Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnis

Jangan takut untuk memulai #IDNTimesLife

Menjadi entrepreneur atau seseorang yang memiliki bisnis sendiri adalah impian para anak muda saat ini. Pasalnya memiliki usaha yang dirintis sendiri akan menjadi sesuatu yang sangat membanggakan jika sukses. Pada dasarnya memiliki sebuah bisnis hanya perlu dari sebuah langkah awal yakni berani untuk memulai.

Kamu tak perlu terlalu banyak berpikir dan menjadikanmu takut bahkan untuk memulainya. Kuasai dan kendalikan lima hal berikut agar kamu mudah meraih kesuksesan dalam berbisnis.

1. Rasa takut untuk memulai

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnisilustrasi keberanian untuk memulai (unsplash.com/tateisimikito)

Ini jadi alasan yang paling banyak menakuti para pemula. Takut untuk memulai dan tidak tahu bagaimana caranya. Kerjakan saja satu langkah awal untuk memulai usaha yang ingin kamu geluti. Selanjutnya kamu akan menemukan sendiri hal apa yang harus kamu lakukan berikutnya.

Satu langkah kecil di awal bisa menghasilkan banyak langkah-langkah selanjutnya. Jangan takut untuk memulai, semua pebisnis besar yang terkenal saat ini juga berawal dari satu langkah kecil di awal.

2. Menolak untuk tampil beda

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnisilustrasi seseorang berani tampil beda (unsplash.com/jannerboy62)

Jika kamu ingin dilihat dan cepat menjadi pusat perhatian, maka jadilah orang yang berbeda. Jangan mengikuti arus dengan trend yang sedang naik daun, tetapi buat apa yang sedang kamu kerjakan sekarang semenarik mungkin. Sehingga orang akan tertarik dan melirik usahamu karena berbeda dengan orang kebanyakan. Tunjukkan kekhasan dan keunikan bisnismu dan apa yang membuatnya lebih baik dari orang lain.

3. Takut terhadap penolakan

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnisilustrasi sebuah penolakan (unsplash.com/isaiahrustad)

Jangan takut penolakan karena kamu memilih untuk berani tampil beda. Daripada mengikuti trend yang ada, kenapa kamu tidak membuat trend-mu sendiri? Awalnya memang akan terasa asing karena belum banyak dikenal orang. Tetapi teruslah mengembangkan bisnismu dengan membangun banyak link dengan teman, kolega baru atau pemasaran secara masif. Kelak bisa jadi orang lain yang akan mengikuti apa yang kamu lakukan sekarang.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Memulai Bisnis, Sukses!

4. Keraguan dalam berinovasi

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnisilustrasi dalam berinovasi tampil beda (unsplash.com/joshuachun)

Percayalah bahwa keraguan akan membawamu pada keadaan stuck. Segala sesuatunya memang mengandung risiko, tetapi akan lebih berisiko jika kamu tidak berinovasi dalam bisnis. Kamu bukanlah satu-satunya orang yang memiliki bisnis yang sedang kamu geluti.

Kamu akan menjadi ketinggalan dan bisa jadi bisnismu tidak relate lagi dengan keadaan sekarang. Oleh karenanya, teruslah bersikap terbuka terhadap perubahan, jangan menutup diri apalagi menolaknya.

5. Ketakutan dalam menghadapi kompetitor

5 Hal yang Harus Kamu Taklukkan Jika Ingin Sukses dalam Berbisnisilustrasi menghadapai kompetitor (unsplash.com/austindistel)

Kamu tidak akan pernah maju jika tidak memiliki pesaing atau kompetitor. Para kompetitor itu ada untuk membuatmu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas. Kamu akan terus berinovasi menjadi yang terbaik di kelasnya.

Jangan menolak berkompetisi, sebaliknya tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terbuka untuk persaingan sehat. Tingkatkan kualitas, raih pangsa pasar yang lebih besar, terus berinovasi, selalu terima kritik dan saran untuk membangun usahamu lebih besar lagi.

Nah, itulah lima hal yang harus kamu taklukkan untuk keberhasilan dalam berbisnis. Jadi, sudah siap untuk memulai?

Baca Juga: 4 Panduan Sukses Merintis Bisnis Dropship Tanpa Modal

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya