Comscore Tracker

Elon Musk Mau Kurangi 10 Persen Pekerja Tesla, Ada Apa?

Musk juga mengkhawatirkan ekonomi

Jakarta, IDN Times – CEO Tesla Elon Musk berencana untuk mengurangi jumlah pekerja di perusahaan mobil listriknya.

Dalam sebuah email kepada semua karyawan Tesla pada Jumat (3/6/2022), Musk mengatakan perusahaan akan mengurangi 10 persen dari pekerja yang digaji tetap dan sebaliknya akan bergantung pada lebih banyak pekerja yang menerima gaji per jam.

“Tesla akan mengurangi jumlah pegawai yang digaji sebesar 10 persen karena kami telah kelebihan staf di banyak bidang,” tulis Musk dalam emailnya, dikutip dari CNBC, Sabtu.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia

1. Harga saham Tesla anjlok

Elon Musk Mau Kurangi 10 Persen Pekerja Tesla, Ada Apa?https://pixabay.com/users/Blomst

Saham Tesla turun 9 persen pada Jumat siang setelah Reuters melaporkan mengenai email sebelumnya yang dikirim Musk kepada para eksekutif tentang rencananya untuk mengurangi tenaga kerja perusahaan. Dalam email itu Musk juga mengungkapkan pandangannya yang sangat buruk tentang ekonomi.

Sebelumnya dalam pengarsipan keuangan akhir tahun, Tesla mengatakan mempekerjakan 99.290 orang di seluruh dunia pada akhir 2021.

2. Tanggapan Biden atas komentar Musk

Elon Musk Mau Kurangi 10 Persen Pekerja Tesla, Ada Apa?Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (twitter.com/President Biden)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah ditanyai tentang prospek ekonomi negatif Musk pada Jumat setelah berita pengurangan jumlah keryawan Tesla keluar.

Biden mengatakan meski Musk berbicara tentang ketakutan terkait ekonomi dan pengurangan pekerja, Ford malah meningkatkan investasinya dalam membangun kendaraan listrik baru, mempekerjakan 6.000 karyawan serikat pekerja baru di Midwest.

Biden juga memuji pabrikan otomotif Stellantis, karena melakukan investasi serupa dalam produksi kendaraan listrik di AS, dan memuji Intel karena menambah 20 ribu pekerja baru di manufaktur chip komputer.

“Jadi, Anda tahu, banyak keberuntungan dalam perjalanannya ke bulan,” canda Biden.

Baca Juga: Elon Musk Minta Karyawan Tesla Pilih WFO atau Resign

3. Email lengkap Elon Musk

Elon Musk Mau Kurangi 10 Persen Pekerja Tesla, Ada Apa?Elon Musk, CEO Tesla, SpaceX (Instagram.com/elonmuskk)

Berikut adalah email baru yang dikirim Musk ke semua karyawan Tesla, mengutip CNBC.

Kepada: Semuanya

Subjek: Pengurangan Jumlah Pekerja

Tanggal: Jumat, 3 Juni 2022

Tesla akan mengurangi jumlah pegawai yang digaji sebesar 10 persen karena kami telah kelebihan staf di banyak bidang. Catatan ini tidak berlaku untuk siapa pun yang benar-benar merancang mobil, paket baterai, atau memasang solar. Jumlah karyawan per jam akan meningkat.

Elon

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya