Comscore Tracker

Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada Oktober

Jack Ma sudah tidak terlihat sekitar dua bulan terakhir

Jakarta, IDN Times – Nama Pendiri Alibaba, Jack Ma, belakangan ramai diperbincangkan setelah dirinya dikabarkan menghilang dari publik selama dua bulan terakhir. Kabar itu makin menarik perhatian publik setelah pria kelahiran 10 September 1964 itu absen dari acara pencarian bakatnya, Africa’s Business Heroes.

Media Inggris Telegraph menyebut Ma seharusnya menjadi juri dalam acara pencarian bakat yang memberikan peluang bagi wirausahawan Afrika untuk bersaing memperebutkan dana sebesar 1,5 juta dolar Amerika itu. Foto Ma juga dihapus dari situs web acara itu, tambah media tersebut.

Di Twitter, Ma juga tidak lagi aktif. Ia terakhir membuat postingan pada Oktober lalu. Apa isinya?

Baca Juga: Profil Jack Ma, Orang Terkaya Pendiri Alibaba yang Kini Menghilang

1. Postingan terakhir Jack Ma

Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada OktoberPostingan terakhir Jack Ma

Hingga hari ini, Senin (4/12/2020), keberadaan Ma masih belum diketahui. Orang terkaya Tiongkok itu terakhir kali membuat postingan di Twitter pada 10 Oktober 2020. Sementara di halaman Weibo-nya, postingan terakhirnya dibuat pada pada 17 Oktober 2020.

Menurut Mothership, pada Agustus lalu Ma pernah men-tweet tentang “Africa’s Business Heroes”. Ia mengatakan bahwa dia tidak sabar untuk bertemu dengan finalis dari pertunjukan tersebut.

2. Hilang setelah berselisih dengan pemerintah

Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada OktoberANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Kabar hilangnya Ma muncul setelah perselisihannya dengan pemerintah Tiongkok belakangan ini. Ma pernah menyampaikan pidato kontroversial di Shanghai pada 24 Oktober. Dalam pidato itu ia mengkritik sistem regulasi Tiongkok karena menghambat inovasi, dan menyamakan aturan perbankan global dengan “klub orang tua”.

“Sistem keuangan saat ini adalah warisan dari Era Industri,” kata Ma dalam pidatonya. “Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini.”

Lebih dari seminggu kemudian, penawaran umum perdana (IPO) Ant, yang memiliki valuasi senilai 37 miliar dolar AS, ditangguhkan di Shanghai Stock Exchange (SSE). Padahal, IPO perusahaan afiliasi Alibaba itu telah menerima lampu hijau dari pengawas sekuritas Tiongkok dan digadang-gadang jadi salah satu IPO terbesar di dunia.

3. Tanggapan Alibaba

Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada OktoberAlibaba (Website/forbes.com/Gilles Sabrie/Bloomberg)

Menanggapi kabar hilangnya Ma, seorang juru bicara Alibaba mengatakan Ma tidak dapat menjadi juri di acara tersebut karena memiliki jadwal di tempat lain, menurut Financial Times. 

Sebelumnya Jack Ma telah mengumumkan dirinya pensiun dari Alibaba mulai 10 September 2018, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-54. Ia resmi meninggalkan jabatannya setahun kemudian. Daniel Zhang yang saat itu menjabat kepala eksekutif Alibaba, menggantikan Ma sebagai ketua eksekutif.

Sebelum menjadi pebisnis, Jack Ma berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris. Ia mendirikan Alibaba pada tahun 1999.  Kantor pertamanya berupa apartemen di Hangzou dengan hanya 18 orang pekerja, tapi kini Alibaba telah menjelma menjadi perusahaan raksasa kelas dunia.

Baca Juga: Jack Ma Dikabarkan Menghilang, Janjikan 5 Kerja Sama dengan Indonesia

4. Orang terkaya Tiongkok

Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada OktoberJack Ma (ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin)

Ma yang telah mengundurkan diri sebagai executive chairman Alibaba pada September 2019 merupakan orang terkaya di Tiongkok. Menurut Forbes, Ma per hari ini memiliki kekayaan bersih real-time senilai 58,4 miliar dolar Amerika.

Investasi Ma di luar Alibaba termasuk saham di perusahaan media dan hiburan Tiongkok, Huayi Brothers. IPO Alibaba tahun 2014 di New York mencatat rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, mengumpulkan 25 miliar dolar AS.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya