Comscore Tracker

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!

Yang penting, harus niat dan disiplin

Kehidupan berdua setelah menikah tentu akan sedikit tricky. Alih-alih berhemat, kalian bisa boros bersama karena kedua pihak sama-sama gak mengontrol pengeluaran. Biasanya, salah satu pos pengeluaran terbesar setelah tempat tinggal ialah kebutuhan makan setiap hari.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa tips jitu berhemat uang makan untuk pasutri (pasangan suami istri) baru. Seperti apa, sih, caranya?

1. Wajib punya kulkas

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!unsplash/nrd

Kulkas merupakan barang elektronik wajib yang harus dimiliki. Elektronik satu ini bisa untuk menghemat bahan makanan mentah maupun masakan jadi.

Masakan yang tidak habis hari ini pun bisa dimasukkan di kulkas dan dimakan kembali keesokan harinya. Begitu juga dengan bahan mentah yang bisa awet hingga satu mingguan jika disimpan di lemari pendingin.

2. Masak dan bikin rencana selama seminggu ke depan

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!unsplash/Jason Briscoe

Memang memasak merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk menekan pengeluaran. Gak perlu seahli koki restoran berbintang, kok. Pelajari saja cara memasak yang paling dasar, misalnya membuat sup, masakan tumis, atau goreng lauk. Kemampuan dasar ini yang bisa bikin keluarga kalian bertahan saat harus hemat.

Biar makin semangat dan memudahkan, bikin rencana mau masak apa selama seminggu ke depan. Daftar rencana ini bisa disesuaikan dengan bahan atau pun jadwal kegiatan kalian.

Baca Juga: Jangan Bingung, Lakukan 5 Cara agar Ongkos Transportasi Tetap Hemat!

3. Belanja bahan masakan mentah seminggu sekali biar gak terbuang percuma

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!unsplash/nrd

Bisa masak gak lantas membuatmu langsung hemat masak, lho. Keinginan boros biasanya mengintai saat belanja bahan masakan. Tergiur harga yang murah atau tergoda melihat bahan makanan yang tampak lezat lantas membuatmu belanja terlampau banyak.

Hasilnya, bahan makanan mentah justru terbuang karena gak termakan. Ini sama dengan membakar uang. Siasati dengan berbelanja ke pasar seminggu sekali. Dengan cara ini, kamu bisa melihat daftar masakan seminggu ke depan dan berbelanja hanya sesuai kebutuhan saja.

4. Bawa bekal ke kantor. Cara ini ampuh memangkas uang jajan, lho!

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!unsplash/ Soroush Karimi

Selain masak untuk dimakan di rumah, kamu dan pasangan juga bisa membawa bekal ke tempat kerja. Cara ini terbukti ampuh untuk menekan pengeluaran. Bahkan, kalian juga bisa menyisipkan pesan ke bekal masing-masing, lho! Gestur sederhana ini ampuh menambah keromantisan.

5. Kalau terpaksa beli makan di luar, bisa disiasati dengan beli lauknya aja

5 Tips Menghemat Uang Makan untuk Pasutri biar Konsisten Menabung!unsplash/Patrick Amoy

Sesekali, jajan di luar juga gak apa-apa, kok. Terimpit aktivitas dan gak sempat masak sehingga satu-satunya solusi membeli makan di luar. Supaya menghemat, siasati dengan membeli lauknya saja. Sementara, untuk nasi, kalian bisa memasak sendiri. Toh, memasak nasi sangat simpel dan gak butuh banyak usaha, bukan?

Jika dilakukan secara rutin, kalian bisa banyak berhemat, lho. Lumayan, kan, biayanya bisa ditabung untuk kebutuhan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Berhemat yang Tidak Membuatmu Seperti Orang Susah

Nara Yana Photo Verified Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You