Comscore Tracker

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!

Yang penting eksekusi dulu~

Memang menjadi hal yang mustahil ketika mendengar istilah memulai usaha atau bisnis tanpa modal uang. Setiap bisnis ataupun usaha yang ingin dibangun umumnya membutuhkan modal, walupun sedikit. Tapi jangan pesimis dulu kalau kamu memang belum siap modal finansial. Ada kok cara-cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa tetap berbisnis.

Kuncinya, ketauhilah bahwa memulai usaha bukan menjadi hal yang mudah. Mustahil kalau kamu bisa langsung mendapatkan hasil yang besar, justru bisa jadi awal mula memulai usaha kamu akan gagal. Nah makanya cek dulu nih, apa saja sih kunci sukses memulai bisnis tanpa modal? Yuk, simak!

1. Siapkan mentalmu untuk memulai bisnis yang "gak normal"

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!unsplash.com/AliYahya

Dalam memulai bisnis pastinya kamu membayangkan bahwa ada banyak hal yang harus kamu siapkan. Misalnya saja ketika kamu ingin membuka sebuah kedai kopi - maka kamu perlu menyiapkan mulai dari bahan baku, tempat, hingga barista dan waitres. Tapi tunggu dulu, inilah yang disebut sebagai normal business starting dimana modal sudah di tangan. Nah kalau kamu belum punya modal mau gimana?

Jangan khawatir, kamu hanya perlu menyiapkan mentalmu untuk memulai bisnis yang "gak normal". Maksudnya, bisnismu kali ini bahkan bisa dimulai dengan cukup kamu sendiri yang mengerjakan semuanya. Pikirkan bisnis apa yang gak butuh bahan baku, gak butuh tempat, dan gak butuh tenaga orang lain.

2. Kamu harus "tahan banting" karena kamu akan mengerjakan semuanya sendiri

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!unsplash.com/HelloI'mNik

Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, di level ini kamu gak boleh terburu-buru untuk merekrut karyawan dalam menjalankan bisnismu. Ingat, kamu sedang memulai bisnis yang nol modal. Artinya, gak ada pilihan lain, kecuali kamu harus mengerjakan semuanya sendiri.

Ibaratnya, mental dan fisikmu harus benar-benar "tahan banting" dalam mengerjakan bisnismu ini. Dalam memulai bisnis jasa penerjemah misalnya, kamu benar-benar harus mempromosikan bisnismu sendiri sampai dengan mengerjakan semua pesanan yang masuk juga. 

3. Gak ada pilihan lain, di era ini kamu dituntut untuk super duper kreatif

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!unsplash.com/AliceAchterhof

Bisnis tidak bisa dijalani dengan stagnan alias gitu-gitu aja. Semua bisnis atau usaha yang berhasil adalah yang selalu mengalami perubahan dengan berpegang pada kreativitas. Nah, sudah cukup kreatifkah kamu dalam menjalankan bisnismu saat ini?

Apa sih yang lagi trend? Apa yang disukai orang-orang zaman sekarang? Siapa target market-mu? Pengemasan produkmu akan seperti apa? Bagaimana strategi marketingmu? Itu hanya sedikit dari pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu temukan jawabannya. Kuncinya, teruslah berpikir kreatif agar bisa berkembang!

Baca Juga: Memulai Bisnis Tanpa Uang, Siap Terwujud!

4. Promosi bisnis secara online adalah satu-satunya cara terbaik memulai rintisanmu

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!unsplash.com/PersnicketyPrints

Dengan adanya internet yang semakin berkembang, internet dapat dijadikan pilihan untuk menawarkan usaha yang sedang kamu rintis. Misalnya dengan membuat website dan akun Instagram. Dari website dan Instagram tersebut kamu bisa memberikan penjelasan secara detail tentang bisnis yang sedang kamu jalani. Hal ini akan lebih mudah dan menghemat biaya daripada melakukan cara-cara lama seperti pembuatan brosur.

5. Temukan partner kerja dengan visi misi yang sama

5 Kunci Sukses Jalani Bisnis tanpa Modal. Gak Ada yang Mustahil!unsplash.com/ Headway

Meski memulai bisnis tanpa modal, kamu bisa berusaha untuk mewujudkan bisnismu dengan cara lain - yaitu menemukan partner bisnis. Bekerja sama dengan partner yang memiliki keinginan yang sama pastinya akan memudahkan bisnismu terwujud. Tapi harus dicatat nih, mencari rekan kerja untuk membuka bisnis pastilah harus yang memiliki visi dan misi sama. Hal ini penting agar kamu dan rekanmu dapat mewujudkan tujuan yang sama dan pastinya meminimalisir masalah karena adanya perbedaan.

Yup, yang pasti gak ada hal yang mustahil, termasuk soal keinginanmu untuk mewujudkan bisnis tanpa modal. Ketekunan dan kerja keras menjadi kunci penting memulai bisnis tanpa modal. Tanpa kedua hal tersebut, bisnis yang kamu jalani tidak akan berkembang dengan baik atau bahkan tidak akan bertahan lama.

Baca Juga: Alasan Terjun ke Dunia Bisnis Sejak Muda Bikin Kamu Sukses Lebih Cepat

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:30:05

Progress: 310.542 dari 813.350 TPS (38.18061%)

Just For You