Comscore Tracker

Coinbase Akan Sediakan Pembayaran Mastercard di Pasar NFT

NFT sedang banyak diminati saat ini

Jakarta, IDN Times – Bursa cryptocurrency Coinbase bermitra dengan Mastercard untuk memungkinkan pembayaran menggunakan kartu di pasar non-fungible token (NFT) yang akan datang.

Itu berarti orang-orang akan dapat langsung membeli NFT dengan mata uang fiat atau mata uang yang dikeluarkan pemerintah, seperti dolar Amerika Serikat (AS), dengan kartu kredit atau debit Mastercard.

Terobosan ini merupakan hal besar karena umumnya pasar NFT mengharuskan orang untuk membeli mata uang kripto (cryptocurrency) terlebih dahulu jika ingin melakukan transaksi terkait NFT di platformnya.

Baca Juga: Foto Koruptor Dijual Jadi NFT di OpenSea, Ini Kata KPK

1. NFT jadi barang digital

Coinbase Akan Sediakan Pembayaran Mastercard di Pasar NFTilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Dikutip dari The Verge, Rabu (19/1/2022), Coinbase mengatakan sedang bekerja dengan Mastercard untuk mengklasifikasikan NFT sebagai barang digital yang pada gilirannya akan membuat NFT lebih mudah diakses oleh seseorang yang mungkin tidak nyaman membeli dan menyimpan cryptocurrency.

Seseorang yang ingin membeli NFT di pasar NFT saat ini biasanya harus membeli cryptocurrency terlebih dahulu, menambahkannya ke dompet kripto, dan kemudian menghubungkan dompet itu ke pasar. Ini tentunya merupakan sebuah proses yang tidak sesederhana pembelian online biasa.

2. Upaya mempercepat evolusi perdagangan digital

Coinbase Akan Sediakan Pembayaran Mastercard di Pasar NFTilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Raj Dhamodharan, wakil presiden eksekutif aset digital dan produk blockchain Mastercard, mengatakan bahwa dengan memperluas peminat NFT akan memungkinkan pasar yang sedang berkembang ini untuk mendukung lebih banyak pembuat konten dan dapat memicu evolusi perdagangan digital berikutnya.

“Melibatkan lebih banyak orang dengan aman dan terjamin mungkin merupakan cara terbaik untuk membantu pasar NFT berkembang,” katanya dalam sebuah pengumuman di situs Mastercard.

Dhamodharan juga mengatakan bahwa Mastercard akan menggunakan akuisisi CipherTrace, sebuah perusahaan intelijen cryptocurrency, untuk membantu meningkatkan keamanan pembelian NFT.

Baca Juga: Brian Armstrong, CEO yang Makin Kaya setelah Coinbase Go Public

3. Sistem pembayaran dalam transaksi NFT

Coinbase Akan Sediakan Pembayaran Mastercard di Pasar NFTilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Coinbase pertama kali mengumumkan pasar NFT-nya, yang disebut Coinbase NFT, pada Oktober 2021. Bursa tersebut menggambarkan pasar NFT-nya sebagai platform yang memungkinkan orang-orang berdagang, menjual, dan mencetak NFT.

Saat ini, Coinbase NFT masih belum dibuka, tetapi peminatnya sudah bisa mendaftarkan diri di daftar tunggu untuk mendapatkan akses awal.

Sebelum Coinbase, pasar NFT populer lainnya telah menjajaki kemungkinan menambahkan pembayaran kartu kredit dan debit. Nifty Gateway bahkan telah menawarkan pembayaran tersebut sejak hari pertamanya. Rarible juga menawarkan opsi untuk membeli NFT secara langsung dengan Visa atau Mastercard.

Namun, di OpenSea, orang-orang masih harus menambahkan dana menggunakan layanan pihak ketiga, yang disebut MoonPay, dan kemudian mengonversi mata uang fiat ke Ethereum sebelum dapat melakukan pembelian. Binance juga beroperasi dengan cara yang sama dengan OpenSea, di mana pengguna diharuskan memiliki dompet cryptocurrency sebelum membeli NFT.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya