Comscore Tracker

Elon Musk Pernah Minta Dijadikan CEO Apple ke Tim Cook

Tapi Musk dan Cook sama-sama mengaku belum pernah berbicara

Jakarta, IDN Times – CEO Tesla Elon Musk disebut pernah menawarkan diri untuk dijadikan CEO bagi perusahaan paling berharga di Amerika Serikat (AS), Apple. Kejadian ini berlangsung lima tahun lalu ketika Tesla menghadapi sejumlah kendala bisnis yang mengganggu rencana peluncuran mobil listrik Model 3.

Pada saat itu Musk disebut melakukan panggilan telepon dengan Tim Cook, yang adalah CEO Apple, karena Cook berniat membeli Tesla. Musk kemudian mengatakan dirinya akan menerima tawaran itu dengan syarat ia dijadikan sebagai CEO Apple.

“Saya CEO-nya,” kata Musk saat itu.

Baca Juga: Elon Musk Ternyata Pernah Mau Jual Tesla ke Apple

1. Cerita tersebut dimuat dalam buku

Elon Musk Pernah Minta Dijadikan CEO Apple ke Tim CookCEO Apple Tim Cook (www.twitter.com/@tim_cook)

Menurut pemberitaan CNN pada Jumat (30/7/2021), cerita ini dimuat dalam buku yang akan segera dirilis karya reporter Wall Street Journal Tim Higgins, berjudul “Power Play: Tesla, Elon Musk and the Bet of the Century”.

Menurut ulasan Los Angeles Times, pada saat Musk menyampaikan permintaanya, Cook membutuhkan beberapa saat untuk menyadari bahwa Musk bermaksud mengambil pekerjaannya. Cook kemudian menanggapi Musk dengan sumpah serapah dan menutup telepon.

2. Kabar tersebut dibantah Elon Musk

Elon Musk Pernah Minta Dijadikan CEO Apple ke Tim Cookhttps://pixabay.com/users/Blomst

Meski cerita ini menarik banyak perhatian, Musk telah membantah pernah melakukan pembicaraan.

Pada Desember lalu, Musk menulis di Twitter bahwa dia telah mempertimbangkan untuk menjual Tesla ke Apple tetapi mengatakan dia tidak pernah benar-benar berbicara dengan Cook. Musk juga menceritakan bahwa ia pernah mencoba menghubungi Cook saat dihadapkan pada masalah ketika memproduksi Model 3 Tesla, tetap Cook tidak merespons.

“Dia menolak untuk menghadiri pertemuan,” kata Musk.

Baca Juga: CEO Apple Tim Cook Masuk dalam Jajaran Miliarder Dunia 

3. Pembelaan penulis

Elon Musk Pernah Minta Dijadikan CEO Apple ke Tim CookCEO Apple Tim Cook

Musk kembali membantah cerita yang dijelaskan dalam buku itu melalui tweet pada Jumat lalu, setelah ulasan buku itu dipublikasikan.

“Cook & saya tidak pernah berbicara atau menulis satu sama lain,” kata Musk. Ia juga menegaskan bahwa dia pernah meminta bertemu dengan Cook untuk membahas pembelian Tesla oleh Apple, tetapi itu tidak pernah terjadi.

Sementara itu Higgins, penulisnya, menanggapi tweet Musk pada Jumat itu dengan mengatakan bahwa pendiri Tesla itu diberi banyak kesempatan untuk mengomentari anekdot tersebut.

“Anekdot ini berasal dari akun percakapan Musk sendiri, menurut orang-orang yang mendengar menceritakan kembali pada saat itu,” cuit Higgins, yang akan merilis bukunya pada 3 Agustus.

Sebelumnya pada sebuah wawancara yang dilakukan dengan CNN Business pada April, Cook juga pernah membantah kabar ini.

“Anda tahu,” jawab Cook saat itu. “Saya tidak pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang dia bangun.”

Baca Juga: Elon Musk Sebut Tesla Bakal Terima Pembayaran Bitcoin Lagi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya