Comscore Tracker

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik 

Yuk, ikut bantu para pengusaha UMKM!

Pandemik COVID-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 memang membuat kita harus beradaptasi dengan kebiasaan new normal. Gak hanya itu, bagi para pengusaha juga harus putar otak untuk membuat modifikasi di berbagai titik usahanya supaya tetap bisa bertahan di tengah gempuran ekonomi yang serba gak menentu.

Apakah kamu juga salah satu penggiat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang saat ini tengah tersengal-sengal mempertahankan usahamu?

Ada beberapa kiat yang bisa kamu coba supaya perekonomian bisnismu tetap bergerak di masa pandemik ini. Apa saja?

1. Go online  

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik ilustrasi ac (unsplash.com/Helena Lopes)

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau Kemenkominfo tengah gencar mendukung supaya UMKM go online.

Banyak sekali manfaat yang bakal kamu terima ketika lini bisnismu sudah merambah online. Kamu bisa dengan mudah menjaring market yang lebih besar. Selain itu, bisnismu bisa dipromosikan dengan cara yang lebih modern. Misalnya saja nih dengan endorse ke para influencer.

Cara ini dijamin bikin bisnismu makin dikenal, tepat sasaran ke target market, dan efektif meningkatkan penjualan.

2. Menggunakan e-wallet sebagai cara pembayaran 

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik ilustrasi smartphone (unsplash.com/Jonas Leupe)

Sekarang ini e-wallet adalah salah satu tools pembayaran modern yang digemari masyarakat. Pembayaran dengan cara ini dinilai lebih ringkas. Gak masalah kalau dompet ketinggalan, selama ada smartphone. Kamu bisa dengan mudah menyelesaikan pembayaran hanya sekali tekan lewat e-wallet yang ada di ponsel pintar.

Pembayaran dengan cara ini juga mendukung protokol kesehatan yang saat ini tengah digalakkan pemerintah, lho. Dengan e-wallet bakal meminimalisir kontak fisik sehingga mencegah penyebaran virus Covid-19. Makanya itu, menggunakan e-wallet sebagai opsi pembayaran untuk usahamu bisa jadi daya tarik bagi konsumen.

Baca Juga: 5 Upaya Meningkatkan Literasi Digital untuk Para Pelaku UMKM

3. Ikut pameran atau bazar   

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik ilustrasi produk lokal (unsplash.com/S O C I A L . C U T)

Angka covid yang tengah melandai saat ini membuat pemerintah sudah melonggarkan peraturan PSBB. Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnismu. Ikuti ragam pameran atau bazar yang diselenggarakan di mall.

Saat ini masyarakat memang sudah berani mendatangi tempat umum seperti pusat perbelanjaan demi melepas penat. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk mengenalkan produkmu di acara pameran atau bazar.

4. Patuhi protokol kesehatan  

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik ilustrasi protokol kesehatan (unsplash.com/engin akyurt)

Meski saat ini pemberitaan tentang COVID-19 tak lagi segencar dulu, namun percayalah bahwa virus ini masih ada di luar sana. Oleh sebab itu, jangan lengah dan tetap perketat protokol kesehatan dan disiplin mengimplementasikannya tiap hari.

Jangan lupa untuk selalu pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan selalu menerapkan kebersihan di mana pun. Yuk, bersama-sama kita saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan membatasi kontak demi memutus penularan Covid-19.

5. Vaksin sesuai dosis yang dianjurkan  

5 Tips buat Pengusaha UMKM supaya Bisnis Makin Lancar saat Pandemik ilustrasi vaksin (Unsplash.com/Ed Us)

Vaksin wajib dilakukan kalau ingin virus COVID-19 segera hilang dari muka bumi. Dengan melakukan vaksin kamu ikut berkontribusi memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Lakukan aksin dua dosis sesuai anjuran pemerintah.

Gak perlu pilih-pilih vaksin karena semua merek sama bagusnya dan sudah teruji keampuhannya, kok. Pemerintah juga sudah berusaha memperluas penyebaran vaksin gratis di Indonesia.

Jadi ,yuk #MulaiDariKamu kita gunakan kesempatan ini untuk sehat bersama sehingga roda perekonomian juga kembali pulih.

Kira-kira kamu punya ide lagi gak buat para pengusaha UMKM untuk melebarkan sayapnya di tengah pandemik ini? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Baca Juga: Jangan Takut Bangkrut, Ini Tips Memulai Bisnis Startup

Nara Yana Photo Verified Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya