Comscore Tracker

Ajak Masyarakat Berwakaf, BWI Luncurkan Wakaf Super Apps

Bisa wakaf mulai dari Rp20 ribu

Jakarta, IDN Times - Badan Wakaf Indonesia (BWI) telah meluncurkan Wakaf Super Apps pada Sabtu (10/4/2021). Lembaga independen yang mendapat mandat untuk memajukan perwakafan di Indonesia itu menyatakan, aplikasi tersebut dikembangkan dan dirilis dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam berwakaf.

Pengembangan Wakaf Super Apps ini juga merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengembangkan ekosistem digital wakaf, yang memudahkan seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) perwakafan dalam menunaikan ibadah wakaf, termasuk mengakses data dan informasi perkembangan wakaf terkini.

Baca Juga: Jokowi: Potensi Aset Wakaf Mencapai Rp 2 Ribu Triliun per Tahun

1. Upaya meningkatkan tata kelola perwakafan

Ajak Masyarakat Berwakaf, BWI Luncurkan Wakaf Super AppsKetua BWI Prof Mohammad Nuh (sc: screenshot Zoom)

Ketua BWI Mohammad Nuh mengatakan bahwa pengembangan wakaf super apps merupakan langkah strategis BWI dalam meningkatkan tata kelola perwakafan.

Dia menjelaskan transformasi digital telah menjadi program strategis BWI saat ini, dan peluncuran Wakaf Super Apps merupakan realisasi dari program tersebut.

“Melalui Wakaf Super Apps, kita juga ingin meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan wakaf, sehingga kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi kepada BWI dan seluruh nazhir yang ada,” kata Nuh.

2. Terdiri dari tiga platform

Ajak Masyarakat Berwakaf, BWI Luncurkan Wakaf Super AppsIDN Times/Aji

Nuh menjelaskan, aplikasi Wakaf Super Apps yang baru diluncurkan ini terbagi tiga platform, dan terkoneksi dengan situs resmi BWI (bwi.go.id). Di mana, yang pertama adalah layanan e-services, yang ditujukan untuk para nazhir di seluruh Indonesia.

Selanjutnya yang kedua adalah platform berkahwakaf.id. Ini didesain untuk memudahkan para wakif dalam menunaikan wakafnya.

“Ketiga, platform sahabatbwi.com, yang dirancang sebagai platform media sosial yang bisa diakses dan digunakan oleh masyarakat secara luas, untuk mempelajari dan memahami konsep dan praktik wakaf, sekaligus membangun jaringan pertemanan,” kata Nuh.

Baca Juga: Global Wakaf-ACT Bangun Ribuan Sumur Wakaf di Berbagai Daerah

3. Berharap dapat tingkatkan animo dan semangat berwakaf uang masyarakat

Ajak Masyarakat Berwakaf, BWI Luncurkan Wakaf Super AppsIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Nuh mengatakan dengan adanya berkahwakaf.id, diharapkan animo dan semangat berwakaf uang masyarakat akan semakin meningkat, karena platform ini memudahkan masyarakat berwakaf uang. Apalagi aplikasi ini memungkinkan publik dengan mudah berwakaf uang dengan nominal minimal Rp20 ribu, dan bisa melihat secara jelas dan transparan program apa yang dapat mereka pilih.

Mantan Menteri Pendidikan Nasional itu juga menyatakan kemudahan yang ditawarkan platform berkahwakaf.id ini diharapkan dapat mengakselerasi upaya mengoptimalkan potensi wakaf uang yang sangat besar ini, untuk kemudian dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Platform berkahwakaf.id ini memiliki beragam fitur, antara lain menu wakaf yang diinginkan beserta besarannya, menu program yang akan dipilih, data penerimaan total wakaf uang beserta jumlah wakif yang telah membayar wakaf uang, serta koneksi dengan platform sahabatbwi.com.

Masyarakat juga dapat ikut mengkampanyekan platform ini melalui menu ajakan untuk menjadi fundraiser dan menyebarkan keberadaan platform ini kepada sahabat, rekan, keluarga dan warga masyarakat lainnya.

“Pendeknya, kita ingin platform ini menjadi sarana penyebaran kebaikan bagi semua pihak,” ujar Nuh.

Baca Juga: Sri Mulyani Bicara soal Riba Wakaf Zakat, Apa Katanya?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya