Comscore Tracker

Data Bocor Ungkap Sederet Orang Kaya Dunia Ini Mangkir Pajak 

Warren Buffett yang paling banyak menghindari pajak

Jakarta, IDN Times – Sejumlah miliarder termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos, salah satu pendiri Tesla Elon Musk, dan konglomerat media Michael Bloomberg, telah menghindari membayar pajak pendapatan federal dalam beberapa tahun.

Pernyataan itu merupakan laporan dari ProPublica, yang mengutip data lembaga pajak Amerika Serikat (AS) Dinas Pendapatan Internal (Internal Revenue Service/IRS).

Menurut ProPublica, Warren Buffett, kepala eksekutif dan ketua Berkshire Hathaway telah menghindari pajak paling banyak. Ia hanya membayar tarif pajak 0,1 persen atas kekayaan senilai 24,3 miliar dolar AS yang dia kumpulkan antara 2014 sampai 2018.

Baca Juga: Gampang Lho! Ini Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

1. Respons para miliarder

Data Bocor Ungkap Sederet Orang Kaya Dunia Ini Mangkir Pajak Warren Buffett (Norm Betts/Bloomberg News)

ProPublica tidak mengungkapkan bagaimana mereka memperoleh data tersebut. Namun mengaku memiliki data pengembalian pajak dari ribuan orang terkaya di negara itu, yang mencakup data lebih dari 15 tahun, menurut Market Watch, Selasa (8/6/2021).

Sementara itu, merupakan hal ilegal bagi IRS untuk memberikan data pengembalian pribadi dari setiap individu.

Namun dalam laporannya, ProPublica mengatakan telah menjangkau semua individu yang disebutkan dalam laporan, dan dari mereka yang bersedia berkomentar, semuanya mengatakan bahwa mereka membayar pajak yang harus dibayar.

2. Cara para miliarder hindari pajak

Data Bocor Ungkap Sederet Orang Kaya Dunia Ini Mangkir Pajak CEO Tesla, Elon Musk (www.instagram.com/@elonmusk)

Dalam catatan pajak itu dijelaskan bagaimana para orang super kaya meminimalkan pajak. Di mana caranya termasuk kadang-kadang dengan mengambil pinjaman menggunakan kepemilikan saham mereka sebagai jaminan.

“Tak satu pun dari aktivitas itu ilegal,” kata ProPublica.

Menurut analisis catatan pajak ProPublica, dikutip CNet, 25 orang terkaya di AS mengumpulkan kekayaan 1,1 triliun dolar AS pada 2018. Total itu setara dengan kekayaan 14,3 juta penerima upah rata-rata AS. Namun, para penerima upah itu akan membayar pajak sekitar 143 miliar dolar AS, 75 kali lipat dari 1,9 miliar dolar AS yang dibayarkan oleh 25 orang Amerika terkaya pada 2018.

Baca Juga: Data Pajak Jeff Bezos sampai Elon Musk Bocor, AS Gelar Penyelidikan

3. Pajak di AS

Data Bocor Ungkap Sederet Orang Kaya Dunia Ini Mangkir Pajak Ilustrasi penerimaan pajak. IDN Times/Arief Rahmat

Di AS, pemerintah federal hanya mengenakan pajak penghasilan. Pajak penghasilan ini mencakup upah, dividen dari saham, bunga dari obligasi, dan hasil penjualan instrumen keuangan. Hasilnya, ketika seorang miliarder memegang saham yang nilainya meroket, kekayaan itu tidak akan dikenakan pajak dengan sendirinya.

Para orang kaya bisa menghindari pajak dengan cara mengambil nilai dari saham perusahaan tanpa menjualnya dengan menggunakannya sebagai jaminan pinjaman. Dana dari pinjaman tidak dikenakan pajak karena harus dibayar kembali.

Baca Juga: Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya