Comscore Tracker

Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini

Kuota mencapai 600 ribu peserta

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka siang hari ini, Kamis (4/3/2021).

Dalam pernyataan pada Rabu, 3 Maret 2021, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pendaftaran dibuka mulai pukul 12.00 WIB.

“Gelombang 13 akan dibuka besok, 4 Maret, jam 12.00 WIB dengan kuota 600 ribu,” katanya, Rabu.

Baca Juga: Tips Daftar Kartu Prakerja Tanpa Hambatan

1. Peserta yang lolos dapat dana pelatihan Rp1 juta

Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari IniDaftar Kartu Prakerja (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dalam pernyataan terpisah, Louisa mengatakan, para peserta yang lolos akan menerima dana bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Dana itu akan muncul di dashboard peserta.

“Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta akan muncul di dashboard mereka,” katanya.

Namun, lanjut Louisa, dana yang diterima setelah peserta dinyatakan lolos seleksi itu, tidak akan bisa langsung digunakan. Dana bantuan pelatihan tersebut baru akan bisa digunakan setelah mereka memenuhi persyaratan baru yang ada.

2. Persyaratan baru

Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari IniIlustrasi kartu Prakerja (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Louisa menjelaskan, persyaratan baru yang harus dipenuhi agar mereka bisa menggunakan dana bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, yaitu harus menonton tiga video induksi yang masing-masing berdurasi 2-3 menit.

“Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton tiga video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit. Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening,” kata dia.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

3. Peserta Kartu Prakerja bakal mendapat insentif Rp3,55 juta

Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Iniilustrasi uang rupiah

Bagi kamu yang lolos Kartu Prakerja akan mendapatkan biaya untuk pelatihan skilling (kemampuan), upskilling (peningkatan kemampuan), dan reskilling (penggantian kemampuan). Para peserta masing-masing akan mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp3,55 juta.

Rinciannya, bantuan pembiayaan pelatihan mencapai Rp1 juta per orang yang akan dibayarkan langsung kepada lembaga pelatihan, lalu insentif langsung Rp600 ribu per bulan yang berlangsung selama empat bulan. Insentif tersebut ditujukan sebagai uang saku bagi para peserta. Serta insentif setelah menyelesaikan survei kerja senilai Rp150 ribu.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya