)

Pelanggan pasti menginginkan sebuah kepraktisan dan efisiensi dalam pembayaran. Hal yang sama terjadi pada masyarakat Indonesia yang tidak mau ribet. Oleh karena itu, sistem pembayaran melalui e-wallet atau dompet digital semakin digemari di Indonesia. Jadi pelayanan dalam bertransaksi menggunakan e-wallet haruslah ada dalam UMKM kamu.

Jika pelayanan UMKM kamu menyenangkan, pelanggan akan memberi kesan baik bagi produk dan pelayanan yang kamu berikan.  

3. Aman 

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi keamanan (unsplash.com/Franck)

Pasti ada beberapa orang yang tidak setuju bahwa e-wallet itu aman. Mereka sering berpikir bahwa menaruh uang di sebuah akun aplikasi akan mudah dicuri atau diretas. Sehingga beberapa orang cenderung takut untuk memiliki e-wallet atau bertransaksi dengan e-wallet.

Namun faktanya, ternyata menyimpan uang di e-wallet meruapakan tempat penyimpanan uang yang lebih aman jika dibandingkan dengan menyimpannya di dompet atau saku.

Contohnya, pelanggan atau pelaku usaha tidak perlu membawa banyak uang yang dapat menjadi menimbulkan risiko pencurian atau perampokan. Dengan e-wallet, para pelanggan atau pelaku usaha tidak akan terlihat mencolok dengan membawa uang banyak, karena uangnya tersimpan aman dalam akun e-wallet. 

Untuk masalah keamanan akun, kamu tidak khawatir karena semua pemasukan dan pengeluaran tercatat otomatis, rapi, dan rinci sehingga terlihat berapa uang yang keluar dan kepada siapa uang itu keluar.

Sistem keamanan dari e-wallet juga berlapis dan selalu menggunakan kode-kode tertentu untuk mengkonfirmasi pembayaran. Selain itu, beberapa layanan e-wallet memiliki jaminan resiko uang kembali jika ada pencurian dan penarikan dana dari e-wallet yang tidak kamu inginkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-wallet dalam bertransaksi dan menyimpan uang kamu dengan aman.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa UMKM Harus Go Online, Bikin Ekonomi Menguat!

4. Memudahkan transaksi

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi kembalian (unsplash.com/Katt Yukawa)

Mungkin sering terjadi di mana saat menggunakan pembayaran tunai atau fisik pada transaksi jual-beli selalu ada kembalian uang. Kembalian uang ini dikarenakan nilai pembayaran lebih besar dibanding nilai barang atau jasa. Uang kembalian ini cukup merepotkan bagi UMKM karena harus menyediakan uang pecahan dengan nominal kecil dengan jumlah yang banyak.

Nah, dengan adanya e-wallet para pelaku UMKM tidak perlu ribet dengan uang kembalian. Hanya dengan scan barcode, pelanggan dapat menulisakan besar biaya yang harus dibayarkan.

5. Aplikasi e-wallet bisa dipakai kapan saja 

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi pembayaran onlineunsplash.com/Markus Winkler)

Dengan menggunakan layan e-wallet, para pelaku UMKM dapat bertransaksi di mana dan kapan saja. Tidak perlu khawatir, layanan e-wallet terus bekerja 24 jam non-stop. Hal ini bisa terjadi karena layanan e-wallet merupakan layanan otomatis yang berbasis pemrograman.

Selain itu, pelayanan call center 24 jam juga akan membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan terkait e-wallet kamu.

6. Pembukuan transaksi lebih rapi dan detail

6 Manfaat e-Wallet untuk Pelaku UMKM, Tunjang Kegiatan Perekonomian  Ilustrasi menganalisa (unsplash.com/Campaign Creators)

Menggunakan e-wallet atau dompet digital dapat memudahkan UMKM dalam memeriksa  pemasukan dan pengeluaran. Riwayat transaksi yang menjadi salah satu fitur e-wallet ini akan mendata terkait rincian transaksi yang terjadi. Dalam riwayat transaksi tersebut mendata secara detail transaksi, jadi memudahkan kamu dalam pembukuan dan evaluasi keuangan.

Di zaman yang serba digital ini, semua sektor pun mau tak mau harus mengikuti perkembangannya. Termasuk dengan hadirnya e-wallet dalam dunia perekonomian karena sudah terbukti membawa banyak keuntungan.

Baca Juga: Dipimpin Perempuan, 5 Brand UMKM Lokal Ini Melesat Saat Pandemik

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya