Comscore Tracker

Biar Bisa Disebut Kaya, Berapa Uang yang Harus Kita Miliki?

Kategori kaya di mata banker

Menurut kamu, berapa banyak uang yang harus dimiliki seseorang untuk bisa menyandang status kaya secara materi? Saat penghasilannya puluhan juta? Ratusan juta? Atau miliaran rupiah?

Nampaknya definisi kaya memang sangat subjektif. Tergantung siapa yang bertanya dan obyeknya. Pada dunia perbankan misalnya, yang memiliki standard tersendiri untuk mengukur kekayaan dalam urusan investasi.

1. Acuan kekayaan di mata bankir

Biar Bisa Disebut Kaya, Berapa Uang yang Harus Kita Miliki?bloomberg.com

Dilansir dari Bloomberg, acuan kekayaan yang ditetapkan secara tersembunyi di kalangan pelaku perbankan adalah 25 juta dolar atau setara dengan Rp 353,75 miliar. Jumlah yang cukup stabil untuk berinvestasi, setidaknya hingga kuarter ke-3, bahkan untuk satu hingga dua tahun ke depan.

Dari segi jumlah uang, sekilas memang terlihat sangat besar. Namun, bagi elite private bankers, jumlah tersebut hanya membeli pelayanan dasar mereka. 

Baca juga: Reliance Harap OJK Selidiki Pembatalan Penjualan WOM Finance

2. Klasifikasi kekayaan

Biar Bisa Disebut Kaya, Berapa Uang yang Harus Kita Miliki?Unsplash.com/William Iven

Kekayaan bersih dan jumlah profit pun terbagi dalam beberapa klasifikasi.  Dalam lamannya, Bloomberg  menyebutkan dengan profit 25 juta dolar, kemungkinan seseorang sudah bisa dibilang kaya, meski termasuk dalam economy class.

Di atasnya ada business class  dengan kekayaan 100 juta dolar atau Rp 1,4 triliun, berikutnya first class  dengan kekayaan 200 juta dolar atau Rp 2,8 triliun, dan kelas teratas dengan kekayaan lebih dari 1 miliar dolar.

3. Ukuran kekayaan berubah drastis dari tahun ke tahun

Biar Bisa Disebut Kaya, Berapa Uang yang Harus Kita Miliki?imoney.my

Nilai yang digunakan untuk mengukur kekayaan berubah drastis dalam dua dekade terakhir. Pada tahun 1994 silam, kepala global Citi Private Bank, Peter Charrington bergabung untuk pertama kalinya dengan perusahaan.

"Pada saat itu, kekayaan bersih sebesar 3 juta dolar (Rp 42,46 miliar) sudah dianggap cukup besar," kenangnya. "Setelah berlalu hampir 25 tahun, 25 juta dolar adalah bagaimana kami mendefinisikan kekayaan bersih ultra-high."

4. Bagaimana dengan mereka yang memiliki kekayaan di bawah 25 juta dolar?

Biar Bisa Disebut Kaya, Berapa Uang yang Harus Kita Miliki?Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Meski demikian, bukan berarti mereka yang memiliki kekayaan di bawah 25 juta dolar dianggap tidak profitable  untuk investasi. Brent Beardsley dari Boston Consulting Group menekankan, dalam kuartal terakhir, ada lebih dari 50 persen klien barunya memiliki aset sebesar 10 juta dolar yang bisa diinvestasikan. 

"Untuk mendapatkan hasil di level tertinggi, perusahaan akan meningkatkan standardnya," ujar Beardsley. 

Sejatinya, jumlah uang sebesar apapun tak akan bisa membuat seseorang menyandang status kaya, jika tak dikelola dengan baik. Misalnya memiliki pengeluaran yang hampir sama dengan pendapatan, atau tidak fokus pada pengembangan dan investasi untuk masa depan. 

So, kamu sudah mulai berinvestasi apa, nih?

Baca juga: Daya Saing Indonesia di Mata Dunia Turun, Ini Penyebabnya

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !