Comscore Tracker

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!

Indonesia Berada di Atas Spanyol, Singapura dan Malaysia

Sebuah survei untuk menentukan peringkat negara terbaik berinvestasi di tahun 2018 telah dilakukan oleh US News. Survei tersebut dilakukan kepada 21.000 orang di seluruh dunia dari 80 negara. US News pun memberikan 65 indikator penilaian dengan fokus utama pada 8 aspek, yaitu kewirausahaan, stabilitas ekonomi, regulasi perpajakan, inovasi, tenaga kerja terampil, penguasaan teknologi, dinamika sosial politik, dan korupsi.

Melansir dari Business Insider, ada beberapa syarat dari Bank Dunia yang mesti dipenuhi oleh sebuah negara bila ingin menjadi negara yang layak sebagai tempat investasi. Namun, yang paling disorot oleh Bank Dunia adalah 4 faktor, di antaranya masyarakat, lingkungan, hubungan sosial, dan kerangka kerja.

Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan bagi US News sehingga dapat merilis hasil surveinya yang bertajuk 2018 Best Countries to Invest in yang mengidentifikasi negara-negara terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2018.

Dan kali ini Indonesia harus berbangga karena berada di peringkat 2, mengungguli Spanyol, Australia, Malaysia, hingga Singapura. Wow! Berikut ini daftar 10 negara terbaik untuk berinvestasi di tahun 2018.

10. Oman

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!tripoto.com

Di Timur Tengah bukan hanya ada Uni Emirate Arab yang tersohor dengan Dubai-nya, tapi ada juga negara yang laris dikunjungi turis asing, yaitu Oman. Oman dikenal sebagai negara yang mempunyai lebih dari seribu mil garis pantai. Pariwisata memang menjadi daya tarik di negeri ini untuk berinvestasi, selain minyak tentunya.

Populasi: 4,4 juta jiwa

Total PDB: USD66,3 miliar

Pertumbuhan ekonomi: -

19. India

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!hindustantimes.com

Daya tarik negeri Bollywood ini sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, seperti populasinya yang berusia muda, kelas menengah yang sedang berkembang, dan kinerja ekonomi yang kuat. Menurut Survei Prospek Investasi Dunia tahun 2014-2016 yang dirilis oleh UNCTAD, India berada di peringkat keempat di dunia sebagai pusat ekonomi paling prospektif untuk perusahaan transnasional.

Populasi: 1,3 miliar jiwa

Total PDB: USD2,3 triliun

Pertumbuhan ekonomi: 7,1%

8. Thailand

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!fineartamerica.com

Negara berjuluk Gajah Putih ini sudah dikenal dengan destinasi wisatanya yang memukau. Bangkok menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi turis. Dari sektor pariwisata, Thailand memang terlihat menjanjikan.

Populasi: 68,9 juta jiwa

Total PDB: USD406,8 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 3,2%

7. Spanyol

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!id.pinterest.com

Perekonomian Spanyol rupanya difokuskan pada tiga hal, yakni layanan (71%), industri (14%), dan konstruksi (10%), sisanya berasal dari pertanian dan energi. Dalam sektor-sektor ini, negara ini menampung banyak perusahaan multinasional besar. Jadi, tak salah memang kalau Spanyol menjadi negara tempat berinvestasi terbaik di tahun ini.

Populasi: 46,4 juta jiwa

Total PDB: USD1,2 triliun

Pertumbuhan ekonomi: 3,3%

6. Australia

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!propertyclub.com.au

Australia dikenal sebagai negara dengan iklim politik dan ekonomi yang cenderung stabil, kerangka kerja yang solid, dan memiliki sumber daya alam cukup banyak. Karena itu Australia dikabarkan menjadi negara yang paling diincar imigran untuk berinvestasi. Di negara Kangguru ini, investasi yang paling diminati ada pada properti.

Populasi: 24,1 juta jiwa

Total PDB: USD1,2 triliun

Pertumbuhan ekonomi: 2,8%

5. Singapura

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!startupdaily.net

Jangan ditanya, meski mengandalkan sektor pariwisata sebagai penopang utama perekonomian, tapi negara tetangga kita ini memang punya ekonomi yang kuat. Tidak heran kalau Singapura masuk sebagai negara terbaik untuk berinvestasi.

Populasi: 5,6 juta jiwa

Total PDB: USD297 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 2%

4. Malaysia

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!teachingwanderlust.com

Sama seperti Indonesia, Malaysia menjadi negara berkembang yang perekonomiannya sedang tumbuh pesat. Malaysia ini pun punya potensi untuk berinvestasi di industri yang tidak jauh beda dengan Indonesia, seperti minyak kelapa sawit, karet, minyak, dan gas. Selain itu, Malaysia juga masuk di peringkat 10 sebagai negara dengan kualitas infrastruktur transportasi terbaik. Jadi, dengan ini ada beberapa pilihan sektor yang bisa dipilih untuk berinvestasi.

Populasi: 31,2 juta jiwa

Total PDB: USD296,4 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 4,2%

3. Polandia

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!nationalpedia.com

Dengan bercokolnya Polandia di peringkat ini, itu menandakan bahwa negara ini menjadi yang terbaik untuk berinvestasi di Eropa. Sektor investasi yang sekarang difokuskan oleh Polandia ada pada mesin manufaktur dan peralatan transportasi yang terutama diekspor ke Jerman.

Populasi: 37,9 juta jiwa

Total PDB: USD469,5 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 2,9%

2. Indonesia

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!skyscrapercity.com

Yup, Indonesia berhasil nangkring di peringkat dua sebagai negara terbaik untuk berinvestasi di tahun 2018. Kok bisa? Jelas saja karena Indonesia sekarang sedang gencar melakukan pembangunan di bidang infrastruktur, mulai dari jalan, bandara, hingga pelabuhan. Tentu saja semua itu menjadi sektor ideal bagi para investor.

Belum lagi sektor pariwisata Indonesia yang juga sedang naik daun, ditambah sektor kelapa sawit, batu bara, gas, dan minyak yang masih oke.

Populasi: 261,1 juta jiwa

Total PDB: USD932,3 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 5%

1. Filipina

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Berinvestasi 2018, Lho!themasculinetraveler.com

Mungkin tidak ada yang menyangka kalau Filipina berada di peringat pertama dalam daftar US News sebagai negara terbaik berinvestasi di tahun 2018.  Apa yang membuat Filipina menjadi yang terbaik?

Daya tarik Filipina sebagai lokasi investasi dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti aturan yang mengizinkan sebuah perusahaan dimiliki 100% sahamnya oleh orang asing, lokasi strategis sebagai titik masuk utama ke lebih dari 500 juta orang di pasar ASEAN, hingga pembangunan infrastruktur yang sedang digenjot.

Populasi: 103,3 juta jiwa

Total PDB: USD304,9 miliar

Pertumbuhan ekonomi: 6,9%

 

Nah, bagaimana pendapat kamu tentang hasil survei ini? Rasanya kalau melihat posisi Indonesia yang berada di peringkat dua, kita perlu menyadari kalau di negara kita ini banyak peluang yang bisa dimaksimalkan. Di negara kita ini peluang menjadi pengusaha start up pun terbuka lebar. Lihat deh perusahaan seperti GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak, yang mendapat kucuran dana dari investor luar neger dalam jumlah besar. Keren, kan?

Seperti kata God Bless, Lebih baik di sini... rumah kita sendiri~

Line Ads

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You

I Want More !