Comscore Tracker

Elon Musk Sumbang Amal Rp710 Miliar ke Misi Luar Angkasa Inspiration4

Aksi galang dana berhasil kumpulkan 200 juta dolar AS lebih

Jakarta, IDN Times – CEO SpaceX Elon Musk berjanji untuk menyumbangkan 50 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp710 miliar untuk aksi penggalangan dana misi penerbangan luar angkasa Inspiration4. Dana itu dikumpulkan oleh misi luar angkasa Inspiration4 untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Musk menyampaikan janji tersebut hanya beberapa jam setelah perusahaannya berhasil membawa kembali kru misi Inspiration4 dari orbit pada Sabtu (18/9/2021).

“Hitung saya untuk 50 juta dolar AS,” kata Musk dalam tweet pada Sabtu.

Baca Juga: SpaceX Sukses Kirim Warga Sipil ke Luar Angkasa

1. Aksi galang dana lampaui target

Elon Musk Sumbang Amal Rp710 Miliar ke Misi Luar Angkasa Inspiration4Elon Musk, CEO Tesla, SpaceX (Instagram.com/elonmuskk)

Misi luar angkasa Inspiration4, yang diluncurkan pada Rabu, memiliki tujuan utama untuk mengumpulkan 200 juta dolar AS untuk RS St. Jude.

Komandan Inspiration4 Jared Isaacman, seorang pengusaha miliarder yang membeli tiket penerbangan dari SpaceX, menyumbangkan 100 juta dolar AS secara pribadi kepada RS St. Jude. Sebelumnya misi Inspiration4 telah mengumpulkan donasi 60,2 juta dolar AS.

Dengan semua itu, total dana yang terkumpul dari penggalangan dana itu menjadi lebih dari 210 juta dolar AS.

2. Misi Inspiration4 bersejarah

Elon Musk Sumbang Amal Rp710 Miliar ke Misi Luar Angkasa Inspiration4Misi percobaan roket Falcon milik SpaceX (unsplash.com/SpaceX)

Misi luar angkasa Inspiration4 merupakan misi yang bersejarah karena penerbangan itu dilakukan oleh empat orang yang bukan astronot profesional. Isaacman bersama pilot bernama Sian Proctor, petugas medis Hayley Arceneaux, dan spesialis misi Chris Sembroski menghabiskan tiga hari di luar angkasa.

Menurut Channel News Asia, para kru itu mengorbit Bumi pada ketinggian setinggi 590 kilometer. Itu berarti lebih jauh di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional dan melampaui jarak terjauh yang pernah dicapai manusia.

Penerbangan itu juga bersejarah karena sejumlah hal, termasuk menjadi penerbangan luar angkasa SpaceX pribadi pertama, penerbangan kru non-profesional pertama yang menjadi astronot, penerbangan dengan pilot pesawat ruang angkasa perempuan kulit hitam pertama, penerbangan dengan astronot Amerika termuda hingga saat ini, dan penerbangan manusia pertama yang terbang di luar angkasa dengan prostesis.

Baca Juga: SpaceX Bakal Menerima Dogecoin sebagai Alat Pembayaran

3. Persiapan ketat sebelum peluncuran

Elon Musk Sumbang Amal Rp710 Miliar ke Misi Luar Angkasa Inspiration4twitter.com/@SpaceX

Sebelumnya Al Jazeera mengabarkan bahwa keempat penumpang tersebut lepas landas dengan roket SpaceX menuju orbit dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Kesuksesan ini menandai era baru dalam bisnis pariwisata luar angkasa.

Sebelum penerbangan, keempat kru itu telah menghabiskan waktu lima bulan untuk mempersiapkan diri dengan ketat, termasuk melakukan kebugaran ketinggian, centrifuge (G-force), pelatihan gravitasi mikro dan simulator, latihan darurat, pekerjaan kelas, dan ujian medis.

Baca Juga: Pengen Wisata ke Luar Angkasa? Segini Harga Tiketnya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya