Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Boros

Yuk mulai menabung untuk merencanakan masa depan

Untuk kalian yang selama ini selalu merasa tidak punya tabungan, merasa kesusahan membiasakan diri menabung di bank, tidak memiliki uang sisa setiap kali abis gajian, kalian wajib banget mencoba menerapkan beberapa cara menabung yang super gampang ini.

1. Tabungan koin

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borospixabay

Banyak dari kita yang sering menyepelekan uang coin. Mentang-mentang nilainya kecil jadi sering diabaikan, padahal hal yang besar selalu berawal dari yang kecil kan. Mulai sekarang cara termudahnya adalah siapkan dompet khusus koin di tas dan celengan koin di rumah kalian.

Setiap kali kalian dapat uang koin, langsung saja masukkan ke dompet koin kemudian sesampainya di rumah, tinggal pindahkan koin tersebut ke celengan. Kalian juga memindahkan ke celengan di rumah ketika dompetnya sudah penuh.

2. Uang sisa

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borospixabay

Cara uang sisa ini adalah dengan memanfaatkan uang dalam jumlah ganjil atau sisa-sisa di dompet kalian. Kalian harus menyiapkan celengan atau wadah apapun yang bisa digunakan untuk menyimpan uang.

Misalnya, sepulang pergi uang yang tersisa adalah Rp73.500 dan kalian memutuskan untuk membulatkan ke puluhan ribu. Maka uang kalian akan dibulatkan menjadi Rp70.000 dan tersisa Rp3.500 untuk ditabungkan. 

3. Nabung nominal

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borosmoddd.online

Untuk cara ini kalian harus memilih satu nominal yang akan kalian tabung. Misalnya kalian memilih nominal Rp 20.000, maka setiap kali kalian menerima uang Rp 20.000, kalian harus menyimpan dan menabungnya di tempat khusus.

Harus konsisten dan tidak boleh curang ya. Ketika tempat penyimpanan kalian penuh dan waktunya untuk membuka, kalian akan sangat puas dan bangga pada diri kalian sendiri karena berhasil menabung sekaligus konsisten.

Baca Juga: 5 Sifat Positif dari Kebiasaan Rajin Menabung, Gak Cuma Bikin Kaya

4. Angka tanggal

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borosthecactuscreative

Untuk cara yang satu ini kalian harus lebih konsisten lagi karena nominal yang kalian tabung harus disesuaikan dengan tanggal setiap hari ditambah nominal dasar yang kalian pilih, ratusan atau ribuan atau bahkan puluhan ribu.

Misalnya sekarang tanggal 17 dan nominal dasar yang kalian pilih adalah ribuan, maka jumlah yang kalian tabung adalah 17 ditambah ribuan menjadi Rp17.000.

5. Tabungan emas

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borospexels

Jadi setiap menerima uang gajian, kalian langsung sisihkan untuk membeli emas yang kini sudah ada dalam bentuk lempengan bahkan dengan berat 1 gram saja. Ingat ya, untuk menabung harus dilakukan terlebih dahulu setiap kali menerima pendapatan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah kita seringkali menggunakan uang pendapatan kita untuk kebutuhan konsumsi dan belanja kemudian menabung. Keuntungan menabung emas ini adalah kalian bisa dengan mudah mencairkannya ketika sedang dalam keadaan terdesak.

Bonus: uang kaget tabungan kaget

5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Borospexels

Sebagai bonus, tips ini sangat ampuh untuk menambah jumlah tabungan kalian. Setiap kali kalian menerima uang kaget seperti bonus, uang reward, THR, atau uang kaget lainnya, langsung masukkan dalam tabungan kalian. Jadi, uang kaget bukanlah dana untuk foya-foya dadakan tapi uang kaget adalah tabungan kaget.

Baca Juga: 5 Tipe Orang Saat Menabung, Kamu Termasuk yang Mana?

Nhaz Montana Photo Verified Writer Nhaz Montana

mending nulis konten daripada dijadiin konten.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You