Comscore Tracker

BOE: Investor Cryptocurrency Harus Siap Kehilangan Semua Uangnya

Cryptocurrency dipandang tak punya nilai intrinsik

Jakarta, IDN Times – Gubernur Bank of England (BOE) Andrew Bailey mengatakan mata uang digital atau cryptocurrency tidak memiliki nilai intrinsik. Ia bahkan menyebut bahwa orang-orang yang berinvestasi di cryptocurrency harus bersiap untuk kehilangan semua uang mereka.

Hal tersebut disampaikan Bailey di saat nilai sejumlah cryptocurrency mengalami kenaikan pesat dalam waktu singkat.

“Mereka tidak memiliki nilai intrinsik. Bukan berarti orang tidak menghargai mereka, karena mereka bisa memiliki nilai ekstrinsik. Tapi mereka tidak memiliki nilai intrinsik,” katanya ketika ditanya tentang kenaikan nilai cryptocurrency pada konferensi pers hari Kamis (6/5/2021).

“Saya akan mengatakan ini dengan sangat blak-blakan lagi,” tambahnya, mengutip CNBC. “Beli hanya jika Anda siap kehilangan semua uang Anda.”

Baca Juga: Mengenal Dogecoin, Cryptocurrency Populer selain Bitcoin

1. Harga sejumlah cryptocurrency melonjak tajam

BOE: Investor Cryptocurrency Harus Siap Kehilangan Semua UangnyaCryptocurrency Dogecoin (sc: Twitter Elon Musk)

Harga sejumlah mata uang digital seperti Bitcoin, Ether, dan bahkan Dogecoin telah tumbuh sangat pesat tahun ini. Meski kenaikan harga yang cepat ini disambut baik pendukung cryptocurrency, sejumlah investor memperingatkan mengenai bahaya crypto bubble atau (gelembung crypto) yang pernah terjadi.

Sebagaimana diketahui, pada 2017 lalu harga Bitcoin pernah meledak menuju 20 ribu dolar Amerika serikat (AS), namun setahun kemudian nilainya jatuh mencapai 3.122 dolar AS per koin.

2. Risiko investasi cryptocurrency tinggi

BOE: Investor Cryptocurrency Harus Siap Kehilangan Semua UangnyaIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris juga telah memperingatkan soal risiko tinggi dalam berinvestasi di cryptocurrency.

“Berinvestasi dalam aset kripto, atau investasi dan pinjaman yang terkait dengannya, umumnya melibatkan pengambilan risiko yang sangat tinggi dengan uang investor,” kata pengawas layanan keuangan pada Januari.

“Jika konsumen berinvestasi pada jenis produk ini, mereka harus siap kehilangan semua uang mereka.”

Baca Juga: Bos Bursa Cryptocurrency Turki Bawa Kabur Rp28 Triliun Dana Investor

3. Rencana menerbitkan mata uang digital sendiri

BOE: Investor Cryptocurrency Harus Siap Kehilangan Semua UangnyaIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Di tengah euforia cryptocurrency yang sedang terjadi, sebelumnya BOE telah dikabarkan sedang mempertimbangkan apakah akan menerbitkan mata uang digital mereka sendiri.

Bank sentral Inggris itu pada bulan lalu meluncurkan gugus tugas bersama dengan Departemen Keuangan yang bertujuan untuk mengeksplorasi mata uang digital bank sentral, atau CBDC. Mata uang itu disebutnya akan digunakan beriringan dengan uang tunai dan deposito bank, bukan untuk menggantikannya.

Baca Juga: [OPINI] Cryptocurrency, Keuangan Digital dan Tantangannya

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya