Comscore Tracker

Stok Beras di Aceh selama Ramadan Dipastikan Aman hingga Lebaran

Stok dimiliki semua gudang 9.560 ton

Banda Aceh, IDN Time - Perum Bulog Divisi Regional Aceh memastikan ketersediaan beras di Provinsi Aceh selama Ramadan dan Idul Fitri mendatang tercukupi. Harga beras diyakini akan terbilang stabil.

"Kalau kita kaitan dengan kebutuhan masyarakat khususnya untuk penyaluran bulog ini sangat cukup sekali," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh, Irsan Nasution.

Baca Juga: Buwas: 106 Ribu Ton Beras Turun Mutu di Bulog Tidak Akan Dimusnahkan

1. Stok berat di gudang tercatat ada 9.560 ton

Stok Beras di Aceh selama Ramadan Dipastikan Aman hingga LebaranDistribusi beras dari gudang bulog. Dok. Bulog Jateng

Hingga saat ini, stok beras yang dimiliki Perum Bulog Divisi Regional Aceh tercatat ada sekitar 9.650 ton. Itu tersebar di 15 daerah pergudangan bulog yang ada di Aceh. Jumlah ini, kata Irsan, dapat terus bertambah mengingat di sejumlah daerah sedang mengalami musim panen.

"Sampai dengan Mei itu juga masih ada panen, dengan asumsi bahwa stok kita saat ini ada 9.650 ton masih sangat cukup," ungkapnya.

2. Harga beras dipastikan stabil selama Ramadan dan Lebaran

Stok Beras di Aceh selama Ramadan Dipastikan Aman hingga LebaranIlustrasi pelabuhan rakyat. ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

Melihat stok yang dimiliki terbilang cukup, Irsan memastikan bahwa harga beras juga akan stabil selama puasa hingga Lebaran. Terakhir, harga eceran tertinggi (HET) untuk beras medium berkisar Rp9.950 per kilogram. Sedangkan untuk premium sekitar Rp12.300 per kilogram.

"Kondisi saat ini, walaupun mau puasa dan Lebaran, tetapi bersama dengan pelaksanaan musim panen sehingga harga di lapangan juga biasa saja," ujarnya.

Baca Juga: Sumsel Menarget 3,1 Juta Ton Beras Per Tahun

3. Masyarakat diminta tidak khawatir kelangkaan beras

Stok Beras di Aceh selama Ramadan Dipastikan Aman hingga LebaranIlustrasi gudang beras. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Bulog meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir mengenai stok dan harga beras. Sebab berdasarkan pemantauan mereka di lapangan, tidak adanya indikasi pergerakan kenaikan harga beras jelang puasa.

"Masyarakat tidak usah khawatir dengan menjelang Ramadan dan Idul Fitri seperti ini. Apalagi ini mau panen dan di beberapa tempat lagi mulai panen, jangan khawatir dengan kondisi tersebut," imbaunya.

Baca Juga: 6 Negara Produsen Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Arifin Al Alamudi
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya