Comscore Tracker

Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Aceh-Sumut, Hanya 2 Kali Sepekan

Cek jadwalnya di sini!

Banda Aceh, IDN Times - Rute penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh ke Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara (Sumut) kembali dibuka maskapai Garuda Indonesia. Maskapai BUMN itu melayani rute Aceh-Sumut sejak 9 Juli 2021 lalu. 

"Kemarin tanggal 9 Juli, kita buka penerbangan rute Bandara SIM ke Kualanamu," kata Widya, saat dikonfirmasi, pada Kamis (15/7/2021).

1. Melayani dua hari jadwal penerbangan rute Aceh-Sumut

Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Aceh-Sumut, Hanya 2 Kali SepekanIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. Dok. Garuda Indonesia

Widya menyampaikan, dalam sepekan, rute penerbangan Bandara SIM-Kualanamu hanya ada pada Jumat dan Minggu. Jadwal berangkat dari Medan-Banda Aceh pukul 14.05 WIB dan tiba pukul 15.10 WIB, sebaliknya dari Banda Aceh-Medan berangkat pukul 16.10 WIB dan tiba pukul 17.15 WIB.

"Ini sebenarnya dalam mengakomodir customer kita yang berpergian ke Medan saat weekend (akhir pekan)," ujarnya.

Selain dua hari itu, rute penerbangan Banda Aceh-Jakarta maupun sebaliknya pada Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu dikatakannya, tetap seperti biasa.

Jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 11.55 WIB dan tiba di Banda Aceh pukul 14.55 WIB. Selanjutnya dari Banda Aceh pukul 15.55 WIB dan tiba di Jakarta pukul 18.55 WIB.

Baca Juga: Fakta-fakta Upaya Penyelamatan Garuda Indonesia dari Krisis Keuangan

2. Rute lama yang kembali dibuka selama PPKM Darurat di Pulau Jawa-Bali

Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Aceh-Sumut, Hanya 2 Kali SepekanBandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Rute penerbangan Aceh ke Sumut, dikatakan Widya, bukanlah rute terbaru yang dimiliki Garuda Indonesia. Pasalnya, rute ini sudah ada beberapa tahun sebelumnya dan kembali dibuka karena permintaan pelanggan (customer) maskapai.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa-Bali menjadi salah satu faktornya. Ini sebenarnya rute lama yang kita buka kembali karena permintaan dari customer disebabkan pembatasan penerbangan," ujarnya.

Terakhir rute penerbangan Bandara SIM-Kualanamu ada sekitar tahun 2019. Kala itu dikatakannya, memang ada penerbangan khusus yang melakukan pemberangkatan dan ketibaan pesawat.

"Tapi kali ini sebenarnya lebih kita gabung. Penumpang dari Banda Aceh ke Jakarta dan Medan, dengan pesawat yang sama," ungkap Widya.

3. Rute Bandara SIM-Kualanamu diharapkan tidak hanya di masa PPKM saja

Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Aceh-Sumut, Hanya 2 Kali SepekanSuasana di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh (Foto: Istimewa)

Layanan penerbangan Banda Aceh-Medan dari maskapai Garuda Indonesia dikatakan Manager Sales and Service Garuda Indonesia Banda Aceh, akan berlangsung sampai 30 Juli 2021 mendatang. "Artinya melewati jadwal PPKM yang berlaku saat ini, sampai 20 Juli," ujar Widya.

Meski demikian, ia berharap rute ini akan terus ada dan berkembang agar masyarakat yang ada di dua provinsi ini bisa menggunakan layanan maskapai mereka. "Harapannya jika nanti PPKM ini sudah diberhentikan, rute ini bisa tinggi lagi," imbuhnya.

Baca Juga: Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini Caranya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya