Comscore Tracker

ETF Bitcoin Berjangka Pertama AS Akan Mulai Diperdagangkan

Harga Bitcoin melonjak akibat berita ini

Jakarta, IDN Times – Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin berjangka dari ProShares akan mulai diperdagangkan dalam seminggu ke depan. Langkah ini akan menandai momen penting dalam pengembangan industri kripto di Amerika Serikat (AS).

Namun, menurut CNBC, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) belum secara resmi menyetujui pembuatan ETF Bitcoin berjangka pada Jumat sore lalu, dan agensi tersebut mungkin tidak akan pernah membuat pernyataan resmi persetujuan untuk itu.

Tetapi pengumuman ProShares menunjukkan bahwa agensi tersebut tidak mungkin memblokir listing pada saat ini.

Baca Juga: 5 Negara yang Melegalkan Penggunaan Bitcoin

1. ETF akan diperdagangkan minggu depan

ETF Bitcoin Berjangka Pertama AS Akan Mulai DiperdagangkanTrading Floor di New York Stock Exchange (NYSE), Wall St. (twitter.com/NYSE)

NYSE Arca pada Jumat sore telah mensertifikasi persetujuannya untuk pencatatan, yang berarti bahwa bursa akan memungkinkan investor untuk memperdagangkan dana sebagaimana diizinkan di bawah undang-undang federal tanpa intervensi SEC.

Seseorang yang akrab dengan pengambilan keputusan SEC mengklarifikasi bahwa ETF akan diizinkan untuk memulai perdagangan minggu depan, kecuali ada keluhan di menit terakhir dari regulator.

2. Akan diperdagangkan di bawah ticker “BITO"

ETF Bitcoin Berjangka Pertama AS Akan Mulai DiperdagangkanTrading Floor di New York Stock Exchange (NYSE), Wall St. (twitter.com/NYSE)

ETF Strategi Bitcoin ProShares, yang akan memberikan eksposur ke kontrak berjangka Bitcoin tetapi bukan pasar spot, akan diperdagangkan di bawah ticker “BITO.”

Tanggal yang diusulkan untuk listing adalah Senin (18/10/2021), menurut pengajuan baru. Tetapi, itu tidak berarti ETF tersebut akan mulai diperdagangkan pada hari itu juga. Itu bisa baru diperdagangkan dalam seminggu ke depan.

Baca Juga: El Salvador Tambang Bitcoin Pakai Energi dari Gunung Berapi

3. Harga Bitcoin melonjak

ETF Bitcoin Berjangka Pertama AS Akan Mulai DiperdagangkanIlustrasi Bitcoin (ANTARA/Shutterstock)

Berita ini telah menghidupkan pasar kripto. Harga Bitcoin selama seminggu terakhir tercatat naik, melonjak lebih dari 10 persen selama seminggu terakhir dan diperdagangkan di atas 61 ribu dolar AS pada Jumat sore.

Beberapa perusahaan, termasuk Invesco dan Valkyrie, telah mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF serupa dan diperkirakan akan masuk ke pasar seperti ProShares dalam beberapa minggu ke depan.

Meski ini merupakan langkah besar, namun persetujuan ETF berjangka untuk Bitcoin ini hanya akan dilihat sebagai kemenangan parsial oleh beberapa komunitas kripto. Ini karena prospek dana serupa yang melacak harga pasar spot Bitcoin masih belum jelas.

Sebagai informasi, ETF merupakan aset yang diperdagangkan di pasar terbuka seperti saham dan terbuka untuk investor reguler. Beberapa perusahaan, seperti Grayscale, sudah memiliki produk yang menawarkan eksposur ke Bitcoin tetapi hanya tersedia untuk investor kaya yang memenuhi syarat atau di pasar bebas, di mana saham sering diperdagangkan dengan harga yang tidak sesuai dengan mata uang kripto yang mendasarinya.

Baca Juga: Mengenal Bot Crypto, Apa Benar Mempermudah Trading?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya