Comscore Tracker

Buzzfeed Akuisisi Huffpost dari Verizon Media

Buzzfeed membeli saham Huffpost dari Verizon Media

Jakarta, IDN Times – Situs berita Amerika, HuffPost (The Huffington Post) mempunyai pemilik baru setelah media populer Amerika Serikat (AS), BuzzFeed mengakuisisinya dari Verizon Media.

Berita akuisisi itu pertama kali dilaporkan The Wall Street Journal pekan lalu. Media itu mengatakan pembelian tersebut sebagai kesepakatan saham. Verizon Media juga melakukan investasi di BuzzFeed dan menjadi pemegang saham minoritas di perusahaan media digital itu.

Baca Juga: 7 Info Lowongan Kerja Terbaru di Media Online, Video Editor Dicari!

1. Tentang HuffPost

Buzzfeed Akuisisi Huffpost dari Verizon MediaBuzzfeed (Website/buzzfeed.com)

HuffPost merupakan situs berita yang didirikan Jonah Perett, CEO BuzzFeed saat ini, bersama Arianna Huffington dan beberapa orang lainnya pada 2005. Pada 2015, Verizon mengakuisisi HuffPost.

Menanggapi pembelian ini, Peretti mengatakan hal itu dilakukan karena mereka yakin dengan masa depan HuffPost.

“Saya memiliki ingatan yang jelas tentang menumbuhkan HuffPost menjadi outlet berita besar di tahun-tahun awalnya. Tetapi BuzzFeed melakukan akuisisi ini karena kami percaya pada masa depan HuffPost dan potensinya untuk terus mendefinisikan lanskap media selama bertahun-tahun yang akan datang,” Kata Peretti dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari TechCrunch.

“Dengan tambahan HuffPost, jaringan media kami akan memiliki lebih banyak pengguna, menghabiskan lebih banyak waktu dengan konten kami secara signifikan daripada rekan-rekan kami.”

2. Apa saja yang masuk dalam kesepakatan pembelian?

Buzzfeed Akuisisi Huffpost dari Verizon MediaVerizon Media (Website/verizonmedia.com)

Menurut laporan, selain kesepakatan saham, kesepakatan itu juga mencakup kesepakatan untuk menyindikasi konten antara kedua perusahaan. Mereka juga akan berkolaborasi dalam periklanan dan membuat grup inovasi bersama untuk mengeksplorasi peluang monetisasi lainnya.

Jonah Peretti sendiri akan menjadi orang yang bertanggung jawab atas raksasa media tersebut. Perusahaan juga mengumumkan sedang mencari editor-in-chief baru di HuffPost. Posisi itu telah kosong sejak Lydia Polgreen mengundurkan diri pada Maret.

Baca Juga: 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Otak Berdasarkan Sains

3. HuffPost India dan HuffPost Brasil ditutup

Buzzfeed Akuisisi Huffpost dari Verizon MediaHuffpost (Youtube.com/HuffPost)

Sepekan setelah kabar akuisisi diumumkan, pada Selasa kemarin (24/11/2020), perusahaan mengumumkan bahwa HuffPost India dan HuffPost Brasil tidak akan melakukan transisi. Kedua situs tersebut ditutup pada Selasa.

“Hari ini adalah hari terakhir @huffpostIndia,” tulis Aman Sethi, pemimpin redaksi tim tersebut, di Twitter. “Pound demi pound, cerita demi cerita, reporter demi reporter, ini adalah ruang redaksi terbesar yang pernah saya tangani; (dan saya masih tidak percaya bahwa saya memiliki hak istimewa untuk memimpin) [.] Terima kasih semuanya telah membaca cerita kami dan mendukung jurnalisme kami.”

Kabar penutupan ini juga telah dikonfirmasi oleh Verizon Media.

“Kami mengonfirmasi bahwa HuffPost telah menutup edisinya di India dan Brasil dengan segera,” kata Verizon Media dalam sebuah pernyataan. “Kami ingin berterima kasih kepada tim HuffPost India dan HuffPost Brasil atas kerja keras dan kontribusinya bagi organisasi.”

Baca Juga: COO IDN Media, William Utomo: Kelanjutan Bisnis Digital Pasca Pandemik

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya